Home Hobby Desainer Hot Wheels Phil Riehlman Ramaikan Virtual Event Indonesia Diecast Expo 2020 Mendatang

Desainer Hot Wheels Phil Riehlman Ramaikan Virtual Event Indonesia Diecast Expo 2020 Mendatang

5 min read

Dalam empat tahun terakhir penyelenggaraannya, ajang IDE selalu dihadiri bintang tamu internasional. Harapannya, IDE akan terus bisa berkembang dan menjadi tolak ukur pameran diecast di dunia.

Drivenhype – Dihelat pada 29 November hingga 3 Desember 2020, Indonesia Diecast Expo 2020 berkonsep Hybrid Format akan didukung penuh Tokopedia sebagai platform marketplace dan Hot Wheels Indonesia. Sebagai pemuncak acara, Hot Wheels Indonesia juga bakal menghadirkan desainer Hot Wheels kenamaan, Phil Riehlman.

Pada tahun ini, IDE berkolaborasi dengan Tokopedia, berupaya memberi kanal bagi pegiat usaha diecast ataupun mainan secara umum untuk bisa memanfaatkan online marketplace dalam menawarkan produk mereka. Termasuk program andalan IDE yaitu Toys Crazy Sale (TCS), menggandeng Tokopedia sebagai platform  jual-beli daring. Melalui TCS, IDE dan Tokopedia beserta merchant partisipan akan menghadirkan penawaran menarik bagi pecinta diecast di seluruh Tanah Air.

Pemanfaatan Tokopedia Play sebagai sarana video livestream akan menjadi keunggulan tersendiri guna menawarkan produk secara interaktif. Dan, melalui TCS ini pegiat usaha juga diharapkan dapat mempertahankan bisnis mereka di tengah kondisi pandemi seperti ini.

Pegiat usaha yang mengadopsi kanal digital dinilai lebih tangguh mempertahankan bisnis dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan, khususnya di tengah pandemi. IDE adalah salah satu contoh pergelaran offline yang beradaptasi dengan pandemi melalui pemanfaatan platform online Tokopedia.

“Sejalan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa, kami mengapresiasi kolaborasi bersama IDE sebagai upaya terus memberi panggung seluasnya ke lebih banyak pegiat usaha di Indonesia, terutama UMKM lokal. Harapannya kolaborasi ini memenuhi kebutuhan masyarakat – termasuk para penggemar diecast – dan mendorong pemulihan ekonomi negeri yang terdampak pandemi,” kata David Kartono, AVP of Business Tokopedia.

Seperti disebut di atas, keseruan gelaran IDE 2020 juga akan lebih istimewa dengan kehadiran desainer Hot Wheels asal Amerika Serikat, Phil Riehlman. Pada tahun ini, IDE kembali bekerja sama dengan Hot Wheels Indonesia mengadakan Web-Dinner atau temu virtual bersama Phil Riehlman.

Yang istimewa dari program temu virtual ini, setiap peserta yang mendaftar akan mendapat dua special event car berupa cuztomized Hot Wheels Mini Cooper edisi terbatas yang hanya dibuat 70 unit per mobil. Serunya, setiap peserta juga berhak mendapat sign sheet yang akan langsung ditandatangani Phil.

“Ini adalah bentuk dukungan Hot Wheels Indonesia terhadap IDE. Melalui kolaborasi ini, Hot Wheels Indonesia berharap IDE akan terus bisa berkembang dan menjadi tolak ukur pameran diecast di dunia,” kata Rani Sutedja, Senior Brand Manager Hot Wheels Indonesia.

Sejak pertama kali diselengarakan pada 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan tren peningkatan. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan, mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.815 orang pengunjung di tahun 2019.

Tak hanya itu, dalam empat tahun terakhir ajang IDE selalu dihadiri bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada 2016, serta diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada 2017, Jun Imai pada 2018, dan Brendon Vetuskey pada 2019 silam.

“Kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo (IDE) sebelumnya yang telah berlangsung selama enam tahun berturut-turut menjadi pembuktian bahwa gelaran ini merupakan tolak ukur industri diecast Tanah Air. Hal ini juga semakin menguatkan bahwa industri diecast merupakan industri kreatif yang potensial di Indonesia,” pungkas Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *