Home News Akhirnya, Jokowi Teken Kebijakan Mobil Listrik

Akhirnya, Jokowi Teken Kebijakan Mobil Listrik

2 min read

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kebijakan mengenai mobil listrik di Indonesia telah disetujui oleh Presiden RI dalam Peraturan Presiden yang ditanda tangani pada Senin, 5 Agustus 2019 lalu.

Drive and Hype – Akhirnya, setelah menjadi isu hangat yang diperbincangkan oleh para penggiat otomotif tanah air, kebijakan mengenai mobil litsrik resmi diteken oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Senin (5/8/2019) lalu. Presiden mengatakan bahwa harapanya, dengan adanya kebijakan baru ini, Indonesia dapat membangun industri mobil listrik yang ramah lingkungan di masa depan.

Dilansir dari kompas.com, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia sebenarnya telah siap untuk menerbitkan mobil listrik karena Indonesia sudah memiliki sumber daya untuk membuat baterai yang diperlukan sebagai sumber tenaga mobil listrik. Presiden menegaskan bahwa yang perlu diperhatikan nantinya adalah strategi bisnis agar Indonesia dapat menciptakan industri mobil listrik dengan harga terjangkau dan kompetitif.

Sebagai informasi, wacana mengenai kebijakan ini sebenarnya sudah ada sejak lama sekitar 2 tahun yang lalu. Namun, dalam prosesnya mengalami banyak halangan dimana timbul berbagai pro dan kontra diantara jajaran menteri sebelum akhirnya diresmikan Senin (5/8) lalu. Salah satu poin yang menjadi perdebatan adalah mengenai komponen lokal yang dibutuhkan dalam memproduksi mobil listrik nasional. Setelah proses yang panjang tersebut, akhirnya Peraturan Presiden mengenai mobil listrik telah disetujui oleh Presiden dan diharapkan menjadi gerbang awal untuk Indonesia dalam menciptakan industri mobil listrik lokal yang kompetitif.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *