Home News Isuzu Indonesia Gaungkan ‘Semangat Kurangi Plastik’, Dimulai dari Lingkungan Sendiri

Isuzu Indonesia Gaungkan ‘Semangat Kurangi Plastik’, Dimulai dari Lingkungan Sendiri

4 min read

IAMI menggalakkan kampanye pengurangan sampah plastik lewat aktivitas sederhana dan dimulai dari lingkungan sendiri dulu. Langkah sederhana namun memberikan dampak signifikan bila dilakukan banyak individu atau perusahaan lainnya secara bersama, simultan, dan berkomitmen penuh.

Drive and Hype – Memanfaatkan momentum HUT ke-63 Astra International, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) turut meramaikan dan berperan aktif dengan menghadirkan kegiatan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Melalui program “Semangat Kurangi Plastik”, Isuzu Indonesia mewujudkan kampanye ramah lingkungan pengurangan limbah plastik tersebut melalui langkah nyata dan sederhana.

Bermula dari fakta banyaknya sampah plastik karena belum bisa dikurangi penggunaannya, Isuzu Indonesia memulainya dengan pendataan pada sampah plastik dan kemasan. Kegiatan ini dimulai Isuzu dengan memulai kampanye di 3 wilayah kerjanya; Isuzu Head Office, Isuzu Pondok Ungu, dan Isuzu karawang plant.

Dengan program “IAMI Kelola & Diet Sampah Plastik dan Kemasan”, melalui poster dan media kreasi lainnya, perusahaan truk komersial di Indonesia ini mengajak seluruh karyawannya berkontribusi pada lingkungannya masing masing dan yang dimulai dari diri sendiri.

Langkah IAMI dimulai dari plastik kemasan atau bungkus makan siang yang disediakan kantor. Awalnya, makanan boks yang berisi nasi, lauk, dan buah dibungkus plastik. Untuk mengurangi sampah plastik, makanan boks tersebut, diganti mangkuk plastik. Bila ditimbang, kandungan plastiknya banyak berkurang.

Hal perlu dipahami bersama, sampah plastik termasuk kategori sampah sulit terurai hingga 1.000 tahun. Kendati kehidupan tidak bisa lepas dari plastik, namun setidaknya bisa mengurangi penggunaan plastik itu sendiri. Kendati terkesan sederhana karena hanya beberapa gram, dengan jumlah karyawan IAMI sekitar 800 orang, bila dikalikan sekian gram, hasilnya tentu akan berbeda.

Saat akhir Ramadan, IAMI juga mengubah model pembagian parcel yang dikemas plastik besar, menjadi kardus hasil daur ulang. Kendati sederhana, namun dikalikan jumlah karyawan, hasilnya berdampak signifikan bagi lingkungan. Pengurangan plastik bisa diiringi pergantian material lain sehingga dampak buruk limbah plastik bisa ditekan. Selanjutnya, IAMI akan bekerjasama dengan bank sampah untuk proses selanjutnya yaitu reuse dan recycle.

Gerakan “Semangat Kurangi Plastik” merupakan salah satu program kontribusi sosial berkelanjutan Grup Astra, sekaligus tindak lanjut arahan Presiden Direktur Astra dalam President Letter 2020. Gerakan ini sebagai kontribusi langsung Astra menjadi bagian solusi permasalahan masyarakat serta berpartisipasi menjadi bagian perbaikan lingkungan sekitar.

Hingga tiga bulan dijalankan, kampanye kurangi plastik Astra ini berhasil mengumpulkan 47.013 kg plastik dari 4.930 karyawan dan masyarakat. Sebanyak 42.758 kg sampah plastik yang terkumpul tersebut telah dikelola 45 perusahaan Grup Astra dan tiga yayasan Astra.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *