Home News 30 Tahun Lebih Aktifitas Ekspor Toyota, Membuat Merek Ini Dianugerahi Penghargaan

30 Tahun Lebih Aktifitas Ekspor Toyota, Membuat Merek Ini Dianugerahi Penghargaan

4 min read

Bicara tentang ekspor mobil, Toyota telah memiliki track record bisnis ekspor hingga mencapai 30 tahun lebih sejak tahun 1987 silam.

Drive and Hype – Produsen mobil Toyota di Tanah Air memiliki sejarah panjang terkait kegiatan ekspor kendaraan hasil produksi brand ini di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yaitu Fortuner, Innova, Vios, Yaris, Sienta, Rush, Avanza, Agya dan Townace/Liteace. Berawal sejak tahun 1987, aktifitas ekspor ini telah dilakukan mereka dengan tujuan area kawasan Asia.

Konsistensi brand Toyota dalam mempertahankan dan meningkatkan kinerja ekspor diapresiasi oleh sebuah penghargaan dari pemerintah Indonesia yaitu Primaniyarta. Tahun ini merupakan ke-10 kalinya bagi TMMIN menerima penghargaan ekspor untuk kategori “Eksportir Berkinerja”.

Penghargaan Primaniyarta ini diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono dalam acara pembukaan Trade Expo 2019 kemain (16/10).

Momentum terbaik kegiatan ekspor Toyota dimulai sejak berjalannya proyek Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) di tahun 2004. Posisi strategis sebagai salah satu basis produksi Kijang Innova dan Fortuner di kawasan Asia-Pasifik, memberikan peluang yang besar bagi Toyota Indonesia untuk memperluas penetrasi ke pasar global selain memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Selain mengekspor kendaraan utuh, sepanjang bulan Januari hingga September 2019, Toyota juga mengapalkan kendaraan terurai (Complete Knock Down/CKD) sebanyak 34,300 unit, mesin utuh tipe TR dan NR baik yang berbasis bahan bakar bensin maupun etanol sebanyak 93.100 unit serta komponen kendaraan sebanyak 73,8 juta buah. Sebanyak lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Pasifik, Timur Tengah, Amerika Tegah dan Selatan serta Afrika menjadi destinasi ekspor brand Toyota.

“Selama lebih dari 30 tahun, merek Toyota diuji untuk menghadapi berbagai macam kondisi global untuk tetap bisa menghadirkan senyuman bagi pelanggan serta turut andil dalam memberikan sumbangsih bagi perekonomian negeri ini. Naik turun kinerja ekspor telah kami alami sehingga menjadi pelajaran berharga dalam menyusun langkah-langkah strategis berikutnya,” imbuh Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur TMMIN.

Posisi sebagai salah satu basis produksi dan ekspor di kawasan Asia Pasifik memungkinkan Toyota Indonesia untuk berkontribusi dalam tiga hal. Pertama, pada upaya substitusi impor melalui produksi lokal untuk pasar dalam negeri dan penciptaan potensi pasar ekspor. Dengan demikian dapat memberikan peran positif dalam menjaga keseimbangan neraca perdagangan terutama untuk sektor industri otomotif.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *