Home News Kolaborasi dengan Ambulance Pintar Indonesia, DFSK Hadirkan Varian Super Cab Ambulance

Kolaborasi dengan Ambulance Pintar Indonesia, DFSK Hadirkan Varian Super Cab Ambulance

6 min read

Ide pembuatan model ambulans ini merupakan respon DFSK Indonesia akan makin meningkatnya kebutuhan ambulans di tengah pandemi virus Corona Covid-19 dan sesudahnya.

Drive and Hype – Bekerja sama dengan karoseri Ambulance Pintar Indonesia (API), PT Sokonindo Automobile atau akrab disebut DFSK Indonesia meluncurkan kendaraan ambulance. Unit DFSK Ambulance ini memanfaatkan basis platform kendaraan komersial, DFSK Super Cab. Ide pembuatan model ambulans ini merupakan respon DFSK Indonesia akan makin meningkatnya kebutuhan ambulans di tengah pandemi virus Corona Covid-19.

Penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia membuat kebutuhan kendaraan ambulans meningkat guna melayani pasien Covid-19 dan berbagai kebutuhan medis lainnya. Melihat perkembangan segmen ini serta semangat DFSK menghadirkan solusi mobilitas masyarakat, DFSK akhirnya mengembangkan ambulans yang berbasis DFSK Super Cab yang terbukti unggul, tangguh, dan efisien.

Kebetulan, setelah melalui riset internal, DFSK memiliki kendaraan niaga tipe Super Cab. “Akhirnya kami kembangkan ambulans berbasis DFSK Super Cab yang modifikasi interiornya mengajak rekanan API yang biasa merakit interior Ambulance,” tutur Denny Perdana, Area Sales Manager DFSK Indonesia dalam kesempatan jumpa pers virtual melalui aplikasi Zoom, Kamis (2/7/2020).

Dibanding model Super Cab, menurut Denny, DFSK Ambulance ini memiliki dimensi lebih panjang, lebih luas, dan lebih besar. Pemekaran dimensi ini guna menyesuaikan perlengkapan mobil ambulance sesuai regulasi, memuat tempat tidur, lemari kecil penyimpanan obat-obatan, hingga tabung oksigen.

“Bila bicara dimensi, Super Cab ini punya keunggulan khas dari dimensi yang luas. Pada kabin depan yang tersekat dengan kabin tengah, masih bisa memuat hingga tiga orang, namun tetap lebih nyaman bagi supir dan penumpang di depan, bila dibanding ambulans lainnya,” imbuh Denny.

Hal senada juga disampaikan Sugiartono, Technical Manager PT Sokonindo Automobile. Ia menjelaskan, sebelum resmi dan yakin memasarkan Super Cab Ambulans ini, DFSK melakukan riset sejak 2018. “Jadi tidak sekadar memodifikasi jadi ambulance saja, namun idenya tersebut sudah tercetus sejak 2018,” ungkapnya.

Menurut Sugiartono, pihaknya membangun bodi DFSK Ambulance karoseri ini mengacu pada ketentuan  dan persyaratan pembuatan kendaraan ambulance yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI. “API kami pilih sebagai mitra karoseri ambulans lantaran terbukti mampu memproduksi sejak dari desain, perakitan hingga pemasangan perlengkapan dan peralatan di kabin sesuai spesifikasi untuk kebutuhan medis yang diinginkan,” jelas Sugiartono.

Dalam produksi mewujudkan model ambulans, DFSK menggandeng karoseri Ambulance Pintar Indonesia (API) dengan spesialisasi pembuatan ambulans sejak 2011. “Dimensi kabin pasien memiliki tinggi 1,55 meter, lebar 1,75 meter, panjang 2,3 meter. Panjang mobil keseluruhan kurang lebih mencapai 3,5 meter,” imbuh Ari Cukmara, Branch Manager Ambulance Pintar Indonesia.

 

Layaknya ambulance, kabin DFSK Ambulans disematkan berbagai fasilitas kebutuhan tenaga medis guna memberi pertolongan pertama ke pasien. DFSK Super Cab Ambulans juga dilengkapi ranjang pasien dengan rel untuk masuk-keluar pasien ke ambulance.

Selain itu, DFSK Super Cab Ambulance juga dilengkapi berbagai perlengkapan dan alat bantu medis seperti lampu periksa, tempat duduk perawat, boks peralatan, gantungan infus model geser, oksigen BSS system, hingga sekat pemisah kabin pengemudi dengan pasien. Bahkan untuk kebutuhan mobilitas pasien Covid-19, DFSK Super Cab Ambulance dilengkapi stretcher isolator yang aman bagi pasien dan tenaga medis yang bertugas.

Untuk mesin, DFSK Super Cab Ambulance ini mengandalkan basis DFSK Super Cab 1.3L Turbodiesel dan mesin bensin 1.5L. Untuk versi mesin diesel turbocharged berdaya maksimum 75 PS dan torsi puncak 190 Nm. Sedangkan versi mesin bensin berdaya maksimum 102 PS dan torsi puncak 140 Nm, cocok untuk medan perkotaan dan sub-urban.

Selanjutnya, DFSK juga menegaskan kalau pihaknya tetap menyediakan garansi untuk setiap pembelian DFSK Super Cab Ambulance. Yakni berupa garansi peralatan di kabin selama satu tahun, dan garansi kendaraan menyeluruh selama 3 tahun atau 120.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dulu).

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *