Home News Kisah Perjalanan Tim ‘Toyota 5 Continents Drive’ Susuri Trans Jawa

Kisah Perjalanan Tim ‘Toyota 5 Continents Drive’ Susuri Trans Jawa

8 min read

Perjalanan panjang rombongan Toyota 5 Continents Drive bukan hanya mengetahui kontur jalan di Indonesia, tapi juga berusaha mengetahui bagaimana kemampuan dan karakteristik si pengemudi, termasuk segala kebutuhannya terhadap sebuah mobil. Nantinya, berbagai hasil masukan tersebut menjadi catatan khusus team untuk pengembangan selanjutnya. 

Drive and Hype – Perjalanan 5 Continents Drive merupakan project Genchi Genbutsu berskala global yang memberikan tantangan bagi karyawan Toyota untuk langsung belajar dari jalanan di seluruh dunia sekaligus mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, distributor, dealer, komunitas, dan karyawan sebagai stakeholders Toyota di berbagai belahan dunia. Sehingga menjadi bahan penting untuk dasar racikan membuat “ever-better cars” bersama untuk masa kini dan masa depan.

“Road train people and people make cars” adalah inspirasi utama proyek perjalanan 5 Continents Drive. Bermodalkan semangat Genchi Genbutsu, Toyota percaya bahwa dengan mengemudi langsung di jalan dengan berbagai kondisi, maka kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota dapat berkembang. Sehingga, senantiasa menghadirkan ‘ever-better cars’ yang memenuhi kebutuhan konsumen terhadap mobilitas. 

Kegiatan 5 Continent Drive langsung diawali opening ceremony yang dihadiri seluruh karyawan di kantor pusat Toyota Indonesia di wilayah Sunter, Jakarta Utara, pada Selasa (12/11). Usai seremoni pelepasan, tim 5 Continents Drive beranjak menuju pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya, rombongan disambut karyawan pabrik sekaligus mendapat penjelasan langsung mengenai proses pembuatan beberapa model line-up Toyota di Indonesia yang merajai pasar domestik dan beberapa produk yang bertujuan memenuhi kebutuhan ekspor dan memiliki kualitas standar global sehingga diterima konsumen di berbagai belahan dunia. 

Sebelumnya di hari Senin (11/11), beberapa perwakilan tim 5 Continents Drive memperoleh kesempatan mengunjungi rumah konsumen untuk melihat langsung aktivitas keseharian yang dilakukan konsumen. Pada kesempatan ini, tim mendapat banyak pelajaran penting mengenai kondisi jalan yang dilalui, serta kebutuhan konsumen Indonesia terhadap mobilitas beragam dan unik.

Selain itu, di hari sama tim juga melakukan diskusi dengan pihak dealer Toyota di Jakarta untuk mendapat gambaran kondisi pasar Indonesia serta menerima saran dan masukan yang disampaikan konsumen ke pihak dealer terhadap produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia. 

Esok harinya, Rabu (13/11), dalam perjalanannya ke kota Cirebon tim 5 Continents Drive melanjutkan perjalanan menuju kota Cirebon, sambil melakukan kunjungan ke sebuah diler dari group Toyota global. Tim memanfaatkan kesempatan ini berdiskusi dengan pihak dealer tentang kebutuhan konsumen, memperkuat kolaborasi antar Toyota group, khususnya di Indonesia guna menghadirkan ever-better cars ke konsumen. 

Usai pertemuan dealer, tim 5 Continents Drive bergerak menuju kota Solo hingga Kamis (14/11). Tim merasakan bagaimana jalan tol Trans Jawa sebagai penghubung utama antar kota di Pulau Jawa. Perkembangan infrastruktur jalan tol di Indonesia yang pesat dan menjadi akses penting konsumen di Indonesia, rupanya menarik perhatian engineer Toyota yang tergabung rombongan 5 Continents Drive. 

Setelah beristirahat dan menikmati cita rasa kuliner di kota Solo, tim 5 Continents Drive bergerak melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo, salah satu destinasi pariwisata paling digemari wisatawan lokal dan mancanegara pada Jumat (15/11) pagi, sebelum akhirnya mengakhiri perjalanan di Surabaya pada sore harinya. 

Sambil merasakan kondisi jalan terjal di Bromo, tim 5 Continents Drive menggunakan momen ini berdiskusi dengan komunitas Toyota Fortuner yakni ID42NER yang sering touring ke Gunung Bromo dan sekitarnya. ID42NER menyambut baik kedatangan rombongan 5 Continents Drive dengan perkenalan diri, masukan terkait produk terkini Toyota di Indonesia, berbagi pengalaman selama menggunakan Toyota Fortuner.

Bagi Toyota hal diskusi seperti ini penting, karena komunitas tidak hanya bagian stakeholders, namun juga keluarga besar Toyota. Toyota melalui tim 5 Continents Drive telah merasakan secara langsung tantangan sekaligus keunikan berkemudi di Indonesia mulai dari jalan tol yang padat dan tidak pernah lepas dari kemacetan, tekstur aspal tebal dan beton keras, kontur jalanan naik-turun, hingga jalan raya antar kota yang banyak digunakan konsumen di Indonesia. 

Toyota 5 Continents Drive Indonesia saat berada di lokasi sebuah hotel dekat Bromo

“Semangat Genchi Genbutsu sejatinya diterapkan sejak dulu. Di mana kami selalu menghadirkan mobil sesuai karakter masyarakat dan geografis di Indonesia. Seperti keberhasilan dua produk kami menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Kedua produk ini bukti komitmen kami terus menguatkan semangat Genchi Genbutsu mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobilitas,” tukas Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM). 

Ditambahkan Henry, sebagai perusahaan mobilitas, berbagai pelajaran berharga yang didapat pihaknya dari project 5 Continents Drive Asia 2019–2020 akan dijadikan modal utama untuk pengembangan selanjutnya, termasuk menghadirkan ever-better cars dari Toyota, baik di masa kini maupun di masa depan. 

Tim 5 Continents Drive di Indonesia terdiri dari 27 perwakilan prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) dan 4 perwakilan Toyota Indonesia. Mereka menggunakan 9 produk unggulan yang terbukti sanggup memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen di Indonesia hingga kini yaitu Kijang Innova, Fortuner, Avanza-Xenia, dan Rush. Termasuk 4 produk berteknologi elektrifikasi: C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV. 

Penggunaan 9 produk ini tidak hanya mendukung kelancaran perjalanan project 5 Continents Drive di Indonesia namun juga menjadi bahan pelajaran berharga bagi Toyota. Termasuk produk berteknologi elektrifikasi yang mudah beradaptasi saat menempuh berbagai kondisi jalan dalam perjalanan jauh lebih dari 1.000 km ini.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *