Home News Menjaga Kondisi Ban, Faktor Penting Berkendara di Musim Hujan

Menjaga Kondisi Ban, Faktor Penting Berkendara di Musim Hujan

3 min read

Memasuki musim hujan ini, alangkah bagusnya kita paham betul cara merawat ban kendaraan kita, karena ban merupakan faktor penting untuk kelancaran berkendara.

Drive and Hype – Ban seperti kita ketahui adalah bagian pada mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, pastinya sangat menentukan akan arah dan kondisi berkendara kita. Saat kondisi jalan basah karena memang sudah memasuki musim hujan saat ini, baiknya kita lebih memperhatikan kondisi ban baik sebelum berkendara ataupun setelahnya.

Bidang ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan saat kita bekendara hanya sebatas bagian kecil saja, tergantung juga dengan seberapa kencang tekanan angin pada ban itu. Pada sisi pintu mobil, biasanya pihak produsen mobil telah menempelkan panduan ukuran angin yang tepat dan sesuai untuk kendaraan, agar kita mudah untuk menjaga kondisi kendaraan kita supaya aman.

Sony Susmana selaku Director Training dari Safety Difensive Consultant Indonesia (SDCI) menjelaskan, “Bagus apabila kita selalu memonitor tekanan angin pada ban, tetapi jangan sampai berlebih, karena membuat ban kehilangan grip dan terjebak pada kondisi aquaplaning”. Dan jangan lupa selalu cek kondisi tapak ban agar tetap dikondisi layak pakai, karena alur pada ban juga penentu ban aman digunakan atau tidak, gunakan ban yang dapat dipakai saat musim hujan ataupun panas.

Bersihkanlah sebisanya kerikil yang menempel pada tapak ban, karena dapat mengurangi traksi ban yang berakibat ban dapat slip. Saat menggunakan jalur tol dikondisi hujan, alangkah baiknya anda mengurangi kecepatan kendaraan untuk menjaga mobil terkontrol oleh anda.

Dan hindari genangan air yang dapat menyebabkan Hydroplaning kendaraan, yang menyebabkan mobil hilang traksi karena tapak ban tidak menyentuh jalan sepenuhnya, pastinya dapat membuat mobil tidak dapat dikontrol lajunya. Cara melewati situasi seperti itu adalah dengan mengurangi kecepatan tanpa menggunakan rem, tetap pegang erat kemudi dan cobalah dengan tenang menstabilkan gerakan stir yang tidak beraturan.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *