Home News Cegah Antrean, Masa Dispensasi Perpanjang SIM Hingga 29 Juni

Cegah Antrean, Masa Dispensasi Perpanjang SIM Hingga 29 Juni

3 min read

Bagi pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang telah habis ataupun yang akan habis masa berlakunya semasa PSBB ini, tak perlu khawatir. Karena pihak masa dispensasi diberlakukan hingga 29 Juni, bahkan bila diperlukan akan diperpanjang lagi.

Drive and Hype – Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang operasional perpanjangan SIM terhenti, tentunya hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pemilik SIM bila surat izinnya berkendaranya telah mendekati atau bahkan habis masa aktifnya. Setelah dibuka kembali beberapa hari lalu untuk layanan perpanjangan masa berlaku SIM, antrean terlihat di berbagai gerai Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM termasuk layanan SIM Keliling.

Masyarakat terlihat khawatir terkait masalah masa berlaku tersebut, namun sebenarnya pihak Polri memberikan dispensasi untuk SIM yang habis masa berlakunya selama pandemi COVID-19 hingga 29 Juni 2020. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya kerumunan masyarakat di Satpas SIM dan dapat tetap melakukan social distancing, agar terhindar dari resiko penyebaran COVID-19.

“Sampai dengan 29 Juni itu dispensasinya diperpanjang, jadi artinya masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu buru-buru (menghindari antrean membeludak). Tentu kita antisipasi, bila antrean dinilai sudah banyak yang berkerumun langsung kita batasi dan tutup,” jelas Kompol Lalu Hedwin Hanggara selaku Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya.

Di wilayah Jadetabek Satpas SIM hanya melayani selama 5 jam pada Senin sampai Jumat dan 4 jam pada Sabtu, penutupan lebih awal bisa saja dilakukan jika jumlah pemohon di dalam gedung sudah membahayakan protokol kesehatan. “Tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan pembatasan jam operasional. Kalau Senin sampai Jumat jam 8 sampai 13 siang, Sabtu jam 8 sampai 12 siang,” tambah Hedwin.

Untuk masa dispensasi, Hedwin menyatakan ada kemungkinan untuk diperpanjang, hal ini mempertimbangkan situasi dan perkembangan kasus penyebaran virus corona, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. “Nanti dievaluasi lagi, misalnya situasi masih harus diperpanjang dispensasi, itu pun kita menunggu kebijakan dari Korlantas, nanti korlantas akan menilai, misalnya bulan Juli sepertinya perlu dispensasi lagi ya tidak menutup kemungkinan,” tutupnya.

Sumber : NTMCPOLRI

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *