Home News AMMDES ‘Sanitary Solutions’ Raih Posisi Pertama Kompetisi Desain Digital AMMDES Digimodz 2 di IMX 2020

AMMDES ‘Sanitary Solutions’ Raih Posisi Pertama Kompetisi Desain Digital AMMDES Digimodz 2 di IMX 2020

6 min read

Desain modifikasi digital AMMDES bertajuk ‘Sanitary Solutions’ ini sukses meraih posisi utama babak final AMMDES Digimodz #2 yang berlangsung bersamaan IMX 2020.

Drivenhype – Lewat persaingan ketat dengan empat finalis lainnya, akhirnya desain modifikasi digital karya @ivancsxstudio berhasil meraih posisi pemenang utama AMMDES Digimodz 2. Kompetisi desain modifikasi digital AMMDES ini merupakan bagian dari rangkaian kemeriahan acara Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 secara virtual yang berlangsung pada 10 Oktober 2020 lalu.

Desain karya @ivancsxstudio yang masuk 5 besar babak final ini berhasil menyisihkan 4 pesaingnya di penjurian terakhir. Kelima karya desain yang berhasil masuk final yakni karya atas nama akun Instagram @snnhst, @autovanoz, @djolikaproduction, @ivancsxstudio, dan @fairuzsinatriya23.

Karya pemenang utama AMMDES Digimodz #2 yang bertema Sanitary Solutions

Akun @snnhst menampilkan karya desain AMMDES berupa ‘Medical Waste Treatment Unit’. Lalu akun @autovanos menampilkan karya desain unit AMMDES yang dirancang menjadi kendaraan taktis Polisi. Sedangkan akun @djolikaproduction menampilkan karya AMMDES berupa ‘Beling’ atau bengkel keliling yang melayani servis dan perbaikan unit AMMDES atau kendaraan bermotor roda dua milik petani. Sementara dua akun lainnya yakni akun @ivancsxstudio menghadirkan karya desain unit AMMDES bertajuk ‘Sanitary Solutions’ yang merupakan unit AMMDES berfungsi sebagai alat penyaring (filter) air bersih. Akun @fairuzsinatriya23 juga menghadirkan desain cukup unik, kendaraan tempur (ranpur) yang bisa dimanfaatkan TNI untuk mengawal atau patroli rutin di wilayah pelosok perbatasan antar negara.

Atas keberhasilannya tersebut, akun IG @ivancsxstudio dengan nama asli  Irvan Adi Pratama, berhak atas hadiah uang tunai Rp 12.000.000 dengan perincian Rp 10 juta hadiah pemenang utama dan Rp 2 juta hadiah sebagai finalis 5 besar. Sedangkan 4 finalis lainnya masing-masing berhak atas hadiah uang tunai Rp 2.000.000.

Sementara untuk pemenang kategori media sosial terfavorit yang dihitung berdasarkan adu banyak ‘like’, dimenangkan akun IG @binbbin_, serta berhak atas Rp. 5.000.000,-. Karya desain @binbbin_ ini mengambil tema ‘Keling’ atau Kelas Keliling. Inspirasi tema ini berangkat dari situasi pandemi yang menyebabkan proses belajar-mengajar menjadi terganggu.

AMMDES pilihan media sosial bertajuk Kelas Keliling atau Keling

Karena itu, AMMDES Keling ini ditujukan untuk membantu masyarakat di wilayah terpencil yang kesulitan mendapat sinyal internet untuk belajar secara online. Unit AMMDES ini dilengkapi alat penangkap sinyal, beberapa gadget, dan sejumlah buku-buku pelajaran atau referensi lainnya yang mungkin berguna bagi masyarakat desa yang membutuhkan.

Penyerahan hadiah dilakukan Ir. Restu Yuni Widayati, MA sebagai Plt. Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian RI yang didampingi Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), Reiza Treistanto. Dalam sambutannya, Restu menyatakan, kompetisi AMMDES Digimodz ini merupakan acara yang bisa memberi inspirasi sekaligus membuka peluang bagi industri lokal.

“Kompetisi desain digital untuk AMMDES ini sangat menarik dan berguna bagi perkembangan AMMDES di masa depan dan produksi selanjutnya. Berbagai karya yang masuk sangat cocok dan sesuai fungsi dari AMMDES. Kompetisi desain digital ini juga bisa menjadi acuan untuk menghasilkan produk tepat guna serta mampu tampil lebih modern dan fungsional sehingga nantinya bisa bersaing di dalam dan luar negeri,” jelas Restu.

Inilah 5 karya desain modifikasi digital unit AMMDES yang masuk babak final

Bagi produsen AMMDES sendiri, yakni PT KMWI, diakui oleh Reiza sangat menarik dan bagus untuk karya desain yang masuk. “AMMDes Digimodz 2020 bertema ‘Born to Inspire’ ini menginspirasi desainer digital Indonesia untuk terus mendukung produk karya anak bangsa. Karya yang masuk semakin baik dari sisi desain maupun fungsionalitasnya. Semakin dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat khususnya di pedesaan. Bagi kami, desain yang masuk juga menjadi inspirasi yang nantinya bisa saja masuk ke lini produksi,” ujar Reiza.

Karya desain unit AMMDES bertajuk ‘Sanitary Solutions’ yang menjadi pemenang utama ini merupakan unit AMMDES yang digambarkan berfungsi sebagai alat penyaring (filter) air bersih untuk kebutuhan masyarakat pedesaan. Unit filter air ini memang dibutuhkan untuk kebutuhan air bersih masyarakat desa dan juga berguna ketika terjadi bencana alam yang menyulitkan untuk mendapat air bersih.

Foto: Dok. NMAA / IMX

 

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *