Home Otomotif First Impression Inilah Rubahan Komposisi Mesin All New Honda Accord

Inilah Rubahan Komposisi Mesin All New Honda Accord

2 min read

Honda memang telah buktikan performa mesin VTEC yang menjadi teknologi andalannya di produknya.

Drive and Hype – Sedan premium dari Honda yakni All New Accord memang mengalami banyak ubahan dalam desain dan juga target pasarnya yang menyasar ke rentan umur 45 – 55 tahun penggunanya. Ubahan pun mencangkup ke bagian mesin dengan menggunakan 1.5L VTEC Turbo Engine dan dipasangkan dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Mesin baru yang diusung All New Honda Accord ini mampu menghasilkan tenaga hingga 190 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal pads 1.600 – 5.000 rpm. Jelas meningkat dari mesin sebelumnya, dan kunci improvement berkat “4-into-2” pada exhaust manifold yang menyempurnakan aliran gas buang ke mesin turbo.

Dimana 8 exhaust valve dikelompokkan menjadi dua set yang terdiri dari 4 valve, yang masing-masing memiliki exhaust manifold dan exit port terpisah menuju cylinder head. Sistem ini membantu aliran gas buang yang lebih mulus menuju turbocharger untuk operasi yang lebih efisien dan performa putaran rendah yang lebih responsif.

Rantai mesin dengan daya gesek rendah digunakan untuk menghubungkan dual overhead cam dengan keempat katup di setiap silinder. Untuk semakin mengurangi bobot mesin, desain dinding camshaft yang lebih tipis juga digunakan.

Mesin 1.5-liter DOHC 16-valve VTEC TURBO pada All New Honda Accord menggunakan sistem pengaturan katup canggih yang memadukan tenaga besar dengan efisiensi bahan bakar dan emisi yang bersih. Sistem ini mengkombinasikan Variable Timing Control (dual VTC) untuk terus-menerus menyesuaikan Fase Intake dan Exhaust pada Camshaft, dengan Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC) yang menyesuaikan tinggi, waktu dan durasi bukaan katup.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *