Home News Honda Civic Hatchback Hanya Dijual Tipe RS, Gantikan Dua Varian Sebelumnya

Honda Civic Hatchback Hanya Dijual Tipe RS, Gantikan Dua Varian Sebelumnya

3 min read

Honda membuka lembaran tahun baru 2020 dengan menghadirkan salah satu hatchback andalannya, Civic Hatchback RS. Kehadirannya tersebut menggantikan dua varian sebelumnya dengan alasan karakter Civic lebih ke arah sporty.

Drive and Hype – Kehadiran New Honda Civic Hatchback RS pada Kamis (7/2/2020) semakin memperkuat citra Civic sebagai kendaraan penumpang beraura sporty dan agresif dari jajaran produk kendaraan penumpang Honda. Hal tersebut akhirnya membuat Civic tipe E dan tipe S harus menyingkir dan tidak dipasarkan lagi, guna lebih membuka ruang pada tipe RS yang jauh lebih sporty dan maskulin.

Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, salah satu alasan pihaknya hanya menjual Civic Hatchback RS, tak lepas dari peran dan keinginan konsumen Honda sendiri. “Langkah penggantian Civic Hatchback tipe E dan S menjadi hanya satu model tipe RS, karena sebagian besar konsumen Honda Civic itu seleranya lebih cenderung ke sporty,” papar Billy, sapaan akrabnya.

Latar belakang kuat di segmen hatchback tersebut, membuat Honda memutuskan adanya penguatan aura sporty pada Civic Hatchback yang kemudian berembel RS. Dengan menggantikan model Civic Hatchback sebelumnya, tipe S dan E, PT HPM praktis hanya menyediakan satu varian Civic Hatchback untuk dipasarkan di Tanah Air tanpa ada pilihan tipe lain.

Kendati demikian, HPM tetap percaya diri Civic Hatchback RS mampu mencetak volume penjualan, bahkan ditargetkan naik penjualannya. Sejak kembali dipasarkan di Indonesia pada 2017 hingga akhir 2019, penjualan Civic Hatchback menyentuh angka 5.232 unit. Selama 2019,  total penjualannya mencapai 1.579 unit, dengan pangsa pasar 5 persen di segmennya,” papar Billy.

Ditambahkan Billy, kehadiran Civic Hatchback RS akan memberikan pilihan bagi konsumen yang ingin naik kelas dari sebelumnya menggunakan Honda Jazz RS. “Kehadiran Civic Hatchback memberi pilihan bagi konsumen ‘step up’ dari Honda Jazz yang menginginkan sebuah mobil yang lebih sporty, stylish sekaligus punya brand image sangat ikonik,” imbuh Billy.

Dengan kehadiran versi RS, Honda menargetkan penjualan Civic bisa menyentuh 1.800 unit hingga akhir tahun ini. New Civic Hatchback RS dibanderol Rp 499 juta (OTR) Jakarta. “New Honda Civic Hatchback RS memadukan heritage keluarga Civic yang dipadu karakter varian RS sebagai Global Sporty Icon dari Honda. Kolaborasi tersebut menghasilkan model semakin sporty dan stylish sesuai temanya; Sexiness Intensified,” pungkas Billy.

 

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *