Home News Fix, Tampilan Anyar All New Avanza dan Xenia 2019 untuk Imbangi Xpander!

Fix, Tampilan Anyar All New Avanza dan Xenia 2019 untuk Imbangi Xpander!

6 min read

Jelang peluncurannya di awal tahun 2019, beberapa foto tampilan terbaru Avanza dan Xenia yang dipastikan hampir 100 persen sesuai aslinya, beredar luas di dunia maya dan kalangan netizen.

Drive and Hype – Penampilan terbaru Toyota Avanza dan saudara kembarnya, Daihatsu Xenia, dipastikan akan meluncur dalam waktu dekat ini di awal tahun 2019. Pasalnya, beberapa foto yang menampilkan wajah baru Avanza-Xenia tersebut beredar luas di sosial media dan dunia maya. Keberadaan foto ini jelas menjawab berbagai pertanyaan dan perkiraan publik masyarakat yang penasaran dengan ujung tombak duet Toyota dan Daihatsu di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

Kendati sekitar  dua bulan belakangan ini Toyota Avanza kembali meraih posisi peringkat pertama pasar LMPV dari kompetitor beratnya, Mitsubishi Xpander, namun sepertinya kondisi ini masih terlihat labil akibat desain Avanza ataupun Xenia yang dianggap sudah kadaluwarsa dibanding Xpander. Kemungkinan disalipnya kembali oleh Xpander memang masih terbuka karena data pasar LMPV menunjukkan perbedaan total penjualan anatara mereka yang begitu tipis.

Tampilan belakang All New Toyota Avanza

Dari foto yang didapat dan info yang beredar luas, tampilan utuh bodi Avanza tidak banyak mengalami perubahan dalam kontur desainnya. Perubahan besar terjadi pada perwajahan depan yang mencakup bumper, grille, lampu, dan model rumah spion yang berbeda. Meski ada yang bilang sebenarnya facelift, namun sumber lain mengatakan model terbaru ini memiliki status ‘major-change’.

Sosok perwajahan All New Avanza kini tampil semakin sporty. Lampu depan model menyipit dan bertingkat dengan lampu sein dan lampu senja yang dipisah oleh lis garnish sewarna cat bodi. Model ini mengingatkan pada Medium MPV Toyota Voxy. Grille besar yang turun ke sektor bumper, masih mirip dengan model sebelumnya, Grand New Avanza. Sementara kontur tegas mengotak pada ujung bumper kiri-kanan juga menyediakan posisi untuk foglamp. Lips bumper bagian bawah yang cukup lebar makin mempertegas aspek sporty-nya.

Inilah salah satu hasil render rekayasa penggiat desain digital otomotif yang sebelumnya ramai beredar di jagad sosial media Instagram

Kalau ditilik, perwajahan depan dibuat cenderung ‘radikal’ sporty lantaran agar tidak tertinggal dengan pesaingnya, Mitsubishi Xpander yang sudah tampil dulu dengan perwajahan sporty-futuristis yang desainnya tidak mainstream dan keluar dari pakem LMPV umumnya. Besarnya penerimaan masyarakat atau konsumen atas model futuristis Xpander inilah yang mungkin mengilhami Toyota untuk menyodorkan desain terbaru tersebut pada Avanza-nya.

Lampu utama yang menyipit mengikuti gaya Voxy atau All New Rush, juga dipastikan akan mengusung teknologi LED Proyektor. Sementara platform bodi keseluruhan, diduga mengusung konsep yang mirip dengan Grand New Avanza sebelumnya. Disinyalir pula, All New Avanza maupun Xenia, masih tetap mengusung tipe mesin sama dengan model sebelumnya, termasuk sistem penggerak roda belakang.

Sekadar catatan, mesin dan sistem penggerak roda belakang ini yang memang menjadi ciri khas ‘bandel’nya Avanza di segmennya. Prediksi lain, bakal terjadi beberapa perubahan juga pada kelengkapan aksesori dan fitur interior.

Tampilan depan dan belakang All New Daihatsu Xenia 2019

Sentuhan berbeda All New Avanza-Xenia juga diberikan pada lampu dan bumper belakang dengan imbuhan ornamen reflektor pemanis yang memanjang ke horisontal dan terintegrasi dengan garnish cover lampu plat nomor. Kendati lekukan lampu belakang sama dengan sebelumnya, namun warna mika dibuat beda dengan dominasi mika bening untuk sein dan lampu mundur.

Begitu pula bumper belakang kini sudutnya meninggi dengan lekukan housing reflektor yang berkelir hitam doff di sisi ujung bumpernya. Oiya, untuk Avanza, untuk mengimbangi raut wajah depan yang agresif, desain roof-spoiler juga bakal tampil lebih sporty.

Desain hampir sama juga diusung oleh kembarannya, Daihatsu Xenia. Hampir semua detail desain perwajahan depan dan belakang hampir mirip. Biasanya, perbedaan keduanya hanya dilakukan pada ornamen tertentu di eksterior dan interior. Seiring tersebarnya foto bocoran penampakan Avanza dan Xenia terbaru ini, maka dipastikan tidak lama lagi duet maut Toyota dan Daihatsu tersebut bakal hadir meramaikan segmen LMPV Tanah Air. Kita tunggu!

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *