Home News Inilah Profil Dua Kendaraan Listrik Yang di Hibahkan Mitsubishi

Inilah Profil Dua Kendaraan Listrik Yang di Hibahkan Mitsubishi

4 min read

Mitsubishi Outlander PHEV dan Mitsubishi i-MiEV menjadi kendaraan listrik yang diserah terimakan ke pemerintah Indonesia untuk keperluan studi.

Drive and Hype – Dua kendaraan tersebut memiliki sumber tenaga listrik, i-MiEV murni hanya menggunakan sumber listrik sebagai sumber tenaganya yang disimpan pada sebuah baterai. Sedangkan Outlander PHEV menggendong dua mesin sekaligus yaitu listrik dan mesin konvensional.

Dimulai dengan i-MiEV, merupakan sebuah mobil 100% listrik yang tidak menghasilkan polusi, jadi sangat ramah lingkungan. Jangan repot-repot membandingkan motor listrik i-MiEV ke mesin berbahan bakar bensin. i-MiEV cukup halus dan tenang, bahkan saat berakselerasi sekalipun. Mobil ini tidak menghasilkan getaran sama sekali saat berhenti.

i-MiEV memiliki kapasitas penumpang 4 orang, layaknya sebuah kendaraan harian. Dimensinya yang kecil mudah untuk pergerakan di ibukota. Terdiri dari 88 sel baterai lithium-ion berkapasitas tinggi, i-MiEV menawarkan jangkauan jelajah hingga 160 km. Dan ini adalah spesifikasinya:

Panjang 3.475 mm Tinggi 1.610 mm Lebar 1.475 mm
Sumbu Roda 2.550 mm
Jarak Pijak 150 mm
Motor Listrik Y51
Tenaga 66 hp
Torsi 196 Nm
Baterai Lithium-ion 16 kWh
Transmisi Otomatis
Suspensi MacPherson (depan), 3 link de ion (belakang)
Rem ABS, Cakram (depan), tromol (belakang)
Ban 145/65R15 (depan), 175/55R15 (belakang)
Bobot 1.450 kg

Sementara Mitsubishi Outlander PHEV, merupakan wujud kelanjutan dari tradisi teknologi yang terus dicetuskan oleh Mitsubishi Motors, seperti four-wheel drive (4WD) pada tahun 1936, kendaraan bertenaga listrik pada tahun 1966 dan pelopor SUV pada tahun 1982. Outlander PHEV adalah SUV format menengah yang menawarkan kombinasi menarik dari dampak lingkungan rendah, keamanan aktif ‘Super-All Wheel Control’, keandalan yang sangat baik, dan biaya operasional serta perawatan yang rendah.

Outlander PHEV memiliki rancang bangun unik yang mengusung mesin bensin dengan motor listrik depan, dan motor listrik belakang. Kondisi imi memberi manfaat bagi pemiliknya, energi pemakaian menjadi lebih efisien berkat bobot lebih ringan, desain kendaraan pun makin leluasa dan simpel. Proses pengoperasian juga benar-benar mulus. PHEV ini mampu mengakomodir perjalanan lebih jauh dengan konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 seminim mungkin.  Mampu mengakomodir hingga 5 penumpang, dengan ruang bagasi di bagian kabin belakangnya.

Berikut spesifikasi dari Outlander PHEV:

Panjang 4.695 mm Tinggi 1.710 mm Lebar 1.800 mm 
Sumbu Roda 2.670 mm 
Mesin 4-Silinder DOHC MIVEC
Kapasitas 1.998 cc
Tenaga 118 ps
Torsi 186 Nm
Transmisi Otomatis 
Penggerak Roda 4WD
Motor Listrik S61 (depan) Tenaga 82 ps Torsi 137 Nm 
Motor Listrik Y61 (belakang) Tenaga 82 ps Torsi 195 Nm
Baterai Lithium-ion 12 kWh
Suspensi MacPherson (depan), Multi-link trail arm (belakang)
Rem Cakram (depan, belakang)
Ban 225/55R18
Bobot 2.370 kg

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *