Home News Jaga Kebugaran Tubuh Usai Lebaran dengan 5 Langkah Ini

Jaga Kebugaran Tubuh Usai Lebaran dengan 5 Langkah Ini

6 min read

Usai berlebaran, kadang merasa bebas melakukan aktivitas yag berujung tidak memperhatikan pola makan, istirahat, dan olah raga. Berikut tips praktis agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Drive and Hype – Momen lebaran sebagai hari spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia, merupakan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa dan menahan hawa nafsu. Berbagai suguhan makanan khas lebaran biasanya mengandung banyak lemak dan santan. Dua jenis makanan ini tentunya kurang bagus bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak dan sering.

Banyaknya makanan dan minuman lezat yang disajikan, kadang membuat ‘kalap’ dan lupa mengontrol pola makan. Lalu, bagaimana mempertahankan kondisi kesehatan yang baik saat puasa Ramadhan dan tetap baik sesudah lebaran?

Hal ini penting menghindari berbagai hal pemicu berbagai penyakit seperti kolesterol, asam urat hingga darah tinggi. Karenanya,  perlu menyusun strategi kesehatan untuk tubuh kita. Berikut simak lima tips menjaga tubuh agar tetap bugar usai merayakan lebaran.

Konsumsi makanan sehat

Saat lebaran, makanan yang disajikan banyak jenis dan beragam kandungan. Tak jarang mengandung lemak tinggi. Hindari makanan berlemak berlebihan. Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta minum air putih banyak. Buah, sayur, dan air membantu menghindari gangguan pencernaan dan penyeimbang hidangan berlemak. 

Minum banyak juga mengantisipasi kelebihan gula dan garam dalam tubuh. Banyak makanan manis meningkatkan gula dalam tubuh. Sedangkan makanan asin membuat seseorang susah berhenti makan sehingga kalori makin banyak masuk. Kalori berlebih otomatis terpendam di tubuh hingga menumpuk. Sehingga metabolisme dan kesehatan tubuh Anda dapat terganggu.

Jangan begadang
Walau kuantitas tidur Anda sudah terpenuhi (sekitar 8 jam per hari), namun sering begadang berdampak pada penurunan kesehatan. Penting biasakan tidur di waktu sama setiap hari, karena keseringan tidur di pagi hari dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan mental dan jasmani seperti risiko diabetes ataupun penyakit jantung, hingga berpengaruh turunnya mood. 

Kembali berolahraga
Usai lebaran, waktu tepat kembali ke rutinitas olahraga. Ada persepsi bahwa, usai Lebaran harus lebih aktif dan agresif dalam hal latihan. Namun hal ini bukan cara tepat. Beberapa hari pertama usai Lebaran, Anda harus bersantai di gym. Mulailah berolahraga secara perlahan dan bertahap. Berlatif dengan porsi berat, meningkatkan risiko sakit otot. 

Penuhi asupan air putih
Setelah lebaran berakhir, disarankan perbanyak konsumsi air putih. Ingat, minum air putih 8 gelas setiap harinya atau sekitar 2 liter sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain murah dan mudah didapat, air putih merupakan minuman 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Konsumi air putih membuat Anda mudah kenyang, sehingga menahan hasrat Anda menyantap banyak makanan pasca lebaran. Air putih membantu menghilangkan semua racun tubuh secara alami. 

Meditasi
Selain untuk kesehatan mental, meditasi bermanfaat bagi kesehatan fisik yaitu membantu kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu mengatasi kecanduan, mengontrol nafsu makan, dan menurunkan berat badan.

Meditasi membantu seseorang mengatasi insomnia dan bisa mengurangi persepsi rasa sakit di otak. Hal ini berguna mengelola berbagai gejala penyakit, seperti asma, depresi, irritable bowel syndrome, sakit kepala tegang, tekanan darah tinggi, hingga penyakit kanker. 

5 langkah tips ini dapat diterapkan agar tetap fit setelah lebaran. Di tengah kepungan makanan berlemak yang menggoda, Anda tetap bisa mengontrol diri. Merayakan kemenangan bukan berarti melupakan kesehatan.

 Untuk menunjang rencana sehat Anda usai lebaran, Anda dapat gunakan mobile apps yang membantu Anda menjaga kondisi badan tetap sehat seperti Garda Mobile Medcare. Dalam fitur Daily Activity, pengguna dapat mengatur target seberapa banyak makanan, air putih, kopi, dan teh yang ingin dikonsumsi per satu hari, banyaknya jam tidur dalam satu hari, m\engukur Body Mass Index dengan memasukkan ukuran tinggi dan berat badan untuk mengetahui ideal atau tidaknya tubuh pengguna.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *