Home Gadget Indonesia, Pasar Penting Bagi Produk Panasonic

Indonesia, Pasar Penting Bagi Produk Panasonic

5 min read

Indonesia menjadi pasar yang penting bagi Panasonic. Karenanya, Panasonic punya cara jitu agar bisnisnya tetap tumbuh di sini.

Drive and Hype – Banyak hal disampaikan PT Panasonic Gobel Indonesia saat mengadakan Panasonic National Dealers Gathering 2018 di Jakarta Convention Center Rabu (11/4).  Pada tahun fiskal 2018, Panasonic hadir dengan format manajemen baru untuk memperkuat kehadirannya di pasar Asia, khususnya di Indonesia.

Melihat pesatnya pertumbuhan industri elektronik di Indonesia saat ini, Panasonic akan meningkatkan basis manajemen, membangun pertumbuhan baru di tahun fiskal 2019, serta menargetkan mencapai turnover ganda terhadap tahun fiskal 2017. Target ini akan dicapai melalui berbagai urutan pemasaran di bawah strategi bisnis baru.

”Pada tahun fiskal baru 2018, Panasonic akan membuat perubahan pada produk baru, strategi penyaluran, penetapan harga, meningkatkan pelatihan untuk layanan produk atau pengembangan toko, memperkuat kolaborasi antara perusahaan penjualan dan manufaktur, serta pengembangan sumber daya manusia,” kata Seigo Saifu, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia.

Direktur Penjualan PT. Panasonic Gobel, Achmad Razaki menekankan, sekarang bagaimana caranya agar orang mau membeli produk elektronik saat ini. “Kami yakin dan optimis dengan kualitas produk Panasonic yang bagus dan sarat inovasi, sehingga menjadi dasar bagi konsumen untuk memilih kami”

Direktur Penjualan PT. Panasonic Gobel Indonesia, Achmad Razaki menambahkan, kalau pihaknya kini menargetkan pertumbuhan penjualan 8-10 persen di 2018 di atas target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4% . “Cukup ambisius mengingat penjualan Panasonic pada 2017 sempat stagnan,” bilang Achmad Razaki usai konferensi pers berlangsung.

Ia mengakui, kondisi perekonomian nasional membuat pasar industri elektronik sempat mengalami kelesuan tahun lalu. Terjadi penurunan penjualan produk elektronik sebesar 13 persen secara nasional sepanjang 2017. Namun Razaki menyatakan, Panasonic berhasil menjaga kinerja penjualan sehingga tidak mengalami penurunan.

Pada 2018, Panasonic memprediksi industri elektronik di Tanah Air akan kembali bergairah karena didorong proyeksi pertumbuhan ekonomi semakin membaik. “Dengan produk, kualitas, serta inovasi yang terus dilakukan Panasonic, ditambah proyeksi makro ekonomi, sejalan dengan pertumbuhan tersebut,” yakin Razaki.

Menurut Razaki, ada beberapa hal lain yang diharapkan menjadi momentum bangkitnya Panasonic. Salah satunya, penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia yang bisa menjadi faktor pemicu pertumbuhan industri elektronik di Tanah Air. Apalagi, Panasonic memasok teknologi surya panel, penyejuk udara, serta lampu LED untuk Stadion Gelora Bung Karno serta Stadion Jakabaring Palembang, sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games 2018.

Selain itu, maraknya pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) di Indonesia, diprediksi Razaki bakal mendorong penjualan produk elektronik. Perbaikan daya beli dan pilkada serentak diyakini dapat meningkatkan uang beredar di masyarakat.”Saat Pilkada, uang beredar akan banyak. Itu jadi menjadi stimulasi penjualan, termasuk ke produk elektronik,” harapnya.

Yang paling penting sekarang, tambah Razaki lagi, “Bagaimana caranya menumbuhkan daya beli agar masyarakat tertarik memilik peralatan elektronik saat ini. Kalau menyangkut kualitas sebagai daya tarik, kami optimis produk kami bagus dan sarat inovasi.  Hal ini pula yang kami andalkan sebagai dasar bagi konsumen untuk memilih kami,” ujarnya.

OctoVB, Foto: OctoVB

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *