Home News All New Honda Brio, Mengejar Ikon Milenial Generasi Muda

All New Honda Brio, Mengejar Ikon Milenial Generasi Muda

5 min read

drivenhype.com mendapatkan kesempatan bertatap muka dengan Large Product Leader All New Honda Brio, di sela padatnya acara peluncuran All New Honda Brio.

Drive and Hype – Honda Brio pertama kali di Indonesia pada tahun 2012, dan langsung meraih volume penjualan yang sangat baik di Indonesia serta respon positif dari konsumen. Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah meraih total penjualan sebesar 237.272 unit di Indonesia. Penjualan Honda Brio di Indonesia bahkan mencapai 58% dari total penjualan Honda Brio di seluruh dunia, menjadikan Indonesia sebagai “leading country” untuk pengembangan model ini.

Tsutomu Harano, Large Project Leader All New Honda Brio

Nah, pada kesempatan kali ini drivenhype.com bisa langsung bertatap muka dengan Tsutomu Harano selaku LPL All New Honda Brio. drivenhype.com coba untuk membeberkan latar belakang dari perubahan desain pada All New Honda Brio yang melakukan debut dunianya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

“Target konsumen All New Brio adalah generasi milenial dan keluarga muda, ini hasil survey yang dilakukan di Indonesia oleh pihak Honda. Sehingga mendapatkan tujuan dari konsep All New Brio adalah untuk mewujudkan kendaraan terbaik, dan menghadirkan pengelaman berkendara yang menyenangkan dengan nuansa sporti serta fun-to-drive sesuai DNA Honda,” sebut Harano.

Bagasi lebih luas 90 mm, sehingga menyediakan kapasitas muat yang lebih besar

Perubahan desain pada All New Brio tersebut untuk mengakomodir masyarakat Indonesia, khususnya kapasitas daya angkut. “Perubahannya, kini lebih panjang 160 mm dari Brio generasi sebelumnya, juga wheelbase lebih panjang 60 mm. Kedua perubahan tadi membuat ruangan kabin Brio kini menjadi lebih lega,” imbuh Harano.

All New Honda Brio dikembangkan di bawah konsep utama “Proud Over Class”. Konsep ini merefleksikan keinginan tim R&D untuk merevolusi semua aspek dari Honda Brio dengan fitur yang dibutuhkan penggunanya, dan mengembangkannya sebagai mobil yang diposisikan satu level di atas kelasnya.

Interior yang tidak jauh berbeda dengan generasi pertama, tetapi diklaim lebih lebar

Yang menjadi fokus perhatian adalah bagian belakang kendaraan yang kini tidak lagi mengusung  kaca belakang besar. Desain tersebut kini sudah tergantikan model kaca seperti city car lainnya. Ada yang bilang bagian belakangnya menjadi mirip city car asal Jepang dan Korea, walaupun anggapan tersebut ditepis Tsutomu Harano.

“Tujuan perubahan desain ini semata demi kepentingan aerodinamis dan keamanan, belajar dari desain Brio generasi pertama. All New Brio juga merupakan hasil pengembangan untuk memaksimalkan handling juga kesenyapan kabin kendaraan,” ujar Harano.

Untuk bagian mesin tidak banyak berubah, menggunakan 1.2L dengan tenaga 90 ps. Namun klaim dari pihak Honda perihal komsumsi bahan bakarnya adalah sekitar 20,1 kpl. Untuk transmisinya menggunakan CVT dan manual 5 percepatan. “Hasil konsumsi bahan bakar 20,1 kpl didapat berkat desain kendaraan menghasilkan aerodinamika bagus. Ini berpengaruh karena memperkecil hambatan udara,” jelas Harano. Sayangnya, All New Honda Brio belum merilis harga barunya. Infonya, harga akan segera diumumkan pada Oktober 2018 mendatang.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *