Home Komunitas Hasil Musda XIII PPMKI Pengprov DKI Jaya Pilih Ruby Alamsyah Sebagai Ketua Barunya

Hasil Musda XIII PPMKI Pengprov DKI Jaya Pilih Ruby Alamsyah Sebagai Ketua Barunya

5 min read

PPMKI DKI Jakarta menggelar musyawarah daerah guna memilih ketua barunya. Proses pemilihan dilanjutkan secara daring menggunakan aplikasi voting online.

Drive and Hype – Pengurus Provinsi (Pengprov) Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta pada hari Minggu (19/7) lalu bertempat di Gedung JAC, menggelar Musyawarah Daerah (Musda) DKI Jakarta ke-XIII guna memilih Ketua Barunya untuk masa kepengurusan 2020-2023. Mengacu anjuran Pemerintah meredam perluasan Covid-19, untuk pertama kalinya Musda PPMKI dilakukan secara daring dan menggunakan sistem voting digital.

Jumlah peserta Musda di tempat juga dibatasi sekaligus menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, membawa hand sanitizer, menerapkan social distancing, dan tidak membawa lansia serta anak-anak.

Hasil akhirnya, Ruby Alamsyah, seorang ahli digital forensik yang juga penggemar mobil klasik terpilih menjadi Ketua Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Pengurus Provinsi DKI Jakarta periode 2020-2023.

Ketua Pengprov DKI Jakarta terpilih Ruby Alamsyah memberikan pidato sambutannya

Musda ke XIII PPMKI Pengprov DKI diisi laporan pertanggungjawaban Ketua Pengprov DKI yang lama, Cecil B. Silanu yang menjabat selama 2 periode sejak 2013. Selanjutnya, diisi pemaparan visi dan misi empat calon Ketua yaitu Ruby Alamsyah, Mohammad Effendi, Gde Arya Widjaja, dan Iwan Diah.

Proses pemilihan dilanjutkan secara daring menggunakan aplikasi voting online. Selain mempermudah peserta yang tidak dapat hadir, validasi hasil voting dilakukan dalam waktu singkat dan kurang dari 1 jam hasil pemilihan sudah diumumkan. Ruby mendapatkan 21 dari 52 suara yang terdaftar.

Dalam sambutannya, Ruby mengatakan prioritas pertamanya adalah menyusun kepengurusan periode 2020-2023 dengan para pembina, penasehat dan senior PPMKI. Rencana jangka pendek lainnya, membuat platform online untuk PPMKI serta melanjutkan program seperti touring, bakti sosial serta pameran yang menjadi kegiatan PPMKI.

“Terimakasih atas dukungannya, Insya Allah kami jalankan amanah ini dengan nasehat dan arahan para pembina. Rencana jangka pendek kedua, membuat platform online PPMKI yang berjalan berbarengan dengan kegiatan offline kami seperti gathering, touring, dan sebagainnya,” jelas Ruby yang juga orang Indonesia pertama anggota International High Technology Crime Investigation Association.

Penyerahan bendera klub dari ketua lama ke ketua baru

Kesuksesan Musda Pengprov DKI diharapkan dapat menginspirasi dan menjadi contoh Musda Pengprov PPMKI lainnya mengadopsi model digital dan sesuai anjuran Pemerintah dalam penyelenggaraan pemilihan pengurus.

“Dengan Musda DKI sebagai motornya, karena kita harapkan sebelum Munas di November, Pengda lain sudah dapat melakukan Musda” sebut Ronny Arifuddin yang menjadi Ketua Umum PPMKI sejak 2013.

Adapun Musda PPMKI ke XIII dihadiri mantan Ketua Umum PPMKI Bambang RE, Pembina PPMKI seperti Anton Suleiman, Hartawan “Hauwke” Setjodiningrat, KRMT Roy Suryo, dan Oong Setiamanah. Hadir pula Ketua Umum PPMKI Ronny Arifuddin, pembalap motor senior sekaligus pemenang Macau Grand Prix Benny Hidayat, dan Duta Keselamatan Berkendara serta pereli, Rifat Sungkar.

Dalam kesempatan ini Rifat Sungkar juga melakukan sosialisasi legalitas industri kreatif otomotif seperti yang dilakukan Yumos VW dengan membuat replika mobil klasik yang diakui di dunia internasional, namun sulit mendapat pengakuan legal di mata pemerintah, walaupun banyak manfaatnya.

“Karena saya melihat ini membuka lapangan kerja, membuat Indonesia maju di bidang otomotif, pendapatan pajak baru, dan penampilan negara kita menjadi lebih bagus. Karena kita memiliki salah satu kerajinan tangan terbaik di dunia,” urai Rifat yang juga Ketua Komisi Rally IMI.

Rifat Sungkar berharap dukungan PPMKI semakin memuluskan pengakuan legal industri kreatif yang memberi dampak positif. “Mudah-mudahan PPMKI bisa mendukung dan mobil klasik makin banyak dan kita dapat nikmati di jalan,” imbuh Rifat.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Komunitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *