Home Hobby Ini Dia, Dokter Spesialis Perbaikan Jok Kulit Mobil Klasik

Ini Dia, Dokter Spesialis Perbaikan Jok Kulit Mobil Klasik

6 min read

Berawal dari otodidak, Benny kini dikenal sebagai ‘dokter’ penyembuh penyakit kulit pelapis jok, setir, trimmer pintu, dashboard, dan segala komponen kelengkapan panel interior.  

Drive and Hype – Problem mobil klasik tidak jauh dari lapisan kulit pada jok, trimming pintu, dashboard dan bagian lainnya yang sudah getas dan kering. Ujung-ujungnya menjadi robek, terkelupas atau warna yang pudar. Bagi pecinta orisinilan, mencari bahan pengganti kadang menjadi menyulitkan. Kalaupun ada, harganya bisa selangit.

Bila Anda berkesempatan menyambangi gelaran 4Boost Limited Car Show Charity di Thamrin City dari Sabtu (21/7) kemarin hingga hari Minggu ini (22/7), Anda akan bisa bertemu dengan ‘dokter’ yang biasa menangani keluhan tersebut di bagian bursa lapak acara ini. Segala pertanyaan dan informasi bakal diladeni oleh Benny Soekarno, ‘sang dokter interior’.

Belajar dari keluhan berbagai rekannya dan fakta yang kerap ditemui di lapangan, Benny yang biasa bergelut di bidang restorasi interior sejak tahun 1983 itu, berpikir keras dan mencari solusi yang memudahkan para pecinta mobil klasik. “Saya cari cara bagaimana mempertahankan bahan kulit orisinal namun terlihat seperti baru. Tidak perlu repot ganti bahan kulit jok atau mencari bahan pengganti yang makan waktu cukup lama,” ucap Benny.

Perhatikan seksama kondisi sebelum (sisi kanan) dan sesudah repainting dan coating (sisi kiri)

Buah pemikiran dan kerja kerasnya, ia sukses meracik bahan cat khusus interior yang mengambil bahan dasar dari air (waterbased). “Cat khusus pelapis kulit ini tidak berbau, tidak licin, tidak mengandung kimia, dan aman bagi kesehatan. Cocok dipakai untuk merestorasi dan merevitalisasi kondisi jok kulit yang sudah usang,” papar Benny yang memiliki workshop bernama deGALLERY BEN’S ini.

Pemilihan cat kulit dengan waterbased, menurutnya lebih ke faktor efisiensi harga, kelenturan bahan nantinya, dan tidak berbahaya bagi kesehatan karena tidak mengandung bahan kimia. “Permukaan bahan kulit interior yang mengandung bahan kimia dan terkena panas atau sinar matahari dalam ruang tertutup seperti kabin mobil, akan menimbulkan reaksi ion kimia yang berbahaya apabila terhirup nafas kita,” papar Benny.

Berbagai perlengkapan interior yang berlapis kulit, semuanya bisa di-repainting dan coating agar mirip baru dan orisinal lagi

Dirinya menjamin, bahan kulit jok yang sudah pudar warnanya, kering, getas, terkelupas, hingga robek bisa dikembalikan seperti aslinya. Bahkan tekstur kulit asli bawaan jok orisinalnya tetap bisa dipertahankan. “Warna, kelenturan atau elastisitas, bisa kembali semula mirip baru. Untuk kulit  yang retak-retak, bisa diisi kembali dengan dempul khusus bahan kulit, lalu kami rapikan sesuai tekstur,” imbuh Benny.

Yang paling efisien dan tidak buang waktu dari proses repainting dan coating bahan jok ini adalah masa perbaikan yang cukup cepat. Pemilik mobil hanya menunggu sekitar 2-3 jam saja tergantung order pekerjaan dan tingkat kesulitan pengerjaan. “Belum lagi kalau jok tersebut sering dibersihkan atau pernah diberi formula pembersih bahan kulit yang lama menempel di kulitnya. Saat reparasi, kondisi bahan kulit harus bebas zat kimia agar bisa cat waterbased kami bisa merekat sempurna dan mengisi celah pori kulit,” beber Benny.

Berawal dari hobi, kini diseriusi ke aspek bisnis yang mengedepankan kreasi

Untuk pengerjaan reparasi atau restorasi jok kulit, ia mematok harga Rp 1 sampai 1,2 juta untuk sepasang jok depan. Sedangkan untuk pengerjaan seluruh jok (depan-belakang) termasuk trimming pintu buat sedan dan MPV dihargai Rp 2,5 juta. Lalu paket komplit perbaikan seluruh jok (retak/pudar/robek), setir, shift-knob, cover shift-knob, dashboard, panel trimming, pilar A-B-C, lis-lis kaca, dan berbagai panel lainnya, Benny memberi harga maksimal Rp 6 juta.

Hingga sekarang deGALLERYBEN’S sudah menerima restorasi dan perbaikan jok kulit untuk otomotif hingga jok pesawat. “Untuk mobil, kami sudah banyak mengerjakan berbagai mobil Eropa, Amerika hingga Jepangan seperti BMW, Mercy, Ford, Porsche, Nissan Serena dan Teana, Toyota Camry, Volvo, Peugeot dan berbagai merek lainnya. Workshop deGALLERYBEN’S bisa disambangi di Jalan Cabe V no.52B, Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, HP. 085883883380, email degallery.auto@gmail.com, dan website: www.degallerybens.onuniverse.com.

octovb, foto: octo

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *