Home Gadget Dibanderol Seharga Rp 14 Jutaan, Huawei P40 Pro Andalkan Platform HMS Pengganti Google Play

Dibanderol Seharga Rp 14 Jutaan, Huawei P40 Pro Andalkan Platform HMS Pengganti Google Play

8 min read

Masuk segmen ponsel cerdas premium, Huawei P40 Pro menawarkan teknologi kamera canggih dari Leica, prosesor mumpuni, kemampuan pengisian daya cepat, hingga platform HMS yang dikembangkan secara mandiri. 

Drive and Hype – Lewat pengenalan secara virtual launching di akun Youtube-nya pada Jumat (10/4), Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia resmi mengumumkan pemasaran ponsel cerdas terbarunya, Huawei P40 Pro. Selanjutnya, P40 Pro bakal menjadi flagship Huawei terbaru usai lewatnya masa Mate 30 Series yang meluncur tahun lalu.

Huawei P40 Pro yang hadir di Indonesia hadir dengan dua varian warna, yakni Deep Sea Blue dan Silver Frost. Huawei P40 Pro ditawarkan dengan harga Rp 14.499.000 dan akan dibuka keran pemesanan online-nya mulai dari 11 April hingga 17 April 2020. 

Dari tiga model yang masuk P40 Series, pihak Huawei CBG Indonesia baru memperkenalkan P40 Pro sebagai andalannya di segmen handset premium. Sedangkan tipe di bawahnya P40 dan tipe teratas P40 Pro Plus belum direncanakan masuk Indonesia. Huawei P40 Pro juga hadir dengan tanpa dukungan Google Mobile Service (GMS). 

Ki-ka: Deputy Country Director Huawei Consumer Business Groups (CBG) Indonesia Lo Khing Seng dan Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia

Ketiadaan GMS memang membuat berbagai aplikasi yang berbasis google menjadi tidak bisa diakses pengguna Huawei. Hal ini disebabkan adanya masalah perdagangan antara Amerika Serikat dengan China yang belum kunjung usai. Namun, para pengguna Huawei tak perlu kawatir. Pasalnya Huawei sendiri mengembangkan platform Huawei Mobile Service (HMS).

Huawei Mobile Service (HMS) pada P40 Pro merupakan versi terakhir yang terus diperbarui dan ditingkatkan untuk memberi layanan terbaik bagi penggunanya. HMS tersedia di 170 lebih negara dengan 400 juta pengguna aktif bulanan, pengembang, dan mitra penggunanya. Di AppGallery, penggunanya akan dapat menikmati berbagai aplikasi terbaik.

Aplikasi yang berada di HMS tersebut merupakan aplikasi dari bank dan pembayaran digital, e-commerce, perjalanan, hiburan, ekspedisi, operator, berita, serta makanan & minuman. menurut pihak Huawei, selanjutnya akan ada 73 aplikasi penting dari fase pertama, 88 aplikasi populer dari fase kedua, dan masih banyak lagi yang akan masuk ke HMS.

Untuk di Tanah Air, aplikasi yang sudah masuk HMS merupakan aplikasi dari bank dan pembayaran digital untuk mempermudah berbagai transaksi seperti Akulaku, BCA, DANA, ID DBS, GoMobile CIMB Niaga dan Permata Mobile. Terdapat pula beberapa aplikasi dari E-commerce lokal untuk membuat pengguna Huawei dapat berbelanja dengan mudah seperti Blibli, JD.ID, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Matahari Mall, hingga Lazada.

Bagi pengguna Huawei yang senang bepergian, HMS menyediakan pula berbagai aplikasi dari perjalanan untuk memudahkan pengguna dalam bepergian seperti Garuda Indonesia dan KAI Access. Selain itu, ada Joox, Vidio, Hago, hadir melengkapi aplikasi hiburan dan aplikasi lainnya adalah BPJSTKU, Info BMKG, Alkitab, dan RTI Business.

Dari aplikasi ekspedisi, J&T dan My JNE memudahkan penggunanya melakukan dan melacak pengiriman. Selain itu, ada empat aplikasi dari penyedia layanan telekomunikasi seperti My Telkomsel dan My IM3, Bima + untuk pengguna Huawei agar dapat dengan mudah mengelola paket internet yang diinginkan dan selalu terhubung, di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, sebagai platform yang memberi informasi data secara cepat, HMS juga mengakomodir berbagai aplikasi berita yang tersedia di AppGallery seperti Baca, BaBe, Detik.com, CNNIndonesia, Kompas.com, Caping, dan Liputan6. Yang terakhir, yang sedang dikembangkan HMS di Indonesia  adalah aplikasi makanan & minuman yaitu Fore yang kini sedang integrasi ke ke AppGallery.

Huawei P40 Pro hadir dengan desain perangkat modern yang membuatnya tampil premium. P40 Pro mengandalkan layar Flex OLED 6,58 inci beresolusi 2640 x 1200. Untuk kemampuan prosesnya mengandalkan chipset Kirin 990 5G yang mendukung konektivitas 5G. Chipset tangguh Huawei ini didukung kapasitas RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Baterai Huawei P40 Pro berkapasitas 4.200 mAh dengan fast charging 40W serta fast wireless charging 27W.

Huawei P40 Pro dibekali sistem kamera ultra vision produk Leica. Terdapat sensor 50MP ultra vision, 40MP Cone, kamera telefoto Super Sensing 12MP, dan penginderaan kedalaman 3D kamera. Untuk selfie, Huawei P40 Pro sudah ditopang sensor 32MP plus kamera kedalaman dan bisa dioperasikan dalam format 4K.

Konsumen Indonesia dapat melakukan pre-order Huawei P40 Pro mulai 11 April hingga 17 April 2020. Channel pre-order yakni Huawei High-end Experience Store (HES), BliBli, Lazada, Shopee, JD.ID, Tokopedia, dan toko resmi Erafone. Untuk warna Deep Sea Blue, tersedia mulai 11 April, sementara warna Silver Frost, tersedia mulai 18 April 2020.

Konsumen yang melakukan pre-order, bakal mendapat hadiah hingga IDR 5.000.000, dan cashback IDR 1.000.000. Ada juga angsuran 0% hingga 24 bulan dengan sistem pembayaran digital, yaitu BCA, BRI, Mandiri, Maybank, digibank-DBS, CIMB Niaga, Bukopin, UOB, Citi, BNI, Kredivo, Akulaku. HSBC, serta OCBC NISP.

Spesifikasi Huawei P40 Pro:

OS: Android 10.0 (AOSP + HMS); EMUI 10.1
Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+)
CPU: Octa-core (2×2.86 GHz Cortex-A76 & 2×2.36 GHz Cortex-A76 & 4×1.95 GHz Cortex-A55)
GPU: Mali-G76 MP16
RAM: 8 GB
Internal Memori: 256 GB
Layar: 6.58 inci, 2640 x 1200 piksel
Kamera utama: 50 MP, f/1.9 + 40 MP, f/1.8 + 16 MP, f/3.4 + ToF Camera
Kamera depan: 32 MP, f/2.2
Baterai: 4.200 mAh
Konektivitas: microUSB 3.1, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.1
Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi: 158.2 x 72.6 x 9 mm
Berat: 209 g
Warna: Deep Sea Blue, Silver Frost

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *