Home Otomotif Carbike Test Land Rover Discovery Sport, SUV Kompak Premium Penjelajah Segala Medan

Land Rover Discovery Sport, SUV Kompak Premium Penjelajah Segala Medan

11 min read

Memiliki desain yang dinamis dan menyediakan tempat duduk hingga tujuh penumpang. Mobil ini menghadirkan kombinasi kinerja, keselamatan, dan efisiensi yang baik. Menggendong beberapa inovasi yang akan membuat Discovery Sport menawarkan kelebihan yang anda cari.

Drive and Hype – Discovery Sport mulai dijual pada September 2014, dengan pengiriman pertama pada awal 2015. Discovery Sport didasarkan pada platform Land Rover LR-MS, yang disesuaikan untuk aplikasi off-road, dan didukung oleh berbagai mesin bensin dan diesel empat silinder. Discovery Sport tersedia dalam lima dan tujuh tempat duduk.

Land Rover Discovery Sport adalah SUV kompak premium serbaguna yang merupakan anggota pertama dari keluarga kendaraan Discovery baru. Desain yang dinamis dengan footprint yang ringkas menyediakan tempat duduk tujuh penumpang, mobil ini menghadirkan kombinasi kinerja, keselamatan, dan efisiensi yang sangat halus berkat cangkang dari baja berkekuatan tinggi dan aluminium ringan, mesin 2.0 liter 237 hp turbocharged, transmisi otomatis sembilan percepatan, dan penggerak roda empat sebagai perlengkapan standar.

Desain progresif dari Discovery Sport menetapkan sebagai generasi baru SUV premium Land Rover Discovery.
Desain lampu belakang terlihat ramping dan bulat untuk menonjolkan kesan modern

Desain progresif dari Discovery Sport menetapkan sebagai generasi baru SUV premium Land Rover Discovery. Desain dinamis dan emosional membuat Discovery Sport terpisah dari pesaing mewah, namun model baru ini juga menawarkan fleksibilitas yang lebih besar daripada SUV compact premium lainnya. Kemampuan tujuh tempat duduk dan area penyimpanan yang terintegrasi secara elegan membuat Discovery Sport menjadi kendaraan keluarga yang ideal. Dirancang dan direkayasa di Land Rover Development Centre di Inggris, Discovery Sport diproduksi di fasilitas manufaktur di Halewood, Liverpool, di Inggris. dan dijual di lebih dari 170 pasar di seluruh dunia.

Memiliki wheelbase yang panjang, sehingga memberikan ruang kabin yang lega

Dibangun pada wheelbase 2.741 mm untuk kelancaran berkendara dan legroom baris tengah yang cukup lega, desain bagian depan dengan clamshell dan grill dua-bar yang khas dengan mesh heksagonal menghubungkannya dengan identitas Land Rover-nya. Desain lampu depan dengan DRL yang ramping dan melingkar mengingatkan desain yang digunakan pada kendaraan Range Rover. Lampu depan halogen dan DRL menjadi perlengkapan standar. Desain lampu belakang terlihat ramping dan bulat untuk menonjolkan kesan modern dari kendaraan ini.

Desain lampu depan dengan DRL yang ramping dan melingkar mengingatkan desain yang digunakan pada kendaraan Range Rover

Dengan desain datang fungsi juga, terutama yang berkaitan dengan mengurangi kebisingan angin. Kaca depan berlaminasi akustik, bersama dengan detail aerodinamis kendaraan – seperti pilar A berbentuk khusus dan cermin pintu – membantu menciptakan kabin yang sunyi. Di bagian belakang kendaraan, spoiler atas yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi aerodinamis.

Rungan kabin modern dengan dominasi warna hitam dan aksen krom yang menegaskan kesan mewah

Kabin Discovery Sport memanjakan pengemudi dan penumpang dalam kemewahan Land Rover sejati. Sementara memprioritaskan ruang penumpang yang diperluas di semua dimensi, Land Rover Discovery masih mampu memberikan yang tinggi untuk barisan tengah. Penumpang baris kedua lebih tinggi dari penumpang, memberikan nuansa lebih terbuka. Kursi baris kedua yang serbaguna, di samping sandaran split 60/40, termasuk fitur berbaring dan dapat meluncur ke belakang. Bagian belakang kursi depan berkontur untuk memperluas ruang lutut baris kedua.

Penumpang baris kedua lebih tinggi dari penumpang, memberikan nuansa lebih terbuka, dan daya angkut hingga 7 penumpang

Suspensi belakang multi-link yang didesain untuk mengurangi intrusi suspensi belakang di bawah area bagasi, dan sementara pintu bagasi menggunakan motor listrik untuk menutup. Ketika kursi baris ketiga dilipat, volume bagasi menjadi lebih besar. Baik baris kedua dan ketiga dapat dilipat menggunakan satu tangan untuk membuat area beban yang luas. Lantai kompartemen bagasi yang rendah memudahkan untuk memuat dan membongkar barang-barang besar.

Land Rover Discovery Sport memiliki desain yang menempatkan kursi, pilar, dan dasbor untuk memaksimalkan visibilitas ke depan. Desain kabin depan menggunakan garis vertikal yang kuat dari konsol tengah dan elemen horizontal ramping dari panel instrumen untuk menciptakan penampilan yang mencolok dan elegan. Sebuah konsol tengah yang menonjol mengelompokkan semua kontrol secara logis. Kontrol putar yang lembut memudahkan pengoperasian.

Sebuah layar TFT 5-inci diposisikan di bagian tengah dashboard yang menyajikan data kunci seperti tingkat bahan bakar, posisi gigi, suhu AC, dan mode Respons. Terdapat fasilitas paddle shift memungkinkan kontrol manual untuk transmisi otomatis sembilan kecepatan. Jok dibungkus dengan bahan kulit berkualitas yang dijahit jarum ganda di bagian atas panel instrumen dan permukaan pintu, dan spar vertikal pusat konsol tersedia dalam lapisan logam asli. Pencahayaan suasana hati yang dapat dikonfigurasi, dikontrol melalui layar sentuh 8-inci pusat, bertujuan untuk meningkatkan suasana interior.

Layar TFT dengan teknologi touch screen menghadirkan berbagai informasi
Odometer yang mudah dibaca yang menyajikan informasi penting

Untuk sistem atata suara, Discovery Sport menggunakan Meridian Srround Sound system untuk menghadirkan kualitas suara audio premium.

Semua model Land Rover Discovery hadir dengan standar tempat duduk yang dibungkus dengan bahan kulit berkualitas. Terrdapat enam pilihan warna interior yang disediakan oleh Land Rover, yaitu Ebony, Cirrus, Glacier, Ivory, Almond dan Tan.

Mesin 2.0L dengan suntikan turbo mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 237 hp

Land Rover Discovery Sport menggendong mesin bensin 4-silinder turbocharged berkapasitas 1.999 cc, sama dengan Range Rover Evoque. Transmisi otomatis dengan sembilan kecepatan dan Haldex All-Wheel Drive sebagai perlengkapan standar, untuk penanganan di jalan dan kemampuan segala medan. Mesin tersebut sanggup menghasilkan 237 hp pada 5.800 rpm dan 340 lb.-ft. torsi dari 1.750 rpm. Tenaga mesinnya cukup responsif, baik dari putaran bawah hingga atas.

Secara keseluruhan, Land Rover Discovery Sport ini menawarkan performa luar biasa dari SUV penjelajah segala medan, walaupun menggendong mesin 2.0L. Namun dengan adanya suntikan teknologi turbo dan pengembangan mesin Land Rover terstruktur, menghasilkan performa yang tidak kalah dengan SUV bermesin 3.0L. Kemampuan off-road nya juga sudah tidak diragukan lagi, sebagai pewaris DNA mobil dengan kemampuan handal. Rasanya Discovery Sport bisa menjadi pilihan tepat anda untuk yang suka berpetualang namun tetap ditemani dengan kesan premium. Discovery Sport dijual dengan harga Rp 1,499 miliar (off the road).

Merek dan Jenis Kendaraan Land Rover Discovery Sport SE, SUV Property PT Grandauto Dinamika Harga Rp 1.499.000.000,- (off the road)

Spesifikasi: Dimensi (p/l/t) 4.599/2.173/1.724 mm Sumbu Roda 2.741 mm Bobot 2.620 kg Mesin 4-Silinder DOHC Turbocharger Kapasitas 1.999 cc Fuel System Injeksi Transmisi Otomatis, 9-Percepatan Tenaga 237 hp @ 5.800 rpm Torsi 340 Nm @ 1.750 rpm Kecepatan Maksimum 200 kpj Rem ABS, EBD Cakram Kapasitas Tangki 70 liter Roda 235/60 R18 Maksimum Towing 2.000 kg Penggerak Roda AWD

Kelengkapan Keamanan dan Kenyamanan: Terrain Response Setting, Adaptive Dynamic, All Terrain Progress Control (ATPC), Hill Descent Control, Hill Start Assist, Gradient Release Control, Lane Keep Assist, Cruise Control, Blind Spot Monitor, Surround Camera System,Trailer Stability Assist, Meridian Sound System, Panoramic Roof, Autonomous Emergency Breaking, Airbags

Jalur Pengujian Jakarta – Bogor (TOL) – BSD City (TOL) – Serpong – Cisauk – Ciseeng – Parung – Bogor Jarak Pengujian 375,8 km Jenis Bahan Bakar Bensin – Oktan 95

 

Load More Related Articles
Load More By Benny Suryakusumah
Load More In Carbike Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *