Home Otomotif Carbike Test Honda Forza, Review Lengkap Skutik Premium 250cc Berlimpah Fitur

Honda Forza, Review Lengkap Skutik Premium 250cc Berlimpah Fitur

9 min read

Pada kesempatan ini, drivenhype.com berkesempatan menjajal motor skutik Honda Forza. Skutik besar Honda ini menggendong banyak fitur, dan tentu saja sensasi berkendara yang menyenangkan dari sebuah motor berkapasitas 250 cc.

Drive and Hype – Saat ini motor skutik kelas 250 cc tak akan lagi Yamaha Xmax menjadi rajanya, pasalnya kini Honda telah melansir skutik besarnya dengan kapasitas sama dengan Xmax. Ya, inilah Honda Forza, yang sebelum kehadirannya sudah ramai digembor-gemborkan akan rilis ke Indonesia sebagai pengganti Honda PCX. Namun ternyata, Honda malah menghadirkan Forza di kelas 250 cc untuk bersaing dengan Xmax.

Sejak diperkenalkan pada ajang GIIAS 2018 lalu, motor ini langsung mendapatkan respon yang baik. Dengan kapasitas mesin 250 cc, skutik besar ini merupakan pesaing berat Yamaha Xmax yang sudah lebih dahulu mengaspal di Indonesia.

Baca juga: 
Honda Forza Resmi Mengaspal, dibanderol Rp 70 Jutaan
Akhirnya Honda Forza Punya Harga, Rp 76,5 Juta!

Skutik ini langsung merebut animo calon pelanggannya. Bukti animo tinggi ini ditandai jumlah pemesanan yang mencapai 889 unit hanya dalam 2 bulan. Kendati saat itu baru diumumkan harga kisarannya yang sekitar Rp 70 jutaan. Setelah sekian lama dinanti, akhirnya skutik Honda Forza punya harga. Skutik berdesain mewah yang masuk segmen premium ini dipasarkan seharga Rp 76,5 juta (on the road DKI Jakarta).

Apa yang menjadi kelebihan dari Honda Forza? simak ulasan kami berikut ini.

Memiliki dimensi bodi yang besar khas skutik premium masa kini
Tampilan belakang dengan bagian knalpot yang menggunakan pelindung beraksen krom
Windscreen dapat diatur ketinggiannya secara elektrik, lampu sein tersemat pada cover spion

Honda Forza di Indonesia hadir dengan ekspektasi masyarakat kota yang menginginkan skutik besar yang nyaman, serta ruang bagasi besar. Tak ketinggalan fitur terkini serta spesifikasi dengan performa tinggi di kelasnya.

Honda Forza memiliki fitur yang tidak dimiliki skutik lain dikelasnya yaitu electrical adjustable windscreen. Fitur ini berfungsi sebagai pengatur ketinggian windshield, dengan menekan tombol yang berada pada sisi kiri stang motor.

Model ini juga dilengkapi Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor yang berfungsi mencegah terjadinya ban slip. Bagian odometer menampilkan kombinasi digital panel meter dengan model analog, termasuk volt meter dengan penunjuk angka digital. Odometer cukup informatif dan lengkap dengan aksen abu-abu di kedua sisi odometer.

Odometer yang dikelilingi dengan panel dengan aksen warna abu-abu gelap
Odometer yang cukup jelas, menampilkan semua informasi motor termasuk volt meter

Informasi yang ditunjukan pada digital panelmeter cukup lengkap seperti indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM.

Honda Forza mengandalkan mesin 1-silinder SOHC berpendingin cair dengan teknologi PGM FI, kapasitas mesinnya adalah 250 cc. Mesin Honda Forza sanggup mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 23 hp pada putaran mesin 7.500 rpm.

Akselerasinya cukup mumpuni, putaran mesin menengah hingga atasnya cukup baik. Tingkat kstabilan juga cukup baik, manuver dijalan berbelok cukup sigap. Manuver dalam kota tidak menyulitkan Forza meliuk-liuk dikemacetan lalu lintas kota, bodi besarnya tidak menyulitkan bermanuver. Namun agak sedikit sulit ketika melewati diantara dua mobil, dimensi besarnya sedikit menyulitkan melewati ruangan yang agak sempit.

Mengandalkan mesin 1 silinder SOHC 250 cc berpendingin cair

Untuk ban, menggunakan ukuran yang sama seperti yang digunakan pada Yamaha Xmax. Ban IRC tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang. Sementara itu, pada bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.

Untuk penerangan, skutik besar ini telah menggunakan LED yang tersemat di semua titik pencahayaan mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu yang terdapat pada cover spion. Selain memberikan pencahayaan lebih baik, penggunaan teknologi ini membuat tampilan semakin mewah.

Ruang bagasi yang besar, dapat memuat dua buah helm sekaligus
Honda smart key, merupakan fitur keyless andalan dari motor Honda Forza
Terdapat DC socket untuk men-charge HP anda

Sebagai perlengkapan standarnya, Honda Forza sudah dilengkapi Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Untuk mendukung mobilitas tinggi pengendaranya, Honda Forza juga dilengkapi DC socket pada rak bagian depan. Skutik besar ini telah dilengkapi fitur pendukung passing lamp dan lampu hazard untuk keadaan darurat. Ukuran U-box yang ekstra besar dapat menyimpan 2 helm dan barang bawaan lainnya.

Posisi berkendara Honda Forza untuk ukuran pengendara dengan tinggi 175 cm, terasa cukup nyaman dan terasa santai. Untuk perjalanan jarak jauh, posisi berkendaranya cukup nyaman dan membuat tidak lekas lelah. Sementara bantingan suspensinya cukup empuk.

Honda Forza tersedia dengan tiga warna eksklusif yaitu Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, dan Mat Gunpowder Black Metallic yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 76,5 Juta.

Merek dan Jenis Kendaraan Honda Forza, Skuter Matik Property Pribadi, no name Harga Rp 76.500.000,- (on the road Jakarta)

Tipe Mesin Pendinginan Cairan, 4 Langkah, single cylinder
Volume Langkah 249,01 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter X Langkah 68 x 68,567 mm
Tipe Tranmisi Otomatis
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Daya Maksimum 23 hp / 7500 rpm
Torsi Maksimum 24 Nm / 6250 rpm

Kelengkapan Keamanan dan Kenyamanan: Electrical adjustable windscreen, Honda Selectable Torque Control (HSTC), Honda Smart Key System, Answer Back System, DC Socket, Rem ABS 2 channel, passing lamp, hazard lamp, LED lamp (depan, belakang).

Jalur Pengujian Bogor Raya – Villa Duta – Bogor Baru Jarak Pengujian 25 km Jenis Bahan Bakar Bensin, Oktan 92

Load More Related Articles
Load More By Benny Suryakusumah
Load More In Carbike Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *