Home Gadget Lenovo Perkenalkan Legion 5i dan IdeaPad 3i, Laptop Gaming Terbaru yang Responsif dan Kuat Dipakai Lama

Lenovo Perkenalkan Legion 5i dan IdeaPad 3i, Laptop Gaming Terbaru yang Responsif dan Kuat Dipakai Lama

10 min read

Lenovo kembali perkenalkan dua laptop gaming terbarunya di pasar Indonesia,  Legion 5i, 5, dan Ideapad Gaming 3i. Ketiganya dibekali prosesor Intel Core Generasi ke-10 H-Series yang terkenal responsif dan kuat, prosesor AMD, dan disertai sistem pendinginan lebih optimal untuk pengoperasian lebih lama.

Drive and Hype – Memenuhi janji ke penggemarnya, Lenovo akhirnya resmi meluncurkan produk laptop gaming terbarunya ke pasar Indonesia. Ketiga laptop gaming tersebut yakni Lenovo Legion 5i. Legion 5, dan IdeaPad Gaming 3i. Menurut pihak Lenovo Indonesia, ketiga produk barunya itu akan meramaikan pasar laptop gaming yang sedang tumbuh pesat di Indonesia.

Mengenai waktu peluncuran ketiga laptop gaming tersebut di masa pandemi Covid-19, oleh pihak Lenovo Indonesia dianggap tepat. Pasalnya, pemberlakukan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 sejak akhir Maret 2020, membuat masyarakat banyak tinggal di rumah dan cenderung bermain gadget untuk membunuh kejemuan.

Banyaknya masyarakat bekerja dan berada di rumah (Work From Home) membuat beberapa perangkat gadget termasuk laptop meningkat tajam, termasuk laptop untuk bermain game. Menurut Consumer Lead Lenovo Indonesia, Julius Tjhin, Lenovo sedang mengalami pertumbuhan pesat, berkat meningkatnya kebutuhan gaming di tengah masyarakat.

“Mengacu data GFK, pasar gaming di Indonesia meningkat 94 persen pada kuartal pertama tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya. Lenovo Legion sendiri telah tumbuh lebih pesat sebesar 110 persen di kuartal pertama 2020 dibanding periode sama di tahun sebelumnya,” beber Julius dalam acara peluncuran secara virtual di akun Youtube Lenovo Indonesia pada Kamis (25/6/2020), dan berlanjut ke aplikasi Zoom bagi media yang khusus meliput.

Menurut Consumer Notebook 4P dan T1 Lenovo Indonesia, Kevin Adityo, menyatakan kalau ketiga perangkat laptop gaming ini dibekali kemampuan grafis, prosesor, dan memori yang didesain khusus untuk keperluan gaming. Bahkan tidak hanya gaming, bagi konsumen yang senang mengedit video atau desain render untuk media sosial, spesifikasi laptop ini sudah sangat mendukung.

“Laptop terbaru Lenovo ini merupakan sinergi antara hardware dan software yang memberikan kinerja optimal, memiliki aliran udara lebih baik untuk pendinginan, serta temperatur sistem keseluruhan lebih rendah untuk menjaga laptop Lenovo Legion Anda tidak panas dan tetap bersuara hening, sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama,” jelas Kevin.

Ketiga laptop Lenovo ini juga dikembangkan berdasarkan input dari konsumennya selama ini, terutama menyangkut soal performa. Sematan teknologi terkini Lenovo untuk mendukung performa mulai dari pengaturan panas (thermal) sampai inovasi pada keyboard. “Kami rancang beberapa produk terbaru ini berdasarkan masukan penting dari konsumen,” sebut Ian Tan, selaku Gaming Lead Lenovo Asia Pacific.

Untuk pengaturan teknologi efisiensi pengaturan panas terbaru, Legion menyematkan Coldfront 2.0., yang merupakan gabungan perangkat keras dan lunak untuk memberi aliran udara lebih baik dan sistem temperatur lebih rendah agar laptop tidak panas dan lebih hening. Sistem pendingin Thermal Solution ColdFront 2.0 ini diklaim tahan digunakan untuk bermain game hingga 9 jam tanpa takut mengalami overheat.

Legion juga dilengkapi NVIDIA Advanced Optimus yang secara dinamis menggantikan fungsi Integrated Graphic Processing Unit di CPU ke discrete GPU. Hasilnya, baterai memiliki daya tahan lebih baik dan FPS lebih tinggi tanpa harus reboot mesin. Keyboard Lenovo kini memiliki Legion TrueStrike denga tawaran waktu respons di submilidetik, anti-ghosting, dan presisi. Keyboard juga dibuat tombol berukuran penuh, bentuk tombol angka serta trackpad lebih besar.

Buat kemudahan bermain game dan desain, Legion 5 dan 5i mengusung layar 15 inci dan refresh rate hingga 144 HZ. Legion 5i menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 H-Series dan GPU GTX 1660Ti. Legion 5i dilengkapi akurasi warna 100% RGB yang menunjang pekerjaan menyunting video maupun foto. Prosesor laptop gaming ini makin optimal berkat disanding kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 1650Ti 4 GB, RAM mencapai 16 GB (8+8 GB), dan SSD 512 GB.

Legion 5i juga lulus sertifikasi UL Verification Services, mampu bekerja 9 jam maksimum clockspeed dengan zero throttling serta konsisten di performa tinggi. Sedangkan saudara kembarnya, Legion 5 menyematkan prosesor mobile AMD Ryzen 7 4000 H-Series terbaru 8 cores serta grafis hingga NVIDIA® GeForce GTX 1650Ti. Layar laptop juga ini memiliki akurasi warna 100% sRGB. Bezel-nya tipis membuat bermain game jadi lebih natural dan berbobot ringan.

Hal menarik lainnya dari Legion 5i, laptop gaming ini dibekali keyboard TrueStrike anti-ghosting dengan backlit berkelir putih yang berlapis anti-minyak sekaligus anti-abrasi berkat lapisan tersebut. Untuk sumber daya, Legion 5i membenamkan bateraidengan kapasitas 80 Whr, yang diklaim Lenovo mampu bertahan hingga 8 jam dalam penggunaan normal.

Terakhir, IdeaPad Gaming 3i yang diperkenalkan secara global pertengahan Juni 2020 lalu. IdeaPad Gaming 3i mengusung layar 15 inci dengan bezel lebih tipis yang lebih sederhana. Segmennya, menyasar kaum mahasiswa dan ditujukan bagia casual gamers. Refresh rate layarnya hingga 120Hz.

Adapun ‘otak’ laptop gaming ini mengandalkan prosesor mobile Intel Core i7 generasi ke-10, dan dilengkapi kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650Ti GPU. IdeaPad Gaming 3i membawa layar IPS 15 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel). Laptop gaming ini juga disematkan fitur terbaru, Lenovo Q-Control 3.0. Menurut klaim Lenovo, baterai IdeaPad Gaming 3i ini sanggup bertahan hingga 8 jam.

Soal harga, Lenovo Legion 5 dan 5i masing-masing dipasarkan seharga Rp 15,99 juta dan Rp 16,99 juta. Sedangkan Lenovo IdeaPad Gaming 3i dengan pilihan warna Chameleon Blue dan Onyx Black, dibanderol Rp 13,5 juta. Ketiganya siap dipinang di pasar Indonesia mulai Juni 2020.

Selain itu, Lenovo Indonesia juga mem-budling game Tom Clancy’s The Division pada setiap pembelian Legion 5i dan Lenovo Ideapad Gaming 3i. Lenovo juga menggelar event khusus bagi para pembeli, yakni untuk 100 orang yang melakukan redeem setelah pembelian Legion 5i, akan mendapat Steam Wallet Rp 1 juta. Sedangkan 100 orang pertama pembeli Lenovo Ideapad Gaming 3i berkesempatan meraih Steam Wallet Rp 500.000.

Untuk pasar Indonesia, Lenovo melabeli harga untuk Legion Series dan IdeaPad sebagai berikut:

Legion 5i: Intel Core i5, layar 15,6 inci refresh rate 144Hz = Rp 17 juta

Legion 5i: Intel Core i7, layar 15,6 inci refresh rate 120Hz = Rp 22 juta

Ideapad Gaming 3i: Intel Core i5, Nvidia GTX1650, RAM 8 GB, SSD 512 GB, Onyx Black = Rp 13 juta

Ideapad Gaming 3i: Intel Core i7, Nvidia GTX1650, RAM 8 GB, SSD 512 GB, Onyx Black = Rp 15 juta

Ideapad Gaming 3i: Intel Core i7, Nvidia GTX1650, RAM 8+8 GB, SSD 512 GB, Chameleon Iridiscent = Rp 16 juta

Ideapad Gaming 3i: Intel Cor- Ideapad Gaming 3i: Intel Core i7, Nvidia GTX1650Ti RAM 8+8 GB, SSD 512 GB, Onyx Black = Rp 17 juta

foto: Dok. Lenovo Indonesia, SS by Youtube Lenovo Indonesia

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *