Home Gadget Huawei P40 Series, Ponsel Kasta Tertinggi Tanpa Aplikasi Google

Huawei P40 Series, Ponsel Kasta Tertinggi Tanpa Aplikasi Google

6 min read

Ponsel flagship Huawei P40 terbaru ini dilengkapi performa tinggi kamera Leica yang terkenal ketajaman hasilnya. Kendati tidak dilengkapi aplikasi Google karena persoalan blok perdagangan dengan Amerika, pengguna Huawei P40 tak perlu kawatir. Pasalnya, Huawei menyiapkan berbagai ‘third party apps’ yang nantinya bisa mengoperasikan berbagai aplikasi berbasis google tersebut. 

Drive and Hype – Kwartal pertama tahun ini, di tengah mewabahnya Covid-19 di hampir seluruh belahan dunia, Huawei menghadirkan ponsel cerdas terbarunya dari generasi Huawei P40 Series. Ponsel andalan utama pertama Huawei di tahun ini menyodorkan peningkatan performa kamera depan dan belakang dari Leica. Menurut Huawei, lensa terbaru Leica ini bakal menghadirkan foto dan video lebih tajam, kaya warna, dan memiliki kualitas mirip lensa kamera SLR.

Sebagai model flagship dan sebagai penyempurnaan seri P30, Huawei P40 Series memiliki tiga model yakni P40, P40 Pro, dan P40 Pro Plus. Ketiganya mengusung prosesor super cepat Kirin 990 yang dipakai Huawei untuk seri top-end dan sudah berkonektivitas 5G. Ketiga model P40 ini memiliki bentuk hampir sama dengan mengedepankan estetika desain yang sama pula.

Dari ketiganya, model P40 standar merupakan terkecil dari ketiganya. Layarnya tipe OLED berukuran 6,1 inci, 1,080 x 2,340 piksel. Pilihan RAM adalah 6 GB atau 8 GB, dengan 128 GB atau 256 GB penyimpanan internal. Dari sisi kamera, Anda mendapatkan unit triple-lens 50MP-wide + 8-MP telefoto + 16-MP unit ultrawide di bagian belakang dengan 3x optical zoom. 

Bila Anda ingin lebih meningkatkan cita rasa dalam berponsel, pilihannya bisa dijatuhkan pada seri P40 Pro dengan layar OLED 6,58 inci, 1.200 x 2.640 piksel, RAM 8 GB, dan penyimpanan internal 128 GB, 256 GB, atau 512 GB. Kamera belakang mendapat peningkatan berupa lensa quad-lens 50-wide + 12-MP telefoto + 40-MP ultrawide + sensor kedalaman 3D. Lensa ini juga berkemampuan hingga 5x optical zoom.

Sedangkan seri ketiga yakni P40 Pro Plus menjaga tampilan sama dengan P40 Pro, memiliki konfigurasi memori dan penyimpanan sama, kecuali untuk opsi penyimpanan internal 128 GB. Kamera utama P40 Pro Plus menjadi yang terbaik dari seri ini dengan mengandalkan lima lensa: lebar 50-MP + 8-MP telefoto + 8-MP telefoto + 40-MP ultrawide + sensor kedalaman 3D. P40 Pro Plus punya kemampuan hingga 10x optical zoom.

Huawei selalu mendorong peningkatan kamera dari tahun ke tahun. Untuk seri P40 ini, Huawei menanamkan sensor versi terbaru yang meningkatkan kemampuannya pada pencahayaan rendah dan akurasi tinggi pada warna. Mengacu pada beberapa produk sebelumnya, ponsel Huawei memiliki rekam jejak memuaskan pada soal hasil bidikan di berbagai kondisi yang mengesankan.

Sayangnya, dengan berbagai fitur memuaskan tersebut, kali ini Huawei masih mengalami blok perdagangan oleh Amerika Serikat. Sehingga berdampak tidak disematkannya perangkat lunak Google, dan berefek pada ketiadaan aplikasi lain yang berplatform pada Google.

Jadi, jika Anda membeli salah satu ponsel ini, maka Anda harus siap ‘hidup’ tanpa Gmail, Google Maps, YouTube, Google Calendar, Youtube, Google Photos, Google Voice, Google Hangouts, Android Auto dan sebagainya. Namun, pengguna Huawei tak perlu kawatir, lantaran pihak Huawei sudah menjalin kerjasama dengan banyak pihak ‘third-party apps’ yang nantinya akan menyiapkan berbagai aplikasi untuk menjalankan fungsi aplikasi google tersebut.

Dari segi desain, ketiga ponsel semuanya memiliki apa disebut Huawei sebagai “tampilan overflow quad-curve”, atau ​​ponsel yang membulat di keempat sisi. Menurut Huawei, desain tersebut tercipta dari inspirasi: “bentuk yang mengingatkan lekukan air saat meluap dari tepi cangkir yang diisi penuh.” Secara efek pemasaran, desain modern ini memang terlihat lebih menarik.

Huawei P40 Series tersaji dalam pilihan 5 warna yakni putih, biru, hitam, emas, dan perak. Khusus model P40 standar, tidak dilengkapi fitur pengisian daya nirkabel, kendati dua model lainnya memilikinya. P40 juga memiliki peringkat IP53 yang lebih rendah perlindungannya terhadap debu dan air. Sedangkan P40 Pro dan P40 Pro Plus memiliki IP68 maksimum yang lebih tahan air dan debu.

Ketiga ponsel ini mulai dijual di Asia dan Eropa pada awalnya dengan variasi harga sekitar USD 880 untuk P40, sekitar USD 1.100 untuk P40 Pro, dan USD 1.540 untuk P40 Pro Plus. Berminat?

Foto: Huawei

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *