Home News Berubah Konsep Menjadi Virtual-Online, Ajang Indonesia Modification Expo 2020 Tetap Berlangsung Sesuai Jadwal

Berubah Konsep Menjadi Virtual-Online, Ajang Indonesia Modification Expo 2020 Tetap Berlangsung Sesuai Jadwal

9 min read

Pameran modifikasi dan produk aftermarket, Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang mulanya bakal digelar secara offline, akhirnya akan dilaksanakan sesuai jadwal, namun dilakukan secara virtual-online dengan konsep menarik dan dijamin tidak kalah ramai jika dibanding pelaksanaan secara offline. 

Drive and Hype – Gelaran pameran modifikasi dan produk aftermarket, Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 ditegaskan tetap berlangsung sesuai jadwal semula, yakni pada 10 Oktober 2020 mendatang. Namun ajang IMX 2020 yang harusnya berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) secara offline tersebut, kini berubah dengan konsep hybrid secara virtual-online.

“Langkah ini harus kami tempuh sebagai solusi atas kondisi saat ini yang masih dalam fase transisi ke New Normal. Kami putuskan ini karena demi mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengunjung dan peserta nantinya. Kami coba beradaptasi dan kompromi dengan keadaan sekarang ini. Event tetap bisa diadakan dan menjadi terobosan bagi teman-teman terutama di industri modifikasi,” jelas Andre Mulyadi,  selaku Project Director IMX 2020, dalam konferensi pers virtual via Zoom, Senin (29/6/2020).

Menurut Andre, ajang IMX 2020 yang biasanya digelar offline di Balai Kartini pada dua kali penyelenggaraan sebelumnya dan rencananya akan berlangsung di JCC tahun ini, mengalami perubahan konsep secara menyeluruh yang akan digelar secara hybrid dengan persiapan konsep yang matang. Termasuk menghindari resiko terjadinya penyebaran kembali Covid-19 ketika terjadi kerumunan di gelaran tersebut.

“IMX 2020 tahun ini pastinya berbeda dengan sebelumnya. Pengunjung kini hanya bisa menyaksikan secara virtual. Namun cakupan pengunjung yang melihat kini bisa se-Indonesia. Karena kami memplot acara ini nantinya agar bisa dinikmati penggemar modifikasi di seluruh Indonesia bahkan internasional. Kami merancang pameran virtual ini dengan memanfaatkan platform tiket.com yang punya fitur untuk penyelenggaraan pameran secara virtual,” jelas Andre.

“Melihat kondisi sekarang kami lakukan beberapa penyesuaian dengan beradaptasi yang meminimalkan resiko. Event masih terus berlanjut dan kita sudah tetapkan tanggalnya dan menjadi terobosan bagi teman-teman terutama di industri modifikasi. Tujuannya tetap sama, mempersatukan tiga pilar otomotif, APM, aftermarket, dan modifikator,” lanjut Andre.

Selanjutnya Andre menjelaskan, gelaran ini dipastikan tetap bisa menarik pengunjung sebab berdasarkan survei acara IMX tahun lalu, sebagian besar pengunjungnya merupakan generasi yang melek dengan teknologi. “Hampir 75 persen pengunjung kami adalah generasi millenial di bawah 35 tahun. Harusnya mereka terbiasa dengan platform online, apapun acaranya. Dan, IMX menawarkan sesuatu yang menarik dan pertama kalinya,” kata Andre.

Bila pameran tahun lalu digelar selama dua hari, namun untuk IMX kali ini hanya digelar satu hari saja. Itu pun dengan durasi 4 hingga 5 jam saja. Para peserta atau tenant dari industri modifikasi dan aftermarket bakal mempresentasikan produknya dan akan disiarkan secara live. Begitupun mobil modifikasi yang dipamerkan, akan ditampilkan bergantian secara live.

“Hampir semuanya sama. Yang tidak ada itu hanya kompetisi 50 mobil modifikasi terbaik seluruh Indonesia yang biasanya ada di setiap kegiatan event IMX. Karena keterbatasan slot acara dan kapasitas studio, tahun ini menjadi tidak ada, sisanya semua sama,” imbuh Andre, yang juga menjelaskan kehadiran orang di saat pengambilan gambar di studio juga maksimal sekitar 50-an.

Pihaknya juga tetap tidak menutup kemungkinan bagi tenant yang ingin melakukan launching di IMX 2020 secara virtual. “Ada beberapa mobil modifikasi yang memang mobilnya menjadi contoh aplikasi produk aftermarket seperti Karma Body Kit. Kita tetap bawa dan tetap tampilkan tetapi konsepnya menjadi eksklusif rilis,” papar Andre.

Meskipun berlangsung secara online, penyelenggara pameran IMX 2020 bakal mengemas konsep tetap menarik, semuanya dikemas selama 4 – 5 jam dari mulai opening acara, produk rilis, hingga give away. Bagi para penonton pameran yang ingin membeli sebuah produk yang dipresentasikan, nantinya akan dapat membeli secara online melalui marketplace yang berkolaborasi dengan IMX.

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan IMX 2020 secara virtual, tetap diwajibkan memiliki tiket. Besaran harga tiket dan bagaimana pembeliannya, akan diumumkan lebih lanjut pihak IMX pada 1 Juli 2020 mendatang. “Pengunjung online yang membeli tiket tersebut, nantinya tetap memiliki kesempatan meraih ratusan juta produk aftermarket, termasuk Super Giveaway berupa mobil baru yang sudah dimodifikasi. Selain itu akan ada banyak slot giveaway. Penjualan tiket akan kita buka akhir Juli 2020,” jelas Andre.

Khusus mengenai perubahan konsep acara ini, Andre bersama tim IMX tetap mengaku optimis akan berjalan lancar dan bisa diterima oleh tenant maupun pengunjung. Menurutnya, untuk target tahun ini secara virtual, cukup dengan 25 ribu pengunjung. Ini memang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya, karena akan banyak akses mudah yang didapat untuk bisa hadir di pameran virtual ini.

“Karena pengunjung yang dari luar pulau se-Indonesia bahkan bisa menyaksikan acara ini tanpa harus repot-repot memikirkan biaya transportasi dan lainnya. Keluhan tahun lalu itu karena harga tiket pesawat cukup mahal. Padahal teman-teman dari Indonesia Timur dan Barat banyak yang ingin hadir, namun terkendala harga tiket dan akomodasi yang cukup mahal,” ujar Andre.

Agar bisa optimal dengan penyelenggaraan yang hanya berlangsung 4-5 jam tersebut, pihak penyelenggara berusaha akan memadatkan susunan acara agar dalam waktu tersebut gelaran IMX berlangsung semakin efisien, memenuhi target, serta lebih optimis dengan jumlah pengunjung yang meningkat.

“Pastinya kami dan tim optimis ini ajang IMX 2020 secara virtual-online ini akan menjadi pameran lebih baik dari sebelumnya. Semoga bisa menjadi pionir pameran sejenis nantinya. Apalagi hingga saat ini kita didukung juga berbagai pihak sponsor dan tenant serta tentunya Kementerian Perindustrian,” ujar Andre mengakhiri pertemuan virtual bersama media partner IMX 2020.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *