Home News Harga Resminya Belum Keluar, Wuling Hadirkan SUV Almaz 7-Seater yang Bisa Diajak Ngobrol

Harga Resminya Belum Keluar, Wuling Hadirkan SUV Almaz 7-Seater yang Bisa Diajak Ngobrol

8 min read

Menandai dua tahun eksistensinya di kancah industri otomotif Indonesia, Wuling Motors menghadirkan SUV Almaz dengan fitur voice command dan tambahan jok di baris ketiga yang multiguna.

Drive and Hype – Berbarengan perayaan 2 tahun Wuling Motors berkiprah di Tanah Air, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) memanfaatkan momentum tersebut dengan menghadirkan SUV Almaz terbaru. Penyempurnaan Almaz ini mencakup penyematan sepasang jok di baris ketiga, dan fitur WIND (Wuling Indonesian Command) yang lazim dikenal sebagai Voice Command (VC).

Sentuhan fitur terbaru ini memang tergolong cepat untuk sebuah varian pendatang baru. SUV Wuling Almaz sendiri muncul pada 23 Januari 2019 lalu. Selang hampir 6 bulan kemudian, Almaz bergerak cepat dengan menghadirkan versi tujuh penumpang plus fitur Voice Command. “Kami memang percepat kehadiran Almaz 7-seater dengan fitur terbaru tersebut sebagai jawaban kami atas respon positif dan kebutuhan konsumen,” jelas Cindy Cai, Vice President Wuling Indonesia. “Kami ingin memberikan konsumen teknologi paling maju dan terdepan.”

Danang Wiratmoko Product Planning Wuling Motors dalam presentasinya menjelaskan, fitur baru VC atau perintah suara ini khusus dikembangkan Wuling Motors untuk pasar Indonesia

Biasanya, fitur VC ini biasanya ditemui pada jenis kendaraan kelas atas. Sedangkan fitur jok baris ketiga lazim ditemui pada Medium SUV. Namun dengan tambahan dua fitur baru ini, diyakini bakal memperkuat daya saing Almaz dalam menghadapi kompetitornya dari Medium  SUV 7-seater lainnya seperti Honda CR-V, DFSK Glory 580, dan Nissan X-Trail.

Yang menarik, Voice Command (VC) tersebut diformat Bahasa Indonesia, sehingga memudahkan penggunanya. Menurut pihak Wuling, WIND ini merupakan teknologi voice command pertama berbahasa Indonesia. “Wuling selalu berinovasi dengan teknologi terdepan. Contohnya seperti implementasi fitur voice command interaktif dengan bahasa Indonesia sehari-hari. Baru pertama kali ada di varian terbaru Almaz. Fitur ini berguna mengubah cara berkendara untuk kehidupan lebih baik,” imbuh Cindy Cai. 

Almaz kini semakin lengkap berkat hadirnya fitur Wuling Indonesian Command (WIND) yang merupakan teknologi voice command pertama berbahasa Indonesia.

Voice command interaktif WIND memungkinkan pengguna Almaz untuk menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti AC, naik-turun kaca jendela, buka-tutup panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini. 

Menurut Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko dalam presentasinya sebelum sesi ujicoba menjelaskan, fitur baru VC atau perintah suara ini khusus dikembangkan Wuling Motors untuk pasar Indonesia. Fitur canggih ini merupakan hasil pengembangan bersama Wuling Motors dengan Nuance Communications, spesialis pengembang perangkat lunak asal Amerika Serikat. “Asiknya, aplikasinya VC ini dalam bahasa Indonesia, sehingga lebih diterima banyak pihak,” ujar Danang. 

Posisi microphone ada di antara wilayah penepis sinar matahari dan tombol sunroof

Adapun pengaktifan fitur WIND ini ada tiga cara yang semuanya bisa dilakukan serba-mudah dan praktis. Si pemakai Almaz hanya mengatakan “Halo Wuling” sambil mengemudi, lalu menekan tombol di layar headunit, dan terakhir, menekan tombol microphone di palang lingkar setir. Khusus perintah suara akan terdeteksi oleh microphone yang terletak di balik area dekat kaca spion tengah dekat tombol pengatur sunroof.

Menurut Danang, kehadiran sosok microphone tersebut sebenarnya sudah ada di Almaz versi 5-penumpang sebelumnya. Microphone tersebut, sudah terkoneksi pula dengan head unit dan bluetooth yang terintegrasi. Yang belum ada memang software dan perangkat penghubung lainnya ke masing-masing peranti yang bisa memakai fitur VC ini. Wuling Motors Indonesia juga mempersilakan pemilik Almaz 5 penumpang sebelumnya yang ingin menambahkan opsi fitur modern ini.

Posisi jok baris ketiga yang memindahkan ban serep di Almaz versi 5 penumpang

Sedangkan aplikasi jok baris ketiga disebut oleh Wuling masih dalam batas kenyamanan penumpang dewasa. Jok baris ketiga ini bisa dilipat rata hingga menambah kapasitas bagasi. Keberadaan jok baru ini jelas mengubah posisi ban cadangan seperti di Almaz 5 penumpang. Ban serep tersebut yang tadinya di kabin, berpindah ke kolong mobil. “Beda dengan fitur VC yang bisa ditambahkan, bagi Almaz lima penumpang tentunya akan sulit bila ingin ada penambahan opsi jok baris ketiga agar jadi tujuh penumpang. Karena posisi ban cadangan sebelumnya itu yang bikin beda konstruksinya,” papar Danang.

Pilihan konfigurasi bangku 7-seater pun hadir di varian terbaru Almaz

Dari pengamatan drivenhype.com, ruang kaki baris ketiga memang terlihat terbatas. Dan ini wajar, mengingat rata-rata jok baris ketiga dari kendaraan non-MPV, tidak memberi ruang lapang untuk leg-room dan head-room. Prediksi kami, jok baris ketiga Almaz ini cocok diisi penumpang dengan tinggi maksimal 170 cm.

Kendati sudah diperkenalkan ke awak media, namun Wuling Almaz 7-seater WIND ini belum punya harga resmi. “Yang pasti launching resminya akan dilakukan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan datang. Termasuk tentu soal harga resminya. Jadi bersabar dulu ya, tidak jauh berbeda harganya,” janji Cindy.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *