Home News Kerjasama Dishub DKI dan Waze Dukung Penerapan Kawasan Ganjil Genap

Kerjasama Dishub DKI dan Waze Dukung Penerapan Kawasan Ganjil Genap

3 min read

Demi memudahkan mencari jalan yang terkait kebijakan Ganjil Genap, Dishub DKI telah bekerjasama dengan Waze membuat fitur kebijakan nomor polisi ini.

Drive and Hype – Sejak 18 Oktober 2017 lalu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah bekerja sama dengan Waze, membuat fitur navigasi dengan memasukkan implementasi kebijakan ganjil genap. Kerjasama ini memudahkan para pengendara yang akan memasuki kawasan lalu lintas ganjil genap tersebut. Aplikasi ini sangat membantu pengendara, terlebih dengan makin bertambahnya kawasan kebijakan Ganjil Genap sekarang ini.

Dengan bantuan aplikasi Waze, si pengendara yang tidak memenuhi kriteria memasuki kawasan lalu lintas ganjil genap tersebut akan mendapatkan bantuan dari Waze, yang menunjukkan jalan atau rute alternatif mana yang bisa dilalui sehingga bisa mencapai tujuan.

Untuk mengaktifkan kebijakan ganjil-genap di Waze, tinggal masuk menu ‘Setting’, lalu pilih ‘Navigation’

“Kerjasama ini bermula saat perwakilan Dishub dan Jakarta Smart City mempresentasikan kebijakan pengaturan lalu lintas Ganjil Genap yang diterapkan di ruas Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Presentasi menggunakan olahan data Waze pada acara Waze-CCP Summit Meeting yang bertempat di Google Paris. Dari situ disepakati kerjasama ini,” ungkap Andri Yansyah selaku Kepala Dishub DKI Jakarta.

Usai masuk ‘navigation’, setelah itu klik menu ‘License plate restriction’

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna Waze dapat masuk ke menu “setting” lalu ke menu “navigasi” pilih “licence plate restriction” kemudian memasukkan dua digit terakhir nomor plat kendaraan pengguna. Secara otomatis Waze akan me-rerouting dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi kebijakan Ganjil Genap tersebut.

Setelah itu muncul tampilan kolom untuk mengisi 2 digit angka terakhir plat nomor polisi kendaraan Anda. Lalu klik tanda check-list di pojok kanan atas, dan aplikasi Waze Anda siap digunakan

Menurut sumber Waze, dari seluruh aplikasi Waze di hampir seluruh belahan dunia, hanya Jakarta dan Brazil yang diberikan tambahan fitur pembatasan lalu lintas nomor polisi ganjil genap ini. Atas kerja keras pula dari map editor lokal dan data Dinas Perhubungan Provinsi Dki Jakarta dan Jakarta Smart City, fitur untuk menghindari simpang yang mengalami pembangunan konstruksi dan tidak bersinyal juga sudah dapat diaktifkan. Bahkan Jakarta juga sudah menambahkan lokasi parkir off-street yang tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna jalan seperti parkir off-street IRTI Monas.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *