Home Otomotif Modifikasi Xpander Xploration : Lebih Optimal Berkat Modifikasi Body Kit

Xpander Xploration : Lebih Optimal Berkat Modifikasi Body Kit

9 min read

Mitsubishi Xpander punya guratan bodi tegas dan sporty. Bagaimana pilihan desain body kit yang sesuai? Xpander garapan W7 Carsmetic ini salah satu contohnya.

Drive and Hype – Dunia LMPV Tanah Air sejak akhir 2017 lalu hingga saat ini masih terhipnotis dengan kharisma yang dipancarkan Mitsubishi Xpander. Mulai dari desain yang futuristis, berbagai kenyamanan yang dihadirkan, fitur unggul di kelasnya, masa inden cukup lama, hingga soal modifikasinya ramai diperbincangkan di dunia maya dan sosial media.

Sesuai hukum pasar, seiring makin bertambahnya populasi Mitsubishi Xpander yang berseliweran di jalanan, maka makin banyak pula bermunculan berbagai aksesori aftermarket-nya, termasuk body kit. Bahkan seperti paham selera orang Indonesia yang gemar mendandani kendaraannya, pihak PT Mitsubishi Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI), selalu Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia, sejak peluncuran pertama kali, langsung menyiapkan paket Aero Kit resmi untuk Xpander.

Sekadar info, MMKSI mengeluarkan paket aksesori untuk Xpander yang berlabel Aero Plus berisi 8 item aksesori yang dihargai Rp6,1 juta. Paket ini mencakup side visor, muffler cutter, front airdam, side airdam, rear airdam, luggage mat, hood emblem, dan door chrome. Semua dibuat dengan standarisasi Mitsubishi . Selain paket Aero Plus ini, ada dua paket lainnya dengan harga lebih hemat yakni paket Basic (side visor dan muffler cutter) dan paket Aero (front-side-rear airdam).

Desain body kit rancangan W7 Carsmetic. Mengedepankan gaya elegan untuk mengimbangi guratan desain body yang tegas

Kalau diamati sekarang, mulai banyak pilihan model body kit Xpander. Tapi kali ini kami mengambil secara random alternatif desain body kit terbaik di pasaran.  Terlebih, sejumlah modifikator kelihatannya juga tidak tinggal diam menghadapi momentum Xpander yang tengah nge-hype di masyarakat Indonesia. Seolah berlomba, mereka pun membuat body kit versi custom dan desainnya masing-masing.

Untuk bahasan body kit Xpander di artikel ini, kami sengaja memilih body kit hasil rancangan dan buatan William Harjanto, dedengkot W7 Carsmetic, salah satu rumah modifikasi spesialis body kit di bilangan Taman Palem, Jakarta Barat. Menurut informasi yang kami dapat, body kit Xpander versi W7 ini merupakan model pertama yang dibuat secara custom oleh pelaku bisnis aftermarket non-APM.

Bersama rekannya yang belum terpasang body kit

Saat berjumpa di area parkiran Kolam Renang Senayan untuk pemotretan, William yang gemar memodifikasi mobil-mobil baru ini, membuat konsep sejalan dengan desain eksterior Xpander. “Inspirasi saya buat body kit-nya lantaran model Xpander itu futuristis. Saya pilih konsep body kit-nya lebih ke arah elegan,” katanya. Pasalnya, apabila didesain ke arah sporty, tampilan Xpander bisa terlihat ‘kaku’. “Butuh sentuhan desain yang menetralisir guratan bodinya,” jelas William.

Fog lamp standar disingkirkan, sebagai gantinya lampu LED DRL yang menyatu area spoiler add-on

Desain elegan ini terlihat dari rancangan body kit tipis dan mengadopsi beberapa lubang kecil. Sebagai pemanis, pada add-on bumper depan diimbuhi deretan bohlam LED terintegrasi garis desain spoiler add-on. Agar lebih fungsional, lampu LED tersebut bisa difungsikan sebagai DRL atau dinyalakan bersamaan lampu kecil. “Lampu LED ini sekaligus menggantikan posisi fog lamp standar yang menurut saya masih kurang optimal bentuk dan posisinya,” ujar William.

Tampilan side skirt dengan sentuhan two-tone color, jadi terlihat tipis namun lebih eksklusif

Di tampilan bodi samping, add-on side skirt terlihat menempel manis dengan konsep pewarnaan two-tone. “Bagian bawahnya dicat warna lebih gelap, sehingga side skirt terlihat lebih tipis. Tapi bila diperhatikan detail keseluruhannya, nuansa eksklusif bisa didapat, “ papar William. Begitu pula bagian belakang, konsep elegan yang ‘penuh’ begitu menguat, kendati ada sedikit sentuhan sporty pada lekukan tengah spoiler yang mengikuti lekukan bumper standar versi Ultimate. Terdapat pula spoiler extension guna mengimbangi lekukan body kit.

Konsep elegan yang terlihat ‘penuh’ begitu menguat, kendati ada sedikit sentuhan sporty pada lekukan tengah spoiler yang mengikuti lekukan bumper standar versi Ultimate

Di wing spoiler terdapat juga extension lips yang mungil tapi berkarakter. “Model extension begini yang jarang terpikirkan untuk mengoptimalkan tampilan belakang. Banyak mengganggap dengan adanya wing spoiler saja sudah cukup. Tapi dengan aplikasi extension lips  ini, terlihat makin keren,” papar William.

Extension lips di wing belakang, jarang tersentuh karena sering terlupakan. Membuat tampilan buritan lebih manis dan berkarakter

Menurut William, body kit Mitsubishi Xpander ini diberi nama body kit “W7 – Design C”. Bahan dasarnya terbuat dari material Fiber FRP yang terkenal kuat, ringan, dan elastis. Diklaim olehnya, pemasangan body kit ini mudah dan bisa dilakukan workshop umum. “Body kit Xpander W7 Model C ini tidak gampang lepas, karena di bagian pinggiran body kit-nya saya rancang model jepit yang dimasukkan ke bibir bumper aslinya. Tinggal rekatkan dengan double tape berkualitas. Tidak butuh bor atau baut apapun,” jelas William.

Harga 1 set body kit Xpander W7 Model C dibanderol  Rp 8 juta yang mencakup spoiler add-on depan, side skirt kiri-kanan, add-on belakang, dan DRL spoiler depan. Sedangkan untuk perangkat extension wing belakang dijual terpisah seharga Rp 1,25 juta.

Velg Koenig – Oversteer 18×8” dengan offset +45. Velg berkelir graphite grey ini dipadu ban Falken 225/50-18

Bagi William, tampil dengan body kit, sudah seharusnya diimbangi penggantian velg ciamik berdiameter lebih besar. Untuk itu ia memasukkan velg merek Koenig model Oversteer ukuran 18×8” rata depan-belakang dengan offset +45. Velg berkelir graphite grey ini dipadu ban Falken 225/50-18. “Biar terlihat lebih gagah. Dan enaknya Xpander, pakai velg besar cenderung leluasa karena konstruksi kaki-kaki dan ruang fender yang lega. Aman bermain dengan berbagai pilihan velg di pasaran,” tutup William yang bisa dihubungi lebih lanjut di nomor 087782352561.

Teks & Foto: OctoVB

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *