Home Otomotif First Impression Dijual Terbatas Lewat Tokopedia, Ini Sosok dan Harga All-new BMW 320i Touring M Sport

Dijual Terbatas Lewat Tokopedia, Ini Sosok dan Harga All-new BMW 320i Touring M Sport

13 min read

BMW Seri 3 Touring hadir dengan desain dinamis, peningkatan kenikmatan berkendara, dan fungsionalitas kendaraan serba bisa. Generasi terbaru dari model lima pintu sporty ini memadukan atribut inti BMW Seri 3 Sedan dengan tata ruang interior lapang, praktis dan fleksibel.

Drive and HypeBersamaan pengenalan official store BMW Indonesia di platform eCommerce Tokopedia, BMW Indonesia juga sekaligus meluncurkan The 3 Touring, yakni  All-new BMW 320i Touring M Sport, sebuah kendaraan keluarga jenis stationwagon yang punya fungsi serbaguna. BMW Seri-3 Touring ini memiliki desain ekterior yang dirancang dinamis untuk proporsi touring.  

Peluncuran The 3 Touring juga menjadi tonggak sejarah, di mana untuk pertama kalinya BMW Indonesia memasarkan varian Touring (station wagon) untuk lini 3 series-nya di Indonesia. Beberapa waktu sebelumnya, BMW Indonesia juga telah meluncurkan generasi kelima Seri-5 Touring yang berhadapan langsung dengan kompetitornya, Mercedes-Benz E-Class Estate.

Pasar mobil touring/estate/station wagon di Indonesia memang marak belakangan ini. Untuk pasar mobil touring bekas sendiri pun juga ramai dan harganya lebih menjurus ke ‘harga hobi’. Terlebih setelah beberapa APM juga mulai kembali memasukkannya, lantaran format station wagon mirip dengan MPV, namun lebih menonjolkan kemewahan dan personalisasi. Kemunculan berbagai komunitas mobil touring juga diprediksi mendorong BMW Indonesia optimis memasukkan varian seri 3 Touring ke Indonesia.

Sebagai varian eksklusif, BMW 3 Series Touring ini hanya masuk untuk varian 320i M-Sport. Sebutan komplitnya, All-new BMW 320i Touring M Sport. Saking eksklusifnya, varian Touring ini dijual terbatas, hanya 25 unit saja. Itu pun dijual melalui BMW Indonesia Official Store yang berada di Tokopedia. Semua 25 unit terbatas tersebut, didatangkan langsung dari Jerman dengan pilihan 4+1 warna. 

Menurut Director of Communication BMW Indonesia, Jodie O’Tania, segmen Touring atau Station Wagon di Indonesia masih akan berkembang dan belum mapan seperti di Eropa misalnya. “Varian Touring seperti di Eropa misalnya, dibeli karena aspek fungsionalitasnya, bukan karena ingin dijadikan barang koleksi seperti yang dilakukan peminat varian touring di sini,” ungkap Jodie.  

All-new BMW 320i Touring M Sport tersedia dalam jumlah terbatas dan hanya bisa dibeli melalui Official Store BMW di Tokopedia mulai Kamis (16/4/2020). Dibanderol Rp 1.289.000.000,- off-the-road. Termasuk di dalamnya BMW Service Inclusive, sebuah program membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

Desain eksterior: Dirancang Dinamis Sesuai Proporsi Touring

Bahasa desain Seri 3 Touring ini didefinisikan melalui garis tajam dan permukaan bodi yang berkontur, menegaskan Seri 3 Touring tampil dinamis dan maskulin. Dimensi eksteriornya serba bertambah. Untuk panjang meningkat 76 mm dibanding pendahulunya, menjadi 4.709 mm. Lebarnya bertambah 16 mm menjadi total 1.827 mm. Sedangkan tinggi bertambah 8 mm yang menjadikannya 1.470 mm. Jarak sumbu roda juga lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm. Track roda yang lebih lebar ini berkontribusi pada pengendalian yang sporty dan lincah. 

Siluet BMW Touring antara garis atap dan jendela samping membuat area ‘bahu’ yang kokoh dan terdefinisi jelas, dengan sentuhan garis berkarakter memanjang dari panel sisi depan ke ujung belakang. Tampilan ‘Hofmeister kink’ (tekukan di jendela samping belakang) juga memancarkan nuansa sporty. Sentuhan High-Gloss Shadow Line di bagian jendela dan pilar memanjang ke atap membuat sisi kendaraan ini mengalir halus ke belakang.

Posisi spoiler, lampu belakang LED, dan knalpot kembar membuatnya lebih dinamis. BMW LaserLight terbaru juga memperkuat tampilan lampu depan sebagai fitur teknologi tinggi BMW yang menawarkan glare-free hi-beam dan konsumsi energi yang efisien. 

Secara keseluruhan, sisi samping dari All-new BMW 320i Touring M Sport lebih disempurnakan dengan velg aloi-ringan 19″ BMW Individual Double-spoke style 793 I Bi-colour orbit grey matt  dengan ban 225/40 R19 – 255/35 R19. Kendaraan ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang, sementara kaliper yang dicat biru ini diembos dengan logo BMW M, semakin memperkuat kesan sporty.

Interior: fungsionalitas modern dengan suasana premium

Desain kokpit berfokus pada pengemudi. Control display dan instrument cluster berpenampilan terbaru, dan alat pengontrol yang terkonsentrasi ke beberapa panel fungsi, membawa aura sporty interior The 3 Touring. Lingkar kemudi leather BMW M Sport dirancang baru dengan tombol multifungsi yang diselingi jahitan kontras Alcantara/Sensatec – Black  berkombinasi Hitam – Biru dengan sabuk pengaman BMW M. Panel instrumen diperindah garis horisontal, strip electroplated, dan detail mewah lainnya yang menekan kelapangan dan suasana premium kabinnya. 

Desain bangku terbaru tingkatkan kenyamanan selama perjalanan jarak jauh. Ruang bahu di jok depan sudah diperbesar  dan menawarkan ruang kepala lebih lega dibanding pendahulunya. Ruang kaki penumpang belakang lebih lega dan membuat keluar-masuk lebih optimal. Terdapat pula roller-sunblind untuk privasi. Jok belakang mengakomodir tiga kursi anak, dua di antaranya dilengkapi titik ISOFIX serta sistem pendingin udara otomatis 3-zona. Aplikasi Panoramic glass-roof memberi rasa lapang bagi semua penumpang. 

The 3 Touring juga memberikan fitur standar untuk tailgate otomatis. Opsi Comfort Access 2.0 memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan. Jendela belakang dapat dibuka secara terpisah – sebuah fitur biasa bagi pelanggan BMW dan aperturnya lebih lebar 20 mm dibandingkan model sebelumnya. Memasukkan barang-barang berukuran besar semakin mudah, berkat lebar kompartemen bagasi bertambah 112 mm, serta sudut buka 30 mm lebih tinggi dan juga 125 mm lebih lebar di bagian atasnya.

Ruang bagasi The 3 Touring miliki volume sebesar 500 liter, lima liter lebih banyak dari generasi sebelumnya – saat semua bangku ditempati, maka kapasitas muatan utama yang dapat digunakan otomatis bertambah 32 liter. Kapasitas muatan dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.510 liter dengan melipat sandaran belakang 40:20:40. Elemen sandaran belakang tersebut juga dapat dilepaskan dari ruang bagasi hanya dengan menekan sebuah tombol sehingga meningkatkan tingkat keserbagunaan All-new BMW 320i Touring M Sport.

Teknologi mesin dan drivetrain inovatif untuk performa sporty dan kenyamanan berkendara.

All-new BMW 320i Touring M Sport dilengkapi mesin generasi terbaru BMW TwinPower Turbo 4-silinder, 2.000cc bertenaga 184 hp dan torsi 300 Nm. Mampu melesat 0-100 km/jam hanya 7,5 detik. Konsumsi bahan bakar 14,9 kpl dan emisi CO2 152 g/km, membuat kendaraan ini memberi performa terbaik dengan efisiensi tinggi.

Rigiditas bodi The 3 Touring meningkat 25 persen secara keseluruhan, bahkan hingga 50 persen di beberapa bagian. Pemasangan sasis juga jauh lebih kuat dibanding pendahulunya. BMW Seri 3 Touring terbaru memiliki pusat gravitasi rendah dan distribusi berat seimbang 50:50. Aerodinamika optimal membuat drag coefficient-nya mencapai angka 0,27.

Suspensi BMW M Sport memiliki peredam yang dikontrol secara elektronik, dengan dua varian suspensi opsional. Masing-masing terhubung teknologi kemudi sport variabel, sehingga memastikan performa sporty dan kenyamanan berkendara pada level tertinggi.

Terdapat fitur Parking Assistant yang mampu melakukan akselerasi, pengereman, dan penggantian gigi melalui transmisi Steptronic saat berkendara masuk dan keluar dari tempat parkir, sehingga pengemudi hanya perlu siaga. Berbagai fungsinya juga termasuk reverse assistant, yang mudah mengatur kendaraan mundur hingga 50 meter mengikuti jalur sama saat bergerak maju.

Sistem Operasi BMW 7.0 dan BMW Intelligent Personal Assistant

BMW Operating System 7.0 baru memainkan peran utama mengoptimalkan sistem kontrol dan display dengan fungsi digital modern yang sesuai kebutuhan pengemudi. BMW Live Cockpit Professional terdiri dari display yang dirancang konsisten, sesuai kebutuhan, dan dapat disesuaikan pada cluster instrumen 12.3 inci yang sepenuhnya digital dan Display Control 10.25 inci. Untuk pengoperasian yang intuitif, pengemudi dapat memilih fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol isyarat (Gesture Control).

Elemen lain BMW Live Cockpit Professional adalah BMW Intelligent Personal Assistant, karakter digital cerdas yang merespons ucapan suara “Hey BMW”. Menjadi co-driver ideal dan berguna selama berkendara sehari-hari dengan menanggapi perintah suara membantu pengemudi dengan berbagai tugas, seperti menangani hiburan onboard yang disediakan sistem suara surround Harman Kardon. All-new BMW 320i Touring M Sport ini juga dilengkapi Apple CarPlay nirkabel yang meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, terutama di saat perjalanan panjang.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *