Home Otomotif Motorsport Honda Putuskan Tunda One Make Race Jazz dan Brio Hingga Tahun Depan

Honda Putuskan Tunda One Make Race Jazz dan Brio Hingga Tahun Depan

5 min read

Dengan adanya keputusan IMI menunda agenda balap nasional ITCR 2020 karena pandemi Covid-19, serta pertimbangan protokol ketat kesehatan, akhirnya Honda memutuskan meniadakan ajang balap one make race Honda Jazz dan Brio, serta ajang slalom Brio Saturday Night tahun ini. 

Drive and Hype – PT Honda Prospect Motor yang tiap tahun selalu menggelar ajang one make race Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge (HBSC), serta kompetisi slalom Brio Saturday Night Challenge (BSNC) akhirnya memutuskan untuk menunda semua kegiatan balap tersebut di tahun ini.

Keputusan tersebut terkait pembatasan aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19 di Indonesia tahun ini, sehingga Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk olahraga bermotor di Indonesia memutuskan meniadakan kejuaraan balap nasional ITCR di musim 2020. Sebagai tim yang berlaga di kejuaraan nasional ITCR, Honda Racing Indonesia akhirnya juga memutuskan untuk tidak turun di ajang balap musim ini.

Dalam konferensi pers virtual yang digelar HPM via aplikasi Zoom pada Rabu (29/7/2020) hari ini, Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Keputusan meniadakan ajang balap HJSC, HBSC, dan BSNC sudah melalui pembahasan panjang di internal kami. Memang lebih baik ditunda karena memperhitungkan dan sejalan arahan pemerintah untuk tidak menggelar aktivitas yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar.”

Menurut Billy, untuk selanjutnya pihaknya akan fokus untuk mengembangkan semua balap Honda tersebut sebagai persiapan masuk musim balap 2021. “Tak hanya itu saja, sambil mengisi kekosongan ajang balap, kami optimalkan aktivitas online digital sebagai obat kerinduan bagi penyuka motorsport. Seperti Honda Racing Simulator Championship (HRSC) yang sudah memasuki seri-2 kemarin. HRSC ini juga dibagi 2 kelompok, yakni untuk profesional dan pemula,” tutur Billy.

 

Terkait dengan stopnya kegiatan balap, bukan berarti tim balap Honda Racing Indonesia (HRI) jadi ikutan mandeg tanpa aktivitas. Bagi HRI yang disponsori penuh oleh HPM tersebut, masa pandemi dan stop balapan ini membuat pihaknya lebih leluasa dalam pengembangan mobil balapnya untuk menghadapi musim balap 2021.

“Kendati ‘libur’ balapan, namun kami tetap aktif mengembangkan mobil balap agar siap menghadapi perubahan teknis dan persaingan ketat. Langkah kami lakukan seperti setting suspensi, mesin, hingga menjaga stamina pembalapnya. Kami juga menyusun program simultan melatih insting balap dan performa kendaraan dengan menggelar time attack di antara kami di Sirkuit Sentul. Tentunya dengan memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan,” urai Alvin Bahar, pembalap utama yang juga merangkap Race Director HRI.

Sekadar informasi, selain menggelar OMR HJSC – HBSC dan kompetisi slalom BSNC dari tahun ke tahun, Honda juga secara konsisten berpartisipasi di berbagai ajang balap nasional di Indonesia. Melalui tim Honda Racing Indonesia, Honda terjun di kejuaraan nasional Indonesia Touring Car Race (ITCR), dan merebut gelar juara nasional melalui pembalap Alvin Bahar di musim balap 2019 lalu.

Mengenai agenda balap di tahun 2020, “Meskipun tidak berlaga di sirkuit pada musim 2020 ini, kami akan tetap fokus untuk mempersiapkan tim Honda Racing Indonesia dan merancang aktivitas balap yang semakin seru dan menantang di musim mendatang. Kami juga akan terus memantau kondisi terkini untuk dapat memfasilitasi para pembalap Honda untuk dapat berlatih dan mempersiapkan diri menjelang musim balap tahun depan,” pungkas Billy.

 

 

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Motorsport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *