Home Gadget Huawei P40 Pro Resmi Meluncur, Dibekali Kamera Leica Canggih dan Fitur Terlengkap

Huawei P40 Pro Resmi Meluncur, Dibekali Kamera Leica Canggih dan Fitur Terlengkap

12 min read

Huawei P40 Pro didukung sistem kamera canggih Ultra Vision Leica, prosesor Kirin 990 yang responsif dan hemat, jaringan 5G pertama di dunia, dan teknologi super fast charging lebih cepat dari versi sebelumnya. Disemati Huawei Mobile Service yang menjamin keberadaan berbagai aplikasi kebutuhan pelanggannya.

Drive and Hype – Melalui serangkaian peluncuran secara virtual melalui akun Youtube Huawei Indonesia, Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia hari ini (Jumat, 10/4/2020) resmi menghadirkan Huawei P40 Pro di Indonesia. Peluncuran secara digital ini merupakan respon Huawei Indonesia dalam mendukung himbauan Pemerintah untuk melakukan standar ‘Physical Distancing’ dan ‘Stay at Home’ guna memutus rantai penyebaran pandemi virus Covid-19 di Tanah Air.

Dalam peluncuran yang dilaksanakan virtual melalui live-streaming di akun Youtube Huawei Indonesia, Deputy Country Director Huawei Consumer Business Groups (CBG) Indonesia Lo Khing Seng menyatakan, Huawei Seri P40 telah diluncurkan secara global pada 26 Maret 2020. “Melanjuti peluncuran global resminya, hari ini kami hadirkan salah satu produk unggulan Huawei P40 Pro. Peluncuran Huawei P40 Pro kami lakukan secara online sehingga teman-teman bisa tetap tinggal di rumah sambil mendapatkan update terbaru dari kami,” bilang Khing Seng. 

Huawei P Series terbaru yang dibawa ke Indonesia ini selanjutnya menjadi handset flagship dari Huawei yang hadir tanpa dukungan Google Mobile Service (GMS). Sama dengan 2 saudara kandungnya, Huawei P40 Pro mengusung Huawei Mobile Service (HMS) yang terus diperbarui dan ditingkatkan untuk memberi layanan terbaik bagi penggunanya. HMS tersedia di 170 lebih negara dengan 400 juta pengguna aktif bulanan, pengembang, dan mitra penggunanya. Di AppGallery, penggunanya akan dapat menikmati berbagai aplikasi terbaik.

Ki-ka: Deputy Country Director Huawei Consumer Business Groups (CBG) Indonesia Lo Khing Seng dan Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia

“Huawei P40 Pro hadir dengan desain ikonik dan juga dilengkapi dengan teknologi hardware fotografi terbaru, prosesor Kirin 990, jaringan 5G pertama di dunia, dan juga teknologi super fast charging lebih cepat dari versi sebelumnya,” jelas Khing Seng. Huawei P40 Pro di Indonesia hadir dengan dua varian warna Deep Sea Blue dan Silver Frost. Bobot P40 Pro cukup ringan, 209 gram dengan dimensi lebih besar dari P40 yakni 158,2mm x 71,6mm x 8,95mm.

Huawei P40 Pro mengandalkan sistem operasi EMUI 10.1 yang bekerja berdasarkan Android 10. Sebagai kamera yang memiliki keunggulan pada sistem kamera canggih, Huawei P40 Pro dilengkapi memori 8 GB RAM dengan kapasitas 256 GB ROM. Huawei mengusung prosesor Kirin 990 5G, CPU Delapan inti 2 x Cortex-A76 Berbasis 2,86 GHz + 2 x Cortex-A76 Berbasis 2,36 GHz + 4 x Cortex-A55 1,95 GHz, GPU Mali-G76, dan NPU Dual Big Core + Tiny Core NPU (Neural-network Processing Unit).

Ditambahkan Lo Khing Sen, perangkat ini juga memiliki keunggulan pada aspek fotografi super definisi sepanjang hari, desain visioner, kinerja kuat, tampilan teknologi Artificial Inteligence (AI) yang mulus, menghadirkan pengalaman terbaik bagi penggunanya. “Kehadiran Huawei P40 Pro tentunya membawa pengguna pada era baru fotografi yang visioner,” imbuh Khing Seng.

Huawei P40 Pro warna Silver Frost, foto: dok. Huawei

Sebagai sebuah ponsel cerdas flagship, Huawei P40 Pro mengusung banyak sensor pendukung fitur canggihnya. Seperti sensor gerakan, sensor gravitasi, sensor inframerah, sensor sidik jari, sensor hall, giroskop, kompas, sensor cahaya sekitar, sensor jarak, sensor suhu warna. Terdapat pula fitur Near Field Communication (NFC) yang mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless), membaca saldo atau mengisi ulang kartu uang elektronik, serta pemindahan data dari kamera digital ke smartphone dan sebaliknya. 

Di tampilan depan, smartphone Huawei P40 Pro ini sudah mengadopsi teknologi Quad Curve Display. Teknologi tersebut membuat layar tipe OLED berukuran 6.58 inci milik P40 Pro dengan resolusi 26040 x 1200 piksel dan refresh rate 90Hz ini, memiliki lengkungan di empat sisi. Yakni sisi atas, bawah, kanan dan kiri. Huawei P40 Pro juga lulus uji sertifikasi tahan percikan, air, dan debu dalam situasi tertentu yang memenuhi persyaratan klasifikasi IP68 sebagaimana dijelaskan standar internasional IEC 60529).

Untuk mempertegas performanya selain kamera Leica-nya, Huawei P40 Pro dipersenjatai chipset produk Huawei, Kirin 990 dengan jaringan 5G. Kirin 990 diklaim Huawei sebagai prosesor berkemampuan tinggi namun hemat tenaga baterai. Selain itu, P40 Pro masih diperkuat lagi tambahan unit chip NPU untuk kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI), dan baterai tahan lama berkekuatan 4.200mAh.

Huawei P40 Pro, foto: Dok Huawei

“Kirin 990 memiliki power efisiensi tiga kali lebih baik dibanding Snapdragon 865. Cepat dalam prosesing namun hemat tenaga baterai,” jelas Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia. Selain itu menurut Edy, perangkat Wi-Fi 6 Plus P40 Pro yang juga ditenagai Kirin Chip, mampu mentransfer data hingga 2400 Mbps, lebih tinggi dari produk sebelumnya P30 Series yang 1733 Mbps, serta kompetitor sekelasnya, Samsung Galaxy S20 Ultra dan iPhone 11 Pro Max yang hanya 1200 Mbps.

Untuk perangkat kamera, Huawei tetap menunjukkan dominasinya dengan didukung perangkat kamera Leica. Huawei P40 Pro dibekali empat kamera belakang Ultra Vision Leica dengan konfigurasi lensa utama 50MP RYYB sudut lebar (23mm – f/1,9) dengan OIS, lensa 40MP Super Sensing Ultra Wide (18mm – f /1.8), 12MP Super Sensing Telephoto RYYB (125mm – f/3.4) dengan OIS dan 5x Optik Telefoto.

Tak lupa, dilengkapi 3D Depth Sensing Camera yang didukung Huawei AI Image Stabilization (AIS). Sedangkan untuk kamera selfie di posisi depan, Huawei P40 Pro dibekali kamera 32MP yang didukung kemampuan autofocus Dept Camera. Asiknya, kamera depan P40 Pro memungkinkan si pengguna bisa mengambil video selfie mode 4K.

Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia, saat memberikan penjelasan teknis dan keunggulan Huawei P40 Pro di kanal Youtube Huawei Indonesia

Selanjutnya dijelaskan Edy dalam presentasi virtualnya di Youtube Huawei Indonesia, Huawei P40 Pro mengusung Ultra Vision Sensor berupa sensor CMOS terbesar dari Huawei. Berukuran 1 / 1,28 inci secara diagonal, sensor ini mendukung penggabungan piksel untuk mencapai ukuran piksel 2,44μm dan dibekali fitur ‘octa face detection’ untuk autofokus PD dengan octa piksel penuh untuk fokus pada kecepatan tinggi setiap saat. 

Selain itu terdapat teknologi XD Fusion Image Engine untuk kontras warna jauh lebih nyata, yang mengintegrasikan dan memproses data dari beberapa kamera untuk menghasilkan peningkatan komprehensif dalam kualitas gambar. Sementara fitur ‘Photography AI Golden Snap’ berguna untuk menangkap momen terbaik, yang mencakup AI Best Moment, yakni fitur fotografi pintar terbaru yang memilih bingkai terbaik dari rangkaian gambar bergerak.

Kemampuan wireless super charge Huawei P40 Pro yang 82-330% lebih cepat dari kompetitor sekelasnya

Bagi konsumen yang senang dengan foto panning (obyek foto berjalan), Huawei P40 Pro dilengkapi AI Remove Detection untuk memudahkan penghapusan obyek latar belakang yang tidak diinginkan, Huawei P40 Pro juga dilengkapi AI Remove Passerby dan AI Remove Reflection yang mampu menghilangkan subyek foto yang tidak diinginkan dan kesilauan dari frame, memungkinkan pengguna untuk mudah meningkatkan kualitas gambar mereka.

Konsumen Indonesia dapat melakukan pre-order Huawei P40 Pro dengan harga Rp14.499.000 mulai dari 11 April hingga 17 April 2020. Beberapa channel untuk pre-order melalui Huawei High-end Experience Store (HES), BliBli, Lazada, Shopee, JD.ID, Tokopedia, dan toko resmi Erafone. Untuk warna Deep Sea Blue, tersedia mulai 11 April, sementara warna Silver Frost, tersedia mulai 18 April 2020.

Foto: dok. Consumer Huawei

Dengan pre-order, konsumen bakal mendapat hadiah total hingga IDR 5.000.000, dan cashback IDR 1.000.000. Ada juga cashback hingga Rp 1.000.000, angsuran 0% hingga 24 bulan dari beberapa bank dengan sistem pembayaran digital, yaitu BCA, BRI, Mandiri, Maybank, digibank-DBS, CIMB Niaga, Bukopin, UOB, Citi, BNI, Kredivo, Akulaku. HSBC, serta OCBC NISP.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *