Home Otomotif Modifikasi Demi Wujudkan Obsesi Pemiliknya, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 Ini Dipermak Mirip Model Terbarunya di Thailand

Demi Wujudkan Obsesi Pemiliknya, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 Ini Dipermak Mirip Model Terbarunya di Thailand

7 min read

Kalau sudah cinta dan harus memiliki, apapun cara ditempuh guna mewujudkannya. Seperti yang dilakukan seorang pemilik Pajero Sport Dakkar 2016 ini. Rela mengeluarkan ratusan juta rupiah demi mewujudkan obsesinya untuk tampil beda.

Drivenhype – Kemunculan Mitsubishi Pajero Sport terbaru di Thailand baru-baru ini membuat Wawan, salah seorang pemilik Pajero Sport Dakkar 2016 jadi susah tidur. Sosok New Pajero Sport yang tampil semakin maskulin namun modis membuat dirinya langsung tertarik.

Dirinya pun langsung mengontak karibnya, Yoko dari workshop Supermekanik di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Kepada Yoko ia mengungkapkan isi hatinya. “Asli saya kepincut begitu melihat Pajero Sport terbaru launching di Thailand. Sepertinya bakal seru kalau Pajero Sport saya diubah ke versi terbaru,” ungkap Wawan, pemilik Pajero Sport Dakar 2016 berkelir putih metalik ini.

Sektor bulkhead pun bahkan harus diganti total agar hasil akhirnya nyaris sempurna

Paham dengan selera temannya yang begitu menggebu, Yoko langsung mengiyakan untuk mem-face lift tampilan Pajero Sport 2016 ke versi terbaru Thailand. Terlebih, Wawan tak soal dengan biayanya. “Awalnya saya iyakan saja, sambil mulai mencari informasi komponen apa saja yang dibutuhkan dan berapa besar biayanya,” cerita Yoko.

Kendati secara sekilas tampilan kontur bodi tidak berubah, namun ternyata Pajero Sport Face Lift Thailand ini memiliki banyak ubahan, baik eksterior maupun interior. Apalagi setelah dilacak rinci detail perubahannya, membuat Yoko turut mengkerutkan dahi. “Pokoknya, the show must go on!,” imbuh Wawan.

Eksterior sudah berubah total jadi Pajero Sport facelift versi Thailand 2020

Ternyata untuk mengubah Pajero Sport versi lama ke model terbaru pasar Thailand tersebut, membutuhkan banyak ubahan pada komponen besar dan kecil di eksterior dan interior. “Banyak komponen besar dan pritilan kecil interior harus dipesan. Prosesnya juga tidak mudah. Saya gak mau bayangin biayanya, tapi kira-kira bisa 1/2 harga mobilnya sih,” senyum Yoyo.

Langkah face lift dimulai dari perwajahan luar yang menjadi kuncian pertama. Perubahan eksterior ini mencakup penggantian bonnet yang berubah total. Seperti kap mesin, fender kiri-kanan, bumper, honeycomb grill, headlamp hingga grill set. Tak lupa antena shark fin ditambahkan.

Emblem sengaja dipilih OEM sesuai aslinya

Lalu di buritan, stoplamp dan bumper turut diganti. Begitu pula penyematan 4 over fender yang menjadi ciri khas Pajero terbaru,” jelas Yoko. Semua item penggantian dicat sewarna bodi. Agar semakin mengilap, sekujur bodi dan kaca di-coating lapisan VPro oleh VProtec dan dipasang doorguard dari V-Kool. 

Untuk interior, dilekatkan silplate, panel konsol tengah, dan lis doortrim berkelir hitam. Kabin dan perjalanan makin nyaman berkat semua kaca sudah berlapis kaca film Solargard Premium Black Phantom.

Seperti diutarakan di awal, item penggantian interior cukup bikin mumet Yoyo, lantaran saking banyaknya. Jalur kabel kelistrikan pun juga harus teliti agar tidak terjadi hubungan singkat dan semua perangkat tambahan bisa berfungsi normal.

Over fender versi Thailand yang dipadu pelek standar untuk tetap mencirikan Pajero Sport ini hasil face-lift

Yoyo juga berhasil membuat berbagai fitur modern pada Pajero Sport Face Lift ini tetap berfungsi sesuai aslinya. Seperti fitur Forward Collusion Mitigation (FCM), Adaptive Cruise Control, Rain Light Sensor, Ultrasonic Mitigation System (UMS), dan lainnya. Bahkan di konsol tengah terdapat pula tombol putar fitur 4WD, kendati tidak diaktifkan karena model dasarnya memang Pajero Sport berpenggerak 4×2.

Untuk interior, menurut Yoyo, perubahan signifikan yang bisa dilihat jelas berbeda adalah spidometer TFT yang kini tampil lebih modern. Display AC juga berubah, dan kini dilengkapi fitur Nanoe dengan display pengaturannya yang berbeda. “Ada 3 mode display untuk kecepatan dan RPM-nya yang bisa diatur sendiri,” jelas Yoyo yang bermukim di Bintaro, Tangerang Selatan ini.

Speedometer TFT, keren dan canggih!

Namun, sengaja proyek face-lift ini masih menyisakan bawaan standar sebagai penanda kalau Pajero Sport ini hasil face lift modifikasi. “Komponen yang tidak berubah yakni pelek asli yang masih bawaan standar Pajero Sport 2016. “Sengaja kami sisakan karena buat menunjukkan ini proyek facelift. Based peleknya masih bawaan versi yang lama,” pungkas Wawan.

Spesifikasi :

Eksterior

Kap mesin, fender kiri kanan, over fender, headlamp, grill set, bumper depan belakang, honey comb bumper depan, stoplamp, antenna shark fin

Interior :

Speedometer TFT, list doortrim black, panel console black, silplate OEM, Forward Collusion Mitigation (FCM), Adaptive Cruise Control, Rain Light Sensor, Ultrasonic Mitigation System (UMS), Speed limiter sunvisor with lamp, camera 360, power back door

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *