Home Otomotif Carbike Test Cruiser Culture, Italian Beauty

Cruiser Culture, Italian Beauty

6 min read

XDiavel merupakan seri tertinggi di antara Diavel dan Diavel Carbon.

Ducati XDiavel di luncurkan pertama kali di Indonesia bersamaan dengan perkenalan Flagship Store Ducati, yang berlokasi di daerah Kemang, Jakarta. Dan sekaligus menjadi pemunculan pertama kali XDiavel untuk wilayah Asia.

XDiavel memiliki tampilan yang mengesankan, bergaya low rider dengan tempat duduk yang cukup rendah. Gayanya tersebut mengingatkan Kita akan sosok sepeda motor legendaris asal Amerika, yaitu Harley-Davidson.

Ducati memasuki menghadirkan sepeda motor jenis cruiser yang tetap menunjukan ciri desain, konten teknik, dan performa yang mengidentikan akan produk Ducati itu sendiri. XDiavel merupakan sepeda motor dengan pengendaraan yang nyaman, namun tetap memiliki performa yang menakjubkan. Awalnya untuk sepeda motor bergaya cruiser, XDiavel adalah yang kedua. Setelah sebelumnya telah hadir varian Indiana pada era 1986 hingga 1990.

Sementara Diavel memulai debutnya pada 2010, di ajang EICMA Motorcycle Show di kota Milan, Italia. Bodinya yang bongsor menjadi ciri khas utamanya, namun untuk urusan tenaga dan torsinya pada XDiavel ini cukup besar. Di balik sosok besarnya, XDiavel ini tetap nyaman di kendarai. Karena posisi berkendaranya yang dapat disesuaikan dengan pengemudinya. Hal inilah yang menjadi nilai lebih pada sepeda motor yang digunakan untuk berkendara jarak jauh sekalipun.

Namun sebenarnya, Ducati membuat motor bergaya cruiser tersebut untuk menyaingi Harley-Davidson. Tetapi XDiavel memiliki gaya khas Italia yang sangat melekat. Sejujurnya, XDiavel ini memiliki tampilan yang cukup garang dan sexy, apalagi seluruh bagian bodi motor di labur dengan menggunakan warna hitam dof.

XDiavel mengadopsi teknologi keyless, tinggal menekan tombol start maka mesin akan menyala langsung. Teknologi tersebut seperti yang digunakan pada kendaraan bermotor roda empat premium saat ini. Sementara untuk mengunci setang sepeda motor, cukup memposisikan setak ke kiri dan menekan tombol kunci agak lama.

Jatung pacunya menggunakan mesin Ducati Testastretta DVT 1262 (Desmodromic Variable Timing), berpendiingin cair. Sementara transmisinya menggunakan model manual dengan 6 percepatan. Mesinnya tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 156 hp pada putaran 9.600 rpm, sementara torsi maksimalnya adalah 128,9 Nm.

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda belakang melalui sabuk karet, tujuan dari penggunaan sabuk tersebut adalah untuk membuat lebih hening perputarannya dan perawatannya yang lebih mudah. Penggunaan sabuk tersebut adalah yang pertama kalinya bagi Ducati, dan ternyata cukup tepat bagi Xdiavel tersebut.

Pada saat kami mengujinya, tenaga sepeda motor ini cukup terasa. Hentakan pada setiap perpindahan gigi begitu kuat, namun pada putaran bawah saja tenaga besarnya sudah terasa. Namun panas dari mesinnya sangat terasa, begitu menghadapi jalanan macet di ibokota Jakarta ini. Karena sepeda motor ini dirancang bukan untuk menghadapi jalanan yang macet.

Untuk mengendarai sepeda motor ini, Anda akan diberikan beberapa pilihan penyetelan yang dapat disesuaikan. Pada bagian footrest, memiliki empat penyetelan yang berbeda. Sementara untuk posisi setangnya, terdapat tiga pilihan penyetelan. Dan terakhir adalah bagian jok pengendara, dengan lima penyetelan.

Dengan adanya penyetelan tadi, Anda benar-benar diberikan kemudahan untuk mengendari sepeda motor cruiser tersebut. Posisi ideal pun dapat Anda dapatkan, sehingga berkendara dengan Xdiavel bukanlah perkara sulit.

Karakter sepeda motor ini seperti sebuah sepeda motor sport, terdapat tiga pilihan riding mode (sport, touring, dan urban). Bobot sepeda motor ini, tidak terlalu berat untuk ukuran sebuah cruiser. Dan dengan penggunaan ban belakang yang lebih besar dan lebar, memberikan kenyamanan saat menikung. Sebagai penikmat sepeda motor jenis cruiser, sepertinya Anda harus mencoba Xdiavel ini.

Spesifikasi

Property          : PT Garansindo Euro Sport
Harga              : Rp 799 juta (OFR)
Mesin              : Ducati Testastretta DVT 1262 (Desmodromic Variable Timing), L-Twin, pendingin cair
Kapasitas         : 1.262cc
Transmisi         : Manual, 6-Speed
Tenaga             : 156 hp / 9.500 rpm
Torsi                : 128,9 Nm / 5.000 rpm
Sasis                : Tubular steel trellis frame
Suspensi          : Adjustable fork (depan), Single shock absorber, Adjustable preload and rebound, Remote reservoir (belakang)
Ban                  : 120/70 ZR17 (depan), 240/45 ZR17 (belakang)
Fitur                : Riding modes, Ducati Safety Pack (Bosch cornering ABS + DTC), DPL (Ducati Power Launch), RbW, Cruise control, Hands-free, Full-led lighting, Backlit handlebar switches

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Carbike Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *