Home Otomotif First Impression All New Toyota Corolla Cross: Membuka Peluang dari Segmen Cross SUV, Hadir dengan Varian Bensin dan Hybrid

All New Toyota Corolla Cross: Membuka Peluang dari Segmen Cross SUV, Hadir dengan Varian Bensin dan Hybrid

9 min read

Desain eksterior Corolla Cross menampilkan kesan elegan, dinamis, dan powerful sebagai  trademark Corolla. Postur tubuh Corolla Cross yang tinggi dan gagah, mencitrakan diri sebagai  Urban SUV berkelas dan menyimpan banyak potensi yang bisa dinikmati penumpangnya.

Drivenhype – Saat ini produk SUV makin populer di dunia, termasuk di Indonesia, di mana pada 2019 penjualan SUV Toyota di Indonesia naik signifikan hingga 64% jika dibandingkan tahun 2014. Di periode sama, market SUV Indonesia juga meningkat 65%. Ini berarti bahwa produk SUV makin diterima baik oleh masyarakat.

Karena itu, Toyota memperluas jangkauan pasar dengan memperkenalkan produk SUV baru yang dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup dan simbol status sosial yang lebih tinggi bagi pemiliknya.

All New Corolla Cross hadir dengan sosok SUV High Compact yang menawarkan beragam keunggulan sebagai SUV perkotaan berteknologi canggih serta desain elegan, yang menampilkan keunggulan SUV modern yang fun, nyaman, dan fungsional guna menunjang ragam aktivitas penggunanya, termasuk teknologi ramah lingkungan berkat varian Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Desain eksterior Corolla Cross menampilkan kesan elegan, dinamis, dan powerful sebagai  trademark Corolla. Postur tubuh Corolla Cross yang tinggi dan gagah, mencitrakan diri sebagai  Urban SUV berkelas dan menyimpan banyak potensi yang bisa dinikmati penumpangnya. Desain bodi yang kuat, kokoh, dan aerodinamis merupakan pernyataan atas status sosial pemiliknya yang mapan dan memiliki taste yang tinggi atas tren lifestyle yang bergerak dinamis.

All New Corolla Cross hadir dalam 2 varian yang semuanya memiliki transmisi CVT yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV). Kehadiran Corolla Cross HEV tidak hanya menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia, sekaligus juga menawarkan pilihan yang semakin luas kepada pelanggan.

“Adanya Covid-19 menjadikan masyarakat lebih peduli atas pentingnya kesehatan. Salah satunya, mempengaruhi pemilihan kendaraan penunjang mobilitas dan merujuk kendaraan ramah lingkungan untuk berkontribusi menghadirkan lingkungan sehat di masa depan berkat emisi gas buang rendah dan irit bahan bakar. Semuanya bisa dipenuhi kendaraan elektrifikasi, di mana Toyota menyediakan opsi mesin HEV pada All New Corolla Cross,” kata Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

All New Corolla Cross berbahan bakar bensin menggunakan engine 1.8L 2ZR-FE yang mengeluarkan daya maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi maksimum 172 Nm/4.000 rpm, yang tentunya menawarkan sensasi berkendara melebihi ekspektasi.

Sedangkan All New Corolla Cross Hybrid bermesin HEV dengan kode 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i menghasilkan power maksimum 98 PS dan torsi 142 Nm. Serta motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum 72 PS dan torsi maksimum 162 Nm.

Power unit Corolla Cross Hybrid ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline. Dengan berbagai benefit yang dihadirkan oleh varian HEV ini seperti salah satunya penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

Sebagai SUV perkotaan, Corolla Cross berkapasitas 5-penumpang memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mmdan tinggi 1.620 mm. Komposisi ini membuat Corolla Cross memberi ruang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman.

Wheelbase sejauh 2.640 mm tidak hanya membuat area kabin semakin lapang, tapi juga memastikan mobil terasa nyaman di jalan. Mendukung perannya sebagai SUV serbaguna, dimensi yang dimiliki Corolla Cross menghasilkan volume bagasi yang luas dengan ketinggian lantai yang pas untuk mempermudah peletakan barang.

Corolla Cross memberi head clearance sejauh 105 mm di depan dan 87 mm di belakang yang memberi ruang nyaman bagi penumpang di area depan dan belakang. Selain itu, pintu belakang lega sehingga memudahkan akses keluar dan masuk penumpang serta jendela lebar yang memberi keleluasaan melihat pemandangan keluar. Dengan begitu, perjalanan terasa lebih nyaman, menyenangkan, dan bebas stres.

All New Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi desain khusus untuk memberi peredaman empuk dan nyaman, sehingga terasa pas mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk ground clearance setinggi 165 mm.

Visibilitas tinggi membuat pengemudi All New Corolla Cross mempunyai kemudahan dan keyakinan tinggi memantau kondisi sekitar mobil. Dengan radius putar 5,2 meter, memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.

Sebagai SUV perkotaan, Toyota ingin memastikan penghuni kabin All New Corolla Cross dimanjakan beragam fitur kenyamanan terkini. Interior elegan bernuansa hitam dipadu kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan layar MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice commandmoonroof, serta rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Sementara penumpang di baris kedua terjaga kenyamanannya berkat kehadiran kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Safety menjadi salah satu concern utama Toyota saat ini, sehingga All New Corolla Cross dilengkapi paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang memberikan rasa tenang penumpang. Fitur safety mencakup rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbagsHill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta immobilizer dan alarm.

Pengemudi All New Corolla Cross HEV juga mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

Corolla Cross yang hadir dengan varian HEV dan Gasoline, ditawarkan dengan kisaran harga Rp 457 juta hingga Rp 498 juta per unit. Kehadiran Corolla Cross HEV ini juga merupakan wujud komitmen Toyota Indonesia mendukung program elektrifikasi Pemerintah.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *