Home Otomotif Motorsport Berpotensi Terbakar Akibat Komponen Peredam Suara, McLaren Lakukan Recall

Berpotensi Terbakar Akibat Komponen Peredam Suara, McLaren Lakukan Recall

2 min read

Produsen kendaraan hypercar dan supercar, yakni McLaren sedang melakukan proses recall beberapa model pabrikannya, salah satunya Senna. Recall tersebut dikarenakan kendaraan yang berpotensi terbakar akibat salah satu komponen peredam suara didekat tangki bahan bakar.

Drive and Hype – Kabar mengejutkan datang dari pabrikan supercar dan hypecar asal Inggris, yakni McLaren. Dari informasi yang dilansir oleh situs Motor1, bahwa brand ini sedang melakukan proses recall terkait kendaraan yang beresiko terbakar.

Recall tersebut salah satunya ditujukan untuk produk anyarnya yaitu McLaren Senna yang merupakan produk personifikasi DNA motorsport mereka. Menurut pemberitahuan dari National Safety Traffic Safety Administration (NHTSA), lebih dari 2.700 unit mobil sedang di recall, termasuk 720S, 570GT serta hypercar yang terfokus pada motorsport.

Permasalahannya terdapat pada bantalan busa yang dipasang di bawah tangki bahan bakar, yang memiliki fungsi peredam suara. Karena bahan dari busa, sehingga dapat menyebabkan kelembaban berlebih dengan jangka waktu lama dan mengakibatkan korosi.

Hal itu dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar dan jika dibiarkan, kebocoran itu bisa menimbulkan resiko kebakaran. Mobil produksi McLaren yang tidak memilki komponen peredam suara seperti ini tidak akan mengalami proses recall tersebut.

Dari 2.700 mobil yang ditarik, 500 di antaranya adalah model Hypercar Senna, bisa dibilang semua produk model itu ditarik kembali oleh pihak McLaren. Kasus kendaraan berpotensi terbakar ini bukan pertama kalinya dialami oleh McLaren, tahun lalu mobil Senna dari YouTuber Salomondrin yang baru dimilikinya selama 11 hari pun terbakar.

Mclaren Senna sendiri memang diakui sebagai hypercar yang sangat kencang, dengan kapasitas mesin V8 4.0 Liter twin-turbo yang dapat memuntahkan tenaga hingga 790 HP. Dengan dukungan transmisi seven-speed dual-clutch yang mampu menempuh kecepatan dari 0 hingga 100 Kpj cukup dengan 2,8 detik saja.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In Motorsport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *