Home News Hanya Dibuat Terbatas 50 Unit, Nissan GT-R50 Racikan Italdesign Resmi Meluncur

Hanya Dibuat Terbatas 50 Unit, Nissan GT-R50 Racikan Italdesign Resmi Meluncur

4 min read

Setelah gagal tampil perdana di Geneve Motor Show pada Maret 2020 lalu akibat efek pandemi virus Covid-19, akhirnya Nissan GT-R50 yang diracik Italdesign resmi meluncur terbatas, hanya 50 unit saja. 

Drive and Hype –  Kuatnya efek dan pandemi virus Covid-19 membuat ajang pameran otomotif kelas dunia Geneve International Motor Show (GIMS) yang seharusnya berlangsung pada 5-15 Maret 2020 akhirnya ditunda. Hal ini membuat beberapa model terbaru pun urung tampil perdana, termasuk penampilan terbaru Nissan GT-R50 hasil sentuhan rumah modifikasi Italdesign.

Nissan GT-R50 racikan Italdesign merupakan hasil kolaborasi pabrikan mobil Jepang dengan Italdesign yang dimulai 2018 dengan penciptaan prototipe dengan nama sama. Keberhasilan yang dicapai pada uji coba beberapa bulan setelah presentasi proyek utama, mendorong Nissan dan Italdesign segera memutuskan untuk meluncurkan produksi versi jalan raya yang diproduksi terbatas hanya 50 unit.

Adapun kendaraan pertama akan dikirim ke pelanggan pada akhir 2020 dan awal 2021. “Inilah hari sangat istimewa setelah melewati berminggu-minggu sangat sulit bagi semua orang. Terlebih saat kami harus mundur dari peluncuran perdana dunia di Geneva Motor Show lalu. Termasuk penghentian sebagian kegiatan produksi kami karena Covid-19. Awal Mei 2020 kami mulai mengembalikan lagi operasional workshop 100%,” ujar Jörg Astalosch, CEO Italdesign.

Rencananya, dengan pengoperasian normal usai penghentian produksi, Italdesign mengonfirmasi pengiriman mobil pertama sesuai rencana, yakni antara akhir 2020 dan awal 2021. “Bukan kebetulan kami menghadirkan mobil yang dikembangkan dari sirkuit “Tazio Nuvolari”, sebuah lokasi pengujian rutin untuk memproses semua pengujian dinamis yang diperlukan untuk pasar berbeda dan untuk menghadirkan karakter khas untuk GT-R50 racikan kami,” imbuh Jörg.

Kolaborasi Nissan dengan Italdesign untuk membuat edisi khusus terbatas tersebut, mengambil platform Nissan GT-R NISMO terbaru, yang dibuat guna memperingati 50 tahun Nissan GT-R pada 2019 lalu dan Italdesign pada 2018 lalu. Modifikasi yang dilakukan Italdesign menghasilkan daya maksimum Nissan GT-R50 adalah NISMO-tuned 720PS berkonfigurasi V8 3,8 liter twin-turbocharged.

Besarnya peminat membuat para pelanggan harus bersabar menunggu antrian dengan unit terbatas. Sebagai versi produksi mobil bertenaga dahsyat, GT-R50 telah diincar sejumlah penggemar dan kolektor untuk dijadikan barang simpanan di garasinya. Bahkan sejumlah peminatnya, telah menyiapkan beberapa opsi spesifikasi pribadi untuk kendaraannya.

Sebagai personalisasi edisi terbatas tersebut, Nissan dan Italdesign menyiapkan livery terinspirasi GT -Rs, sosok fenomenal yang membuat sejarah merek Nissan GT-R. Keputusan Nissan membuat GT-R50 yang hanya diproduksi 50 unit seluruh dunia, ternyata juga menyedot perhatian para kolektor. Jadi, buru-buruan aja deh!

foto: Dok. Nissan GT-R & Italdesign

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *