Home Hobby Kiprah Bimo Kusumo, Voice Over Talent Dibalik Iklan Produk Ternama

Kiprah Bimo Kusumo, Voice Over Talent Dibalik Iklan Produk Ternama

3 min read

Beberapa waktu lalu saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diberlaku penuh, ada sosok Voice Over Talent yang viral di media sosial. Karena suara memikatnya ternyata telah mewarnai belantikan iklan produk ternama selama ini di Indonesia.

Drive and Hype – Siapa yang tidak kenal Bimo Kusumo, seorang voice over talent yang viral karena sudah memperagakan suara flight attendant di masa-masa karantina di rumah. Hal ini tentu saja cukup mengesankan dan  mengobati kerinduan para netizen yang ingin bepergian menggunakan pesawat.

Di sesi bincang santai kami melalui Instagram Live, yaitu BISA AJE episode ke-10, kami berkesempatan berbincang-bincang langsung mengenai teknik voice over yang sudah lama dikuasai oleh pria yang akrab disapa Bimo ini. Bimo pun tidak segan-segan membagikan tips-tips dasar bagi para pembaca Drivenhype yang memiliki passion menjadi voice over talent.

Hal pertama yang harus dimiliki oleh para voice over talent adalah referensi-referensi intonasi dari berbagai profesi yang dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari.

“Misalnya, kita lihat intonasi polisi begini, barista begini, dokter begini kalau berbicara. Dan masih banyak banget. Karena kita tidak pernah tahu kalau masuk ke studio kita akan dapat peran apa. Dikulik aja dulu”, Bimo menjelaskan.

Bimo yakin bahwa sebetulnya semua orang dapat menjadi voice over talent serta tidak harus memiliki suara yang bagus. Menurut Bimo, kesempatan menjadi voice over sangatlah luas karena karakter produk-produk yang diiklankan sangatlah banyak dan bervariasi. Bahkan karakter suara yang cempreng, ngebas, atau cadel juga bisa menjadi voice talent. Hal ini tergantung dengan karakter produk dan skrip yang datang ke voice talent.

“Modal suara untuk voice talent bukan suara yang bagus, tetapi kecepatan kita memahami brief dan menggunakan teknik-teknik VO tersebut dalam sesi recording”, ujar Bimo.

Dengan animo besar dari masyarakat terhadap voice over, Bimo mengajak praktisi voice over yang lain menginisiasi Voice Institute Indonesia.  Di kelas tersebut, para pemula voice over akan belajar voice over secara komprehensif dari para mentor-mentor dan praktisi di dunia voice over. Selain itu, Voice Institute Indonesia juga berafiliasi dengan audio post, sehingga para pemula dapat langsung membuat sampel voice over dari yang sudah ia pelajari sebelumnya.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *