Home Otomotif First Impression Menjajal Fitur Terbaru New Toyota Avanza dan New Veloz di Tol Trans Jawa

Menjajal Fitur Terbaru New Toyota Avanza dan New Veloz di Tol Trans Jawa

6 min read

Perjalanan panjang Cirebon – Semarang – Magelang, menjadi pembuktian sesungguhnya serangkaian improvement New Avanza dan New Veloz dalam menghadapi pertempuran sengit segmen Low-MPV.

Drive and Hype – Journalist Test Drive (JTD) untuk mencoba dan menguji performa New Toyota Avanza dan Veloz, digelar PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 3 dan 4 Maret 2019. Kegiatan ini sebagai pembuktian langsung dari serangkaian improvement yang dilakukan TAM terhadap produk andalannya tersebut, yang tak hanya populer di Indonesia tapi juga di puluhan negara di dunia.

Rute yang dipilih untuk kegiatan test drive ini mengambil jalur Cirebon – Semarang – Magelang. Berbagai kontur jalan yang disajikan merupakan paduan jalan kabupaten, jalan arteri, hingga jalan tol di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah sebagai bagian dari Tol Trans Jawa. Sehingga peserta rombongan bisa mengetahui dan merasakan langsung berbagai perubahan yang disematkan pada New Avanza dan New Veloz.

Diselingi berbagai aktivitas interaktif yang mewarnai selama perjalanan, termasuk mengunjungi beberapa ikon lokasi menarik khas kota Semarang sebagai warisan budaya Indonesia, pemilihan target akhir kota Magelang bukan tanpa alasan.

Pasalnya, eksistensi Magelang sebagai kota yang sudah mendunia, mirip dengan status yang disandang Avanza. Salah satu ikon Candi Borobudur yang berada di wilayah Magelang merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia. Sedangkan Avanza, merupakan mobil buatan Indonesia berkualitas global yang saat ini sudah diekspor ke lebih dari 30 negara di dunia.

Perjalanan JTD dimulai dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Kota Cirebon. Sampai di kota Cirebon, rombongan jurnalis langsung diarahkan menuju Lawangrasa Resto di wilayah Kuningan yang melewati Jalan Raya Cirebon-Kuningan yang berkontur menanjak dan penuh kelokan. Cocok untuk uji coba New Avanza yang mengalami penyempurnaan di suspensi, yakni penggantian bushing dengan bahan lebih rigid, dan aplikasi per keong yang berubah desainnya.

Usai santap siang, rombongan langsung menuju Kota Semarang dengan melintasi Tol Trans Jawa yang diresmikan Presiden Jokowi pada Desember 2018 lalu. Rute Cirebon – Semarang sekitar 220 km atau sekitar 3 jam waktu perjalanan melalui Tol Trans Jawa ini sekaligus merupakan perjalanan terpanjang yang dijalani rombongan.

Usai melintasi Tol Trans Jawa dengan keluar di exit tol Marayan Semarang, redaksi drivenhype.com yang berada di kendaraan 01 Avanza tipe G 1.3 MT langsung menuju Klenteng Sam Poo Kong di Bengasari, Semarang Barat, guna melakukan sesi foto dan pengambilan video. Sam Poo Kong merupakan  kelenteng tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1742 yang pernah disinggahi Laksamana Tiongkok Islam Cheng Ho yang saat ini menjadi salah satu landmark Kota Semarang.

Sedari awal, Avanza didesain menjadi kendaraan keluarga atau MPV dengan karakter atau DNA  memenuhi perkembangan kebutuhan mobilitas masyarakat dari waktu ke waktu. Rancangan Avanza didahului survei untuk mengetahui karakter sosiologis dan mobilitas keluarga Indonesia serta kondisi infrastruktur atau jalanan di berbagai daerah Indonesia.

DNA tersebut tetap melekat di New Avanza dan New Veloz yang kini hadir memenuhi ekspektasi pelanggan akan sebuah MPV yang makin nyaman, aman, modern dan tangguh. Selain improvement pada kaki-kaki dan rangka, perjalanan jauh dengan kedua mobil ini semakin nyaman karena lamgkah  improvement tersebut membuat tingkat kekedapan suara New Avanza dan New Veloz lebih senyap dibanding pendahulunya.

Modifikasi pada insulator pada sasis belakang, floor serta dash panel depan, serta penggunaan ban ukuran 15” membuat ruangan kabin semakin kedap suara sehingga memberi kenyamanan ekstra seluruh penumpang.  Apalagi, Toyota juga melakukan penyempurnaan peranti Electric Power Steering agar New Avanza-New Veloz makin lebih enak dikendarai dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

Sementara sisi keselamatan berkendara, New Avanza dan New Veloz merupakan Low-MPV dengan fitur  keselamatan paling lengkap pertama di kelasnya.  Untuk fitur keselamatan New Avanza dan Nnew Veloz dilengkapi Dual SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *