Home News EasyMile Luncurkan Moda Transportasi Umum Tanpa Sopir

EasyMile Luncurkan Moda Transportasi Umum Tanpa Sopir

5 min read

EasyMile meluncurkan moda transportasi terbarunya, ‘driverless shuttle car’ EZ10 yang menghadirkan rancangan keselamatan inovatif dan kenyamanan penumpangnya yang ditingkatkan.

Drive and Hype – Apa yang dibuat dan dikembangkan EasyMile -sebuah perusahaan perakitan kendaraan transportasi umum-, merupakan cermin idealnya sebuah moda transportasi umum masa depan. Ya, EasyMile mengembangkan dan memproduksi moda transportasi tanpa kehadiran sang sopir yang mengendalikan kendaraan tersebut. Ini merupakan moda angkutan umum pertama tanpa sopir, yang dikendalikan oleh operator untuk menempuh jarak dan tujuan yang telah ditentukan.

Baru-baru ini, tepatnya pada 10 Juni 2019 lalu,bertempat di kota Toulouse, Prancis, EasyMile mengumumkan shuttlecar listrik EZ10 terbaru, kendaraan angkutan umum pertama di dunia yang siap beroperasi tanpa kehadiran sopir. EZ10 akan dipamerkan pertama kalinya di stan EasyMile (B3070) pada KTT Angkutan Umum Global 2019 yang berlangsung di Stockholm, mulai Senin 10 Juni 2019.

Sesuai kebutuhan masa depan, EZ10 dilengkapi peranti keselamatan tercanggih yang memungkinkannya beroperasi tanpa kehadiran sopir. EZ10 dilengkapi berbagai perangkat sensor yang disempurnakan dan dioptimalkan guna memberi pemantauan sekeliling lebih luas. Kkenyamanan penumpang juga ditingkatkan dengan kursi empuk terbaru, sabuk pengaman, dan pengait kursi roda sesuai standar ADA (Americans with Disabilities Act) untuk kenyamanan dan keselamatan lebih baik.

foto: easymile.com

Pertama kali diluncurkan pada April 2015, EZ10 melengkapi layanan transportasi yang memberi solusi inovatif, fleksibel, dan inklusif bagi penggunanya. Generasi terbaru EZ10 memungkinkan operator transportasi membuka potensi mobilitas praktis di wilayah dengan kondisi lalu-lintas padat, dan cocok sebagai layanan antar-jemput penumpang di kawasan terbatas seperti bandara, perumahan, atau pabrik.

Transportasi otonom ini dengan mudah disesuaikan kebutuhan penggunanya, menawarkan fleksibilitas operasional ayang digerakkan operator, termasuk mampu beradaptasi dengan layanan khusus untuk memenuhi permintaan konsumennya.

EasyMile yang berkonsentrasi pada teknologi otonom, mengembangkan EZ10 hingga mampu membawa 15 orang. Komposisi pintu dengan akses keluar-masuk luas, memudahkan para disabilitas turut menanfaatkan moda angkutan listrik ini. EZ10 sepenuhnya bertenaga listrik dan berkontribusi besar meningkatkan kualitas udara dan mengurangi polusi suara.

Penyempurnaan pada sensor yang dirancang ulang, dioptimalkan guna pemantauan lebih akurat kendati dalam kondisi cuaca buruk sekalipun. Dengan memanfaatkan teknologi robotik dengan tingkat kecerdasan yang ditingkatkan, EZ10 saat ini menjadi unit antar-jemput otonom paling banyak digunakan di dunia dengan lebih dari 230 lokasis di 26 negara dan diperkirakan sudah menempuh jarak 600.000 km sejak diluncurkan pertama kali.

foto: easymile.com

Selama 8 bulan terakhir, EasyMile telah mengoperasikan moda EZ10 ini dengan mengandalkan  pengawas jarak jauh. Kontrol pergerakan EZ10 dikendalikan oleh pusat kendali jarak jauh yang diawaki pengawas terlatih yang bekerja berdasarkan data ‘real-time- kondisi lalu-lintas dan bisa an memastikan komunikasi dengan penumpang.

Inovasi EZ10 ini merupakan langkah besar masa depan yang menjawab kebutuhan mobilitas lokal dan menunjukkan kemampuan EasyMile memberi manfaat dari sebuah perjalanan mandiri. “Teknologi EasyMile kini mencapai tingkat kematangan dan keandalan sempurna yang memungkinkan kami menggunakan layanan antar-jemput EZ10 tanpa ada sopir. EZ10 dioperasikan dalam lingkungan terkendali, didukung perangkat lunak kami yang senantiasa meng-update kondisi di lingkungan lebih kompleks. Dari semua pengujian yang dilakukan, respon penumpang positif. Kami berharap ada peraturan umum yang mendukung langkah maju moda transportasi cerdas ini,” ungkap Gilbert Gagnaire, pendiri dan CEO EasyMile.

EasyMile selanjutnya secara progresif bakal menggelar layanan tanpa pengemudi di wilayah baru selama 2019, termasuk mencobanya dalam kondisi lalu-lintas ramai pada tahun depan. Tentunya EazyMile akan bekerja sama dengan klien pendukungt, operator transportasi, dan otoritas terkait.

  • Program Uji Coba LRT Jakarta Ramai Antusias Warga

    Moda transpotasi seperti MRT memang sangat dinanti warga DKI Jakarta, apalagi sebentar lag…
Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *