Home News Ini Dia Rute Baru Perluasan Ganjil Genap Jakarta

Ini Dia Rute Baru Perluasan Ganjil Genap Jakarta

3 min read

Dalam rangka membatasi volume kendaraan dan menekan tingkat emisi kendaraan, pemerintah DKI Jakarta kembali menerapkan sistem ganjil genap untuk kendaraan roda empat di 25 ruas jalan yang mulai diuji coba pada 12 Agustus 2019 mendatang.

Drive and Hype – Peraturan mengenai pembatasan volume kendaraan menggunakan sistem ganjil genap kembali diberlakukan di kota Jakarta. Demi membatasi volume kendaraan yang melintas setiap harinya, pemerintah DKI Jakarta kembali menerpkan peraturan tersebut bagi kendaraan roda empat yang melintasi beberapa rute tertentu.Pemberlakuan kembali aturan ganjil genap ini didasari oleh Gubernur Anies Baswedan yang mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Dibandingkan sebelumnya, rute ganjil genap ini mengalami perluasa, semakin banyak ruas jalan yang memberlakukan aturan ganjil genap ini. Dilansir dari liputan6.com, sosialisasi program ganjil genap ini diberlakukan mulai hari ini dan besok, 7-8 Agustus 2019. Uji coba peraturan tersebut baru akan dimulai pada 12 Agustus-6 September 2019. Sedangkan untuk penerapannya akan dimulai pada 9 Agustus 2019. Peraturan ganjil genap ini akan diberlakukan di hari Senin hingga Jumat kecuali hari libur mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Peraturan ini akan diberlakukan untuk 25 ruas jalan dari yang sebelumnya hanya 9 ruas jalan saja.

Berikut merupakan rute baru dari penerapan peraturan ganjil genap yang akan mulai diuji coba pada 12 Agustus 2019 mendatang:

– Jalan Pintu Besar Selatan – Jalan Gajah Mada- Jalan Hayam Wuruk- Jalan Majapahit

– Jalan Sisingamangaraja – Jalan Panglima Polim – Jalan RS Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang)

– Jalan Suryopranoto – Jalan Balikpapan – Jalan Kyai Caringin – Jalan Tomang Raya

– Jalan Pramuka – Jalan Salemba Raya – Jalan Kramat Raya – Jalan Senen Raya- Jalan Gunung Sahari

Sistem ganjil genap juga tetap diberlakukan di ruas jalan, di antaranya yakni:

– Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan MH Thamrin – Jalan Jenderal Sudirman

– Sebagian Jalan Jenderal S Parman, dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai simpang Jalan KS Tubun – Jalan Gatot Subroto – Jalan Jenderal MT Haryono

– Jalan HR Rasuna Said

– Jalan DI Panjaitan – Jalan Jenderal Ahmad Yani (mulai simpang Jalan Perintis Kemerdekaan sampai dengan simpang Jalan Bekasi Timur Raya).

 

Load More Related Articles
Load More By octo budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *