Home News Buktikan Kualitasnya, Mobil Listrik China Ini Sukses Raih Rekor Dunia Usai Jelajah 12 Negara

Buktikan Kualitasnya, Mobil Listrik China Ini Sukses Raih Rekor Dunia Usai Jelajah 12 Negara

3 min read

Sukses menempuh perjalanan sejauh 15 km dengan melewati 12 negara dalam waktu 52 hari, mobil listrik Aiways asal Tiongkok sukses catatkan rekor Guiness World Record.

Drive and Hype – Salah satu perusahaan mobil listrik asal Negeri Tirai Bambu yakni Aiways baru saja memecahkan sebuah rekor dunia di Guiness World Record untuk kategori perjalanan terjauh yang ditempuh oleh sebuah prototipe mobil listrik. Mobil listrik pabrikan Tiongkok ini sukses membelah 12 negara dalam waktu 52 hari dengan total jarak yang ditempuh sekitar 15.022 km.

Berbekal mobil listrik berjenis crossover terbarunya yakni U5, Aiways memulai perjalanan dari kota Xi’an, Tiongkok menuju Frankfurt, Jerman sejak 17 Juli hingga 7 September 2019 lalu. Perjalanan menempuh 12 negara tersebut bertujuan untuk membuktikan kekuatan dan kemampuan mobil listrik buatan Tiongkok ini dalam menempuh jarak ratusan km sekali cas dan kemampuan dalam bertahan dalam segala medan perjalanan.

Tak hanya itu, pihak Aiways sebagaimana dikutip dari Car Advice juga mengklaim bahwa mobil listrik U5 miliknya ini telah didesain untuk menyesuaikan konsumennya di pasar Eropa dengan segala karakteristiknya. Bukan suatu hal sepele, perjalanan yang ditempuh oleh mobil listrik ini cukup menantang dimana u5 harus melewati medan berbeda seperti Gurun Gobi di Tiongkok, padang rumput Kazakhstan, dan Pegunungan Ural Selatan di Rusia.

Menyoal spesifikasinya, mobil listrik u5 ini memiliki dimensi panjang 4680mm, lebar 1880mm, dan wheelbase sepanjang 2800mm. Dimensi ini membuatnya seukuran dengan Volkswagen Tiguan Allspace. Bagian dapur pacunya, Aiways U5 dilengkapi motor listrik bertenaga 190 dk dengan torsi hingga 315 nm yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Dengan bobot 1730kg, mobil ini berbobot sama dengan Toyota RAV4 hybird.

Sebagai mobil listrik, Aiways U5 dibekali dengan baterai sebesar 65 kWh dan diklaim mampu menempuh jarak 460 km dalam sekali pengisian. Konsumen dapat membeli baterai tambahan yang akan menambah jarak tempuh mobil listrik ini menjadi 560 km. Aiways merupakan pabrikan mobil asal Tiongkok yang memulai usahanya sejak 2017 lalu. Meski belum memproduksi mobilnya secara massal, pabrikan mobil yang didirikan oleh Fu Qiang dan Gu Feng ini optimis akan menembus pasar kendaraan di Eropa.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *