Home Otomotif Aksesoris/Aftermarket Product Broquet Edukasi Pentingnya Katalisator Bahan Bakar di IIMS 2019

Broquet Edukasi Pentingnya Katalisator Bahan Bakar di IIMS 2019

3 min read

Bahan bakar beroktan tinggi belum tentu memberi hasil pembakaran yang optimal. Kualitas bahan bakar yang tidak bagus, kondisi tangki yang kotor, hingga adanya jamur atau bakteri yang menurunkan kualitas bahan bakar. Di sini fungsi katalisator berperan penting.

Drive and Hype – Bila kendaraan Anda mulai terasa berat tarikannya, konsumsi BBM terasa boros, tenaga lemah, hingga sulit start, bisa pertanda saatnya memeriksa kualitas dan pasokan bahan bakar. Meski terlihat sepele, namun perhatian terhadap kondisi bahan bakar sering terabaikan.

Fakta bahwa ada bahan bakar yang bersifat ‘basi’ itu memang benar adanya. Bahan bakar yang basi tersebut, menurut Setiady Sungkono, pemegang merek BRQ Fuel Catalyst di Tanah Air, memang lumrah terjadi akibat muncul dan berkembang biaknya bakteri atau jamur bahan bakar.

Sebelah atas, BRQ Fuel Catalyst inline, dan sisi bawah model in tank

“Bahan bakar basi lantaran berkembang biaknya jamur atau bakteri di larutan bahan bakar tersebut. Faktor ini muncul karena kelembaban udara yang tinggi dan faktor cuaca panas di seputar kendaraan tersebut berada. Nah keberadaan katalisator tersebut sebagai penetralisir dan mencegah munculnya jamur atau bakteri tersebut yang menyebabkan bensin menjadi basi,” jelas Setiady.

Menurut Setiady, adalah penting memeriksa kondisi bahan bakar, selain melakukan servis rutin berupa penggantian pelumas, cairan pendingin, dan tune up mesin. Kejadian yang sering muncul, ketika mobil mogok, ternyata bersumber dari bensin atau solar basi yang menyumbat pompa bensin atau injektor.

Produk katalisator BRQ Fuel Cataliyst bekerja mempertahankan kualitas BBM sebagaimana yang disyaratkan oleh spesifikasi standar mesin. Katalisator juga bermanfaat untuk merendahkan kebutuhan oktan bahan bakar pada mesin dengan cara memecah molekulnya sehingga lebih mudah dibakar. Efek yang tercipta, seperti memakai bahan bakar dengan nilai oktan 3-5 RON di atasnya.

Keuntungan lain memakai memakai BRQ Fuel Catalyst, menambah tenaga mesin 5-10 persen, menghemat bahan bakar hingga 20 persen, menurangi emisi gas buang hingga 50 persen, tidak bersifat aditif, tidak menghanguskan garansi mesin, dan hanya sekali pasang untuk jarak hingga 400 ribu kilometer.

Untuk penggunaannya, BRQ Fuel Catalyst model intank dimasukkan ke dalam tangki bensin kendaraan yang bersangkutan. Sedangkan model inline dipasang di antara selang bahan bakar dari tangki menuju injektor.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Aksesoris/Aftermarket Product

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *