Home Komunitas Komunitas X-MOC Indonesia Rayakan 3 Tahun Kebersamaannya, Satukan Rasa dalam Sejuta Cerita

Komunitas X-MOC Indonesia Rayakan 3 Tahun Kebersamaannya, Satukan Rasa dalam Sejuta Cerita

7 min read

Kondisi pandemi tidak membuat surut perayaan tiga tahun kebersamaan komunitas penggemar dan pemilik Mitsubishi Xpander yang tergabung dalam Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Indonesia ini. Mereka menggelar live streaming di berbagai akun media sosial X-MOC untuk menyatukan rasa dalam sejuta cerita.

Drivenhype – Situasi yang masih belum memungkinkan untuk berkumpul secara massif akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, membuat komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Indonesia terpaksa memilih merayakan 3 tahun eksistensi kebersamaannya dengan menggelar live streaming secara daring melalui akun media sosial X-MOC di YouTube, Facebook, dan Instagram, pada Sabtu (12/9/2020).

Selain itu, untuk menjalin komunikasi, digelar pula obrolan virtual memanfaatkan aplikasi Zoom meeting sehingga mampu menjangkau seluruh anggota X-MOC hingga pelosok daerah. Obrolan virtual ini sekaligus memenuhi protokol kesehatan untuk menjaga jarak dan tidak berkumpul. Pemanfaatan cloud meeting media ini sekaligus wujud implementasi dari visi dan misi X-MOC Indonesia yakni menjaga kesehatan demi keluarga.

Artis sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Xpander Ringgo Agus Rahman saat live diwawancarai oleh host anggota X-MOC, Ibnu (X-0045)

Acara puncak perayaan secara online dimulai di kanal Youtube X-MOC Indonesia-Official pada Pk. 10.00 WIB yang dipandu host dari anggota yakni Ibnu (X-0045) dan Ovi Zainal (X-0560) serta dihadiri wakil pengurus dan anggota dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia termasuk di antaranya Pebalap Nasional merangkap Youtuber Fitra Eri (X-0018) dan Pereli Nasional sekaligus Youtuber, Rifat Sungkar (X-0023).

Mereka berdua juga didaulat untuk berbagi cerita suka-duka sebagai pengguna Xpander yang disemarakkan berbagai kuis dan talk show bersama Youtuber lainnya, MotoMobi dan Ridwan Hanif, artis Brand Ambassador Xpander Ringgo Agus Rahman dan Budi Santoso (X-0920) yang menjuarai lomba renang selama 9 jam 20 menit melintasi selat Sunda. Hadir pula wakil dari PT MMKSI dan Baznas Indonesia sebagai mitra kegiatan sosial.

Komunitas X-MOC sendiri lahir dan hadir pertama kali pada 10 September 2017. Cerita awalnya dimulai ketika sejumlah pemilik Mitsubishi Xpander menggelar kopi darat di Kafe Bangi Kopitiam SCBD, Jakarta Selatan, pada Minggu (10/9/2017). Uniknya, kopdar pertama kalinya yang dihadiri beberapa calon pemilik Mitsubishi Xpander ini justru digelar saat masing-masing belum menerima unitnya, lantaran Xpander baru sampai di tangan konsumen pada Oktober 2017.

Kendati demikian, tanggal 10 September 2017 akhirnya disepakati sebagai tonggak awal, hari lahir, dan berdirinya komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) yang bertujuan menjadi wadah berbagi informasi mengenai perkembangan Mitsubishi Xpander di Tanah Air. Pertemuan para calon konsumen ini merupakan bagian dari fenomena kehadiran Xpander yang menyita banyak perhatian publik Indonesia.

Komunitas X-MOC SAAT berpose bersama dengan Xpander AP4 Concept di ajang pameran GIIAS 2018

Ya, peluncuran Mitsubishi Xpander di Indonesia yang fenomenal pada Agustus 2017, sempat membuat penasaran para peminatnya untuk bisa berbagi informasi, lantaran proses delivery Xpander dimulai Oktober 2017, hanya terpaut hitungan bulan dari awal masa produksi di Agustus 2017. Masa inden yang mencapai 3-4 bulan, membuat calon pemiliknya saling berkenalan dan bertukar menjalin informasi untuk kepastian datangnya mobil idamannya tersebut.

Hingga masuk usia tiga tahun saat ini, tercatat sudah ada lebih dari 4.300 pemilik Xpander yang bergabung di 30 provinsi di Indonesia. X-MOC juga memiliki 19 Kepengurusan Daerah (Pengda) dan 29 Chapter. Dari semua anggota yang terdaftar tersebut, sebanyak 75% anggota X-MOC memanfaatkan Mitsubishi Xpander-nya sebagai kendaraan andalan keluarganya.

Komunitas X-MOC Indonesia saat merayakan hari jadinya yang kedua tahun lalu

Untuk pertumbuhan anggota organisasi, X-MOC Indonesia termasuk komunitas yang tumbuh pesat. Dalam setiap bulannya, X-MOC mampu merangkul 125 anggota baru. Berbagai kegiatan pun banyak digelar X-MOC, seperti menyelenggarakan Jambore Nasional 2018 di kota Salatiga yang diikuti lebih dari 200 keluarga hingga pelaksanaan “Tour de Happiness 2019” dalam rangka acara “Tons of Real Happinnes” yang melibatkan 300 mobil Mitsubishi Xpander di bilangan Serpong.

Sebagai bukti keseriusan dan profesionalisme, X-MOC Indonesia telah terdaftar sebagai organisasi resmi di Kementerian Hukum dan HAM, yang diperkuat pendaftaran logo X-MOC di Ditjen HAKI sebagai dasar untuk mewujudkan visi dan misi para anggotanya. Adapun visi-misinya yakni menjadi wadah pemilik Mitsubishi Xpander terbesar yang menyatukan dan menyalurkan hobi sport otomotif dan keotomotifan para anggotanya dengan mengutamakan nuansa kekeluargaan, persahabatan dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, serta mendukung kampanye keselamatan berlalu-lintas.

Salah satu wabah ‘virus’ yang digaungkan komunitas X-MOC, tren velg 20 inci yang disematkan ke Mitsubishi Xpander

Guna mempermudah komunikasi dan koordinasi antara pengurus dan anggota di seluruh Indonesia, selain memanfaatkan akun media sosial, aplikasi chatting seperti Whatsapp, X-MOC juga menyediakan fasilitas Hotline X-MOC di nomor HP 082113388911 agar respon atas suatu masalah atau rencana organisasi berjalan lebih mudah.

Load More Related Articles
Load More By Octo VB
Load More In Komunitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *