Home Tips & Trick Ingin Ban Kendaraan Panjang Umur? Begini 5 Tips Merawatnya

Ingin Ban Kendaraan Panjang Umur? Begini 5 Tips Merawatnya

2 min read

Jangka umur pemakaian ban kendaraan tergantung pada kebiasaan penggunaan dan perawatan yang kita lakukan.

DrivenHype – Ban menjadi elemen penting dalam kendaraan karena ban lah yang bersentuhan langsung dengan badan jalan. Sehingga, sangat perlu bagi kita untuk menjaga dan merawat ban kedaraan agar bisa digunakan dalam waktu yang lama, karena biaya pergantian ban yang tidak murah.

image source: free image from www.publicdomainpictures.net

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat ban kendaraan agar panjang umur dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Berkut adalah 5 tips yang bisa diterapkan:

  1. Selalu jaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan standar yang tercantum pada ban. Jika tekanan pada ban berlebihan, hal tersebut akan mengganggu kenyamanan berkendara dan bisa menyebabkan ban meletus.
  2. Jangan malas untuk membersihkan ban jika dirasa sudah kotor. Karena hal tersebut dapat menambah daya cengkram ban ke permukaan jalan.
  3. Pakailah cairan yang aman dan memenuhi syarat untuk mengkilapkan ban. Jangan gunakan sembarang sabun atau shampoo karena bisa-bisa justr merusak ban kendaraan Anda.
  4. Hindari ban kendaraan bersentuhan dengan minyak. Cairan minyak dapat merusak struktur karet yang mudah mengembang dan memicu kerobekan pada ban.
  5. Jangan sembarang menambal ban di tukang ban yang tidak profesional. Bukannya ban Anda sehat, bisa jadi semakin memburuk kondisinya karena tukang ban tersebut tidak mengetahui secara pasti benar atau tidaknya prosedur yang ia lakukan.
Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *