Home News Kaca Mobil Pecah Akibat Tindak Kejahatan, Bisa Diganti Asuransi

Kaca Mobil Pecah Akibat Tindak Kejahatan, Bisa Diganti Asuransi

4 min read

Apakah mobil yang diasuransikan tetap mendapat penggantian pihak asuransi jika kaca mobil pecah karena tindak kejahatan? Simak jawabannya di artikel berikut.

Drivenhype – Melansir berita beberapa media mengenai masih maraknya kasus aksi pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil, ternyata masih sering ditemui, baik di daerah maupun wilayah ibu kota. Muncul pertanyaan si pemilik mobil yang sudah diasuransikan, apakah mobil yang diasuransikan tetap mendapat penggantian pihak asuransi jika kaca mobil pecah karena tindak kejahatan?

Pada dasarnya risiko kaca mobil pecah karena tindak kejahatan akan ditanggung pihak asuransi. Jika memang terbukti penyebab pecahnya kaca mobil tersebut karena adanya tindak kejahatan, jika terbukti demikian, maka Anda tidak perlu khawatir karena akan ditanggung pihak asuransi.

Hal ini tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.2 mengenai point perbuatan jahat. Dalam ketentuan polis, perbuatan jahat merupakan tindakan seseorang atau kelompok orang berjumlah kurang dari 12 (dua belas) orang yang dengan sengaja merusak harta benda orang lain karena dendam, dengki, amarah, atau vandalistis.

“Kalau penyebabnya termasuk huru-hara atau terorisme, maka itu di luar ketentuan polis dan tidak diganti asuransi. Jadi, dalam proses penggantian atau klaim itu pihak asuransi tidak serta merta memberi tanggung jawab sebelum mengetahui penyebab. Untuk mendapat perlindungan mobil lebih menyeluruh, pelanggan menambahkan perluasan jaminan sesuai kebutuhan,” jelas Iwan.

Para pelanggan diharapkan mengecek kembali polis yang dipegang, pastikan jenis perlindungan atau perluasan perlindungan yang diambil sesuai kebutuhan. Sebagai proteksi lebih dengan melakukan perluasan jaminan pada asuransi mobil Anda, yaitu jaminan perlindungan tambahan di luar ketentuan yang terdapat pada polis asuransi umum.

Proteksi ini menjamin penggantian risiko kendaraan yang disebabkan beberapa penyebab, antara lain bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, hingga kerusakan akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, sabotase, dan lainnya.

Lalu bagaimana cara klaim kaca mobil yang pecah? Untuk pelanggan asuransi Garda Oto, cara mengklaim sangat mudah. Laporkan kejadiannya melalui contact center Garda Akses di nomor 1500112 yang standby 24 jam. Atau kunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat. Pelaporan kerugian setelah kejadian harus dilakukan selambatnya lima hari kerja setelah kejadian, sesuai tercantum di dalam polis.

Untuk menjamin perlindungan mobil secara menyeluruh, pastikan melakukan perluasan jaminan di Garda Oto. Melalui perluasan jaminan, Anda dapat mengajukan klaim secara mudah dengan cara melapor dan menyertakan bukti dokumen yang dibutuhkan.

Bila sewaktu-waktu mobil Anda mengalami kerusakan akibat peristiwa demikian atau butuh bantuan darurat, segera hubungi call center 24 jam Asuransi Astra di nomor 1500112 untuk mendapatkan penanganan Garda Siaga secara gratis.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *