Home Otomotif First Impression First Impression: New Honda Civic Turbo, Paduan Superioritas Performa dan Kenikmatan Berkendara

First Impression: New Honda Civic Turbo, Paduan Superioritas Performa dan Kenikmatan Berkendara

9 min read

Memasuki usia tiga tahun keberadaannya di Tanah Air, New Honda Civic tampil dengan sentuhan baru. Langkah penyegaran ini mencakup tampilan eksterior dan kelengkapan fitur interior. 

Drive and Hype – Di sela penyelenggaraaan “Honda Mobilio – Battle of Efficiency” yang berlangsung pada 27 Februari 2019 yang menempuh rute Citos – BSD – Pluit – Ancol, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyediakan satu unit New Honda Civic 1.5L Turbo untuk bisa diakrabi lebih dekat oleh rekan media di lokasi finish Battle of Efficiency yang berada di Kawasan Wisata Pantai Ancol, Jakarta Utara.

New Honda Civic 1.5L Turbo pertama kali muncul di Indonesia pada 2016. Sejak peluncurannya tersebut, Honda Civic generasi kesepuluh ini sukses mencatat penjualan 4.802 unit hingga Januari 2019. Tidak hanya dari sisi penjualan, pengakuan terhadap performa Honda Civic juga terlihat dari diterimanya berbagai penghargaan yang mencapai total 16 penghargaan sejak medium sedan Honda ini diluncurkan. 

Tepat tiga tahun setelah kemunculannya di Tanah Air, PT HPM kembali merilis versi facelift Honda Civic yang kini tampil lebih sporty, elegan, dan fitur lebih lengkap, pada Kamis, 21 Februari 2019 di Jakarta. “Sejak peluncuran generasi terbaru, Honda Civic diterima baik konsumen di Indonesia. Kehadirannya langsung mendominasi di segmennya dan langsung menjadi market leader dengan pangsa pasar 75%. Penyegaran sekarang ini sebagai upaya memberi inovasi dan nilai lebih bagi konsumen,” bilang Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM.

New Honda Civic Turbo kini ditawarkan hanya 1 varian saja. Karena itu sosoknya memadukan berbagai keunggulan dari model sebelumnya. Selain berbagai penyegaran tampilan dan fitur baru, model ini juga mengusung keunggulan performa, teknologi, dan standar keselamatan tinggi yang telah ada sebelumnya. 

Terdapat beberapa sentuhan baru pada New Honda Civic. Sosoknya yang eksotis makin terlihat sporty sekaligus elegan berkat desain baru Front Lower Bumper yang lebih aerodinamis, Rear Chrome Lower Garnish, dan LED Fog Light dengan Chrome Garnish. Selain itu, New Honda Civic tampil lebih stylish berkat pola desain terbaru pelek 17” Alloy Wheel dengan sentuhan Two-tone Color

Desain gres interior New Honda Civic lainnya hadir lewat rancangan terbaru jok depan semakin elegan. Sedangkan jok penumpang depan kini dilengkapi 4-way Front Passenger Power Seat Adjuster yang mendukung kenyamanan posisi duduk penumpang. New Honda Civic dilengkapi Auto Dimming Rear View Mirror untuk visibilitas sempurna saat terkena pantulan sinar dari belakang

New Honda Civic merupakan salah satu model dengan reputasi besar di berbagai negara, salah satunya termasuk di Indonesia. Penyegaran yang dilakukan pada desain bagian eksterior dan fitur di interior mengukuhkan kemewahan dan citra sporty dari model ini, papar Takehiro Watanabe, President Director PT HPM dalam rilis yang diterima redaksi www.drivenhype.com

Fitur canggih lain yang disematkan meliputi Remote Engine Start, yang memudahkan membuka dan mengunci pintu, menyalakan mesin, dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan. Teknologi Smart Entry memberi kemudahan membuka kunci cukup menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi menyalakan mesin hanya satu sentuhan tombol. Sementara, fitur Cruise Control menjaga kecepatan konstan kendaraan tanpa perlu injak pedal gas. New Civic juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper serta Rear Parking Camera. 

New Honda Civic menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo berteknologi Earth Dreams. Kendati berkapasitas kecil, mesin ini mampu menghasilkan peningkatan besar tenaga dan torsinya. Daya maksimumnya sebesar 173 PS pada 5.500 rpm, sementara torsi maksimum mencapai 220Nm di rentang 1.700 – 5.500 rpm. Meski demikian, dengan teknologi Earth Dreams, mesin ini tetap hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Akselerasi New Honda Civic terasa ringan berkat transmisi CVT ‘Earth Dreams Technology’ yang memberi akselerasi responsif, lebih halus, dengan performa mesin maksimal serta konsumsi bahan bakar efisien.  Rasa berkendara sporty didukung fitur paddle shift untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya cukup dengan menggunakan ujung jari.

 

Kelincahan dan stabilitas berkendara di berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS). Sementara efisiensi bahan bakar New Civic didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan berbagai fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Fitur ECO AssistTM membantu memberi petunjuk penghematan bahan bakar ke pengemudi saat berkendara. 

Standar keselamatan tertinggi di kelasnya juga disematkan ke New Honda Civic, lewat hadirnya berbagai fitur-fitur keselamatan pasif dan aktif. Teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON), dan ACETM yang memberi perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang. Bodi All New Civic juga dirancang dengan Pedestrian Protection yang meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

New Honda Civic dilengkapi 6 airbag guna mengurangi resiko cedera pengemudi dan penumpang. Sementara ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Terdapat pula Electric Parking Brake yang mengaktifkan rem parkir cukup satu sentuhan. Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur. Selain itu, New Civic dilengkapi fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.  

New Honda Civic 1.5L Turbo disajikan dalam 5 warna; Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Platinum White Pearl serta warna baru New Honda Civic; Rallye Red. Harga on the road wilayah Jabodetabek Rp 507.000.000,- (Harga OTR wilayah Jabodetabek plus BBN Mobil Pertama tahun 2019. Warna Metallic dan Pearl dikenakan penambahan biaya Rp 2.000.000,-). 

Foto: Octo, Dok. HPM. Lokasi: Discovery Ancol, @discoveryancol

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *