Home Tips & Trick AC Mobil Tidak Terasa? Begini Tips Cara Membersihkannya!

AC Mobil Tidak Terasa? Begini Tips Cara Membersihkannya!

4 min read

Air Conditioner pada mobil menjadi elemen penting yang harus dijaga kebersihannya. Begini cara membersihkan AC Mobil yang benar.

DrivenHype – Jika AC pada mobil anda tidak berfungsi dengan baik, itu akan membuat anda merasa sangat terganggu. Pasalnya, Air Conditioner (AC) pada mobil menjadi elemen penting yang sudah menjadi kebutuhan bagi para pengendara mobil.

Masalah pada AC mobil biasanya akan mulai timbul saat pemakaian mobil sudah memasuki tahun kedua dari saat pertama kali digunakan. Masalah lainnya yang mungkin terjadi adalah ketika AC tidak dilengkapi dengan filter kabin. Efeknya, angin hembusan dari AC kurang kencang bahkan tidak terasa. Untuk menangani masalah tersebut, kuncinya ada pada cara merawat dan membersihkan AC mobil tersebut.

image source: free royalty image from pixabay.com

Berikut tips jitu untuk merawat dan membersihkan AC pada mobil:

  1. Rajin-rajinlah membersihkan kabin dari kotoran dan debu terutama ketika mobil habis dipakai untuk berkendara
  2. Pastikan Anda tidak mengendarai mobil dengan posisi jendela terbuka. Hal ini mengakibatkan debu atau kotoran dari luar masuk ke dalam mobil.
  3. Hindari kebiasaan merokok di dalam mobil terutama ketika AC sedang dinyalakan. Asap rokok yang masuk ke dalam AC akan membuat kandungan nikotinnya mengotori evaporator dan membuatnya berlendir sehingga AC mengeluarkan bau tidak sedap.
  4. Jangan langsung menyalakan AC ketika mobil dihidupkan adalah cara merawat AC mobil yang paling ringan dan jarang disadari. Pastikan AC dalam keadaan mati dan baru dihidupkan saat mesin mobil kinerjanya sudah cukup stabil.
  5. Ketika mencuci mobil, pastikan juga untuk membersihkan komponen kondensornya karena masalah pada AC sering terjadi karena kondensor yang rusak atau kotor. Hilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kondensor hingga benar-benar bersih karena kotoran yang tertinggal dan menempel dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan kebocoran dan korosi pada kondensor.
  6. Memilih lokasi yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung saat parkir mobil juga salah satu cara merawat AC mobil. Hal ini bertujuan agar kabin tidak cepat panas sehingga AC tidak bekerja terlalu berat ketika sedang dinyalakan.
  7. Pasanglah filter kabin yang memiliki fungsi sebagai penyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam mobil sehingga tidak terhisap AC dan mengotori evaporatornya.Filter kabin ini juga harus rutin dibersihkan agar kinerja AC tetap baik.
  8. Perhatikan juga rpm mobil ketika AC sedang dinyalakan. Rpm yang terlalu rendah atau tidak sesuai biasanya akan berpengaruh pada dingin atau tidaknya AC yang ada pada mobil.

 

Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *