Home Tips & Trick Helm Bau? Begini 8 Cara Menbersihkannya!

Helm Bau? Begini 8 Cara Menbersihkannya!

3 min read

Membersihkan helm bukanlah perkara mudah, 8 tips ini dapat membantumu menghilangkan bau pada helm.

DrivenHype – Helm yang terlalu sering dipakai pasti akan menimbulkan bau tidak sedap. Bau tersebut bisa mengganggu kenyamanan ketika akan mengenakan helm, bahkan seringkali menyebabkan gatal di kepala.  Memang, sekarang ada banyak jasa penyedia layanan mencuci helm. Namun sebenarnya, mencuci helm juga bisa dilakukan sendiri lho! Ini dia 8 tipsnya agar Anda bisa mencuci helm sendiri.

image source: pixabay.com

Sebelumnya, siapkan shampoo bayi, kanebo, kain lap mikrofiber, sikat gigi, air hangat, dan pewangi semprot sebelum mencuci helm. Kemudian, lakukan 8 langkah mencuci helm ini:

1. Buka Bagian-Bagian Helm

Beberapa bagian yang bisa dilepaskan semisal seperti kaca (visor) dan busa dalam. Hati-hati untuk melepas bagian-bagian helm karena rentan patah atau rusak.

2. Rendam Busa di Dalam Air Sabun

Rendam busa dan helm dalam air hangat dan biarkan beberapa menit agar sampo bayi tersebut menyerap. Setelah kurang lebih 10 menit, segera dibersihkan dengan tangan dan bilas dengan air bersih.

3. Membersihkan Permukaan Helm

Bersihkan permukaan helm dengan air hangat dengan sampo bayi. Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan permukaan helm.

4. Membersihkan Bagian Sempit

Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian helm yang diarasa sulit dijangkau.

5. Poles Dengan Wax

Jika sudah selesai membersihkan helm dengan air, lap permukaan yang basah dengan kanebo hingga kering. Jika masih ada bagian yang basah,biasanya akan menimbulkan kerak. Setelah kering anda bisa poles dengan wax khusus untuk helm. Wax ini dilakukan agar helm tampak lebih mengkilap seperti kondisi baru.

6. Membersihkan Kaca (Visor)

Proses membersihkannya tidak jauh berbeda dengan bagian yang lain. hanya saja, hindari penggunaan lap mikrofiber karena dapat meninggalkan baret pada kaca helm.

7. Memasang Kembali Bagian-Bagian Helm

Setelah semua telah selesai dibersihkan dan dikeringkan, pasang kembali bagian-bagian helm tersebut ke tempat semula. Pastikan semua terpasang dengan pas dan tetap berhati-hati agar tidak patah atau rusak.

8. Menyemprotkan Pewangi

Shampo bayi digunakan sebagai pembersih. Agar menambahkan wangi segar, semprotkan lah pewangi yang sesuai dengan selera. Anda bisa campurkan pewangi dengan disinfektan agar bakteri dan kuman mati.

Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *