Home News Armand Peugeot, Tokoh Sentral Dibalik Bisnis Otomotif Peugeot

Armand Peugeot, Tokoh Sentral Dibalik Bisnis Otomotif Peugeot

4 min read

Berangkat dari industri pengecoran baja hingga alat perkakas, pernah membuat sepeda, hingga memproduksi kendaraan, menjadi sebuah wujud dari cita-cita pelopornya, Armand peugeot. 

Drive and Hype – Sepertinya belum banyak masyarakat di Tanah Air tahu, termasuk para penggemarnya di sini, bahwa kehadiran pertama merek Peugeot di dunia justru bukan dari dunia otomotif. Ya, kendati lama memiliki sepak terjang di dunia otomotif global, merek Peugeot yang sudah eksis sejak 2 abad lalu itu mengawali bisnis mereka justru di industri lain. Di awal kelahirannya, Peugeot fokus pada industri pengecoran baja hingga produsen alat perkakas, penumbuk lada, dan lainnya.

Ketika revolusi industri berlangsung, ekspansi dan inovasi terhadap produk lain dilakukan oleh Peugeot yang jeli melihat perkembangan situasi bisnis saat itu. Sampai akhirnya Peugeot mengeluarkan logo resminya berupa Singa pada tahun 1850. Hingga pada 1882 di bawah kepemimpinan Armand Peugeot, Peugeot mulai memproduksi alat transportasi berupa sepeda yang kemudian berujung akhirnya menjadi produsen mobil terkemuka di dunia.

Armand Peugeot

Semenjak kepemimpinannya yang dimulai pada 1865, Armand Peugeot mulai tertarik pada bidang transportasi. Armand Peugeot menjadi penggerak sekaligus pencetus pertama yang mengarahkan  Peugeot menjadi produsen sepeda. Ketertarikannya pada dunia transportasi tersebut diawali sejak dirinya lulus dari Ecole Centrale Paris, salah satu sekolah teknik ternama di Perancis. Saat melakukan kunjungan ke Inggris, Armand Peugeot melihat besarnya potensi industri sepeda di sana.

Nah, mulai tahun 1882, diawali gagasan Armand Peugeot, Peugeot mengubah haluan dengan berkonsentrasi menjadi produsen sepeda yang hasilnya ternyata membawa kesuksesan bagi perusahaan. Inovasi terus dilakukan untuk mencari terobosan di bidang transportasi. Hasilnya, mereka berhasil memamerkan dan memproduksi sepeda roda tiga yang menggunakan tenaga stim pada World Fair 1889 yang berlangsung di Paris.

Tak puas hanya di situ, riset dan pengembangan terus dilakukan. Armand Peugeot semakin tertarik dengan industri otomotif sehingga akhirnya pada tahun 1892, Peugeot menjadi produsen otomotif dengan memproduksi mobil yang ditenagai oleh mesin Daimler.

Armand Peugeot terus berambisi besar atas bisnis otomotifnya tersebut, hingga membentuk perusahaan baru di bawah nama Peugeot yang khusus berdedikasi di dunia otomotif. Pelan tapi pasti, usaha dan upayanya mengembangkan industri otomotif membuahkan hasil. 

Armand Peugeot bersama salah satu model produksi saat itu; Peugeot Type 28 Phaeton

Tujuannya pun tercapai, pada tahun 1910, Peugeot menjadi sebuah perusahaan produsen otomotif paling besar di Perancis dengan memproduksi 10.000 unit mobil per tahun pada masa itu. Jelas, hasil ini membawa sesuatu yang membanggakan sebagai perusahaan otomotif aal Perancis. 

Hingga kini nama Armand Peugeot menjadi sebuah legenda di dunia otomotif karena inovasi bisnis dan kegigihan yang dilakukannya. Armand Peugeot sendiri mendapat pengakuan di Automotive Hall of Fame pada tahun 1999. Namanya identik dengan merek produk pabrikan itu sendiri, Peugeot.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *