Home Hobby Lebih Komplit, Indonesia Diecast Expo 2019 Siap Digelar Akhir Bulan Ini

Lebih Komplit, Indonesia Diecast Expo 2019 Siap Digelar Akhir Bulan Ini

5 min read

Pergelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2019 akan berlangsung lebih lengkap dengan didukung platform perbankan digital yang memudahkan transaksi dan kehadiran sejumlah desainer kustom diecast.

Drive and Hype –Tahun ini gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) akan diselenggarakan keenam kalinya pada 26 – 27 Oktober 2019 mendatang. Istimewanya, ajang IDE 2019 yang akan berlangsung di Hall 3A, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, kini didukung platform perbankan digital dan kehadiran para desainer diecast asal mancanegara.

Harapannya, setelah menghadirkan kesuksesan dan kemeriahan dalam lima kali penyelenggaraan gelaran pameran diecast terbesar di Tanah Air, IDE 2019 yang ke enam ini bakal menjadi ajang pameran diecast paling terkemuka di Indonesia.

Feldani Effendy

Seiring makin besarnya The 6th IDE 2019, pihak penyelenggara memilih tema “Amazing” sebagai penanda IDE akan bertransformasi menjadi sebuah gelaran “Luar Biasa” yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya serta menyasar pangsa pasar lebih luas.

“Tahun keenam penyelenggaraan IDE merupakan salah satu pembuktian bahwa dunia diecast di Indonesia tidak dapat dianggap remeh,” ujar Feldani Effendy, selaku Public Relations IDE 2019.

The 6th IDE 2019 menggunakan luas area hingga 5.000 meter persegi, dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai sponsor utama. Dukungan platform digital Sakuku milik Bank BCA pada ajang IDE 2019 menjadikan pengunjung berkesempatan meraih berbagai promo menarik.

Selain itu, dukungan penuh BCA pada gelaran ini diharapkan menjadikan The 6th IDE 2019 sebagai gelaran diecast terlengkap di Tanah Air dengan berbagai kegiatan menonjolkan aspek kreativitas khas komunitas, tanpa meninggalkan esensi utamanya yakni hiburan, pendidikan, dan kepedulian sosial.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2014, total transaksi terus menunjukkan trend meningkat. Jumlah pengunjung setiap tahunnya juga mengalami kenaikan. Saat awal berjalan pada 2014, meraih 10.742 pengunjung. Terakhir pada 2018, tercatat hingga 13.335 pengunjung.

Tak hanya itu, dalam tiga tahun terakhir ajang IDE juga dihadiri bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada 2016, serta dua diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada 2017, dan Jun Imai pada 2018,” imbuh Feldany.

Gambar miniatur mobil dan pesawat pada logo IDE 2019 kali ini juga sekaligus mengedukasi khalayak luas bahwa diecast tidak terbatas pada miniatur mobil saja, melainkan juga miniatur lainnya seperti pesawat.

Perbedaan lainnya pada IDE 2019, adanya sentuhan warna pink. Menurut Feldani, ikon pink ini bertujuan menargetkan pangsa pasar baru di industri diecast, salah satunya kalangan wanita. “Dari IDE tahun lalu, ternyata kaum wanita juga tertarik dan apresiasi event ini. Karena mereka sering bersentuhan dunia ini baik dari suami, anak, maupun temannya,” tambah Feldany.

Sebelumnya, menyambut acara puncak IDE 2019, telah dilakukan beberapa kegiatan “Road to IDE 2019” sejak awal tahun ini. Kegiatan tersebut berlangsung di beberapa kota seperti; Surabaya, Malang, Makassar, Bali, hingga ke luar negeri yaitu di Malaysia, Singapura dan Thailand.

Tim IDE 2019 juga turut serta pada beberapa gelaran komunitas antara lain, Kustomfest 2019, Mercy Day Bandung 2019, Mini Day Bandung 2019, Indonesia Autovaganza 2019, Jambore Nasional (Jamnas) VW 2019, dan Parjo Movement 2019.

Ajang IDE 2019 juga menjadi ajang kolaborasi beberapa pihak, seperti Indonesia Modification Expo (IMX), Pasar Jongkok Otomotif (Parjo), Jakarta Diecast Project,  Indonesia Diecast Content Creator, The Elite Showcase, Garasi Drift, Jakarta Sneakers Day, dan Dinggo Company.

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak IDE pertama, IDE 2019 kali ini juga mengumpulkan donasi para kolektor, komunitas, dan pengunjung yang hadir. Seluruh unsur pendukung IDE sepakat mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang. Jumlah terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang ditunjuk pihak penyelenggara.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *