Home Otomotif First Impression Menjajal Mitsubishi Eclipse Cross, Compact SUV Stylish Peraih 5 Bintang ASEAN NCAP

Menjajal Mitsubishi Eclipse Cross, Compact SUV Stylish Peraih 5 Bintang ASEAN NCAP

6 min read

Sebagai pendatang baru di segmen Compact SUV, Mitsubishi Eclipse Cross menawarkan desain stylish, performa memuaskan dengan peranti turbo, dan fitur kenyamanan yang lengkap dan modern. Kami mencobanya di wilayah Jawa Timur.

Drive and Hype – Di pertengahan perjalanan ajang test drive #AyoGasTerus Media Adventure 2020 pada 2-4 Februari 2020 lalu yang menempuh rute Surabaya – Banyuwangi  bersama empat model terbaru Mitsubishi: Xpander Cross, Outlander PHEV, Eclipse Cross dan New Triton, akhirnya kami berkesempatan mencoba Compact SUV Mitsubishi yang tampil perdana Juli 2019 lalu di Tanah Air, Mitsubishi Eclipse Cross.

Kehadiran Eclipse Cross menjadi ikon menarik karena merupakan model baru untuk segmen baru yang dimasuki Mitsubishi Motors di Indonesia. Dengan sematan fitur yang lengkap dan modern, Eclipse Cross yang masuk segmen Compact SUV ini menjadi model yang diperkirakan mampu menarik minat konsumen yang gemar berpetualang dengan kendaraan yang nyaman, performa memuaskan, dan canggih. Terlebih lagi, harganya ditawarkan tidak lebih dari Rp 500 juta (OTR Jakarta).

Mitsubishi Eclipse Cross merupakan Compact SUV dengan desain stylish dan dinamis yang mengusung desain wajah Dynamic Shield sebagai DNA penampilan terbaru produk Mitsubishi Motors. Salah satu desain menarik Eclipse Cross yang menarik mata pertama kalinya, terfokus pada rancangan Tailgate Window yang unik.

Perangkat aerodinamika pada Compact SUV ini membuatnya tampil layaknya sebuah mobil Coupe. Kendati kaca belakang seperti terbagi dua, namun tidak mengurangi visibilitas pengendara ketika kami mencobanya langsung. Kami berkesempatan mendapat giliran mencoba Eclipse Cross ini usai mengikuti workshop pemanfaatan barang bekas menjadi karya kreatif di Desa Gumitir sebagai basisnya Jember Fashion Carnival yang aktivitasnya sudah mendunia.

Dalam merebut perhatian di segmennya, Mitsubishi Eclipse Cross mengandalkan fitur yang menjamin pengendara dan penumpangnya bisa lebih menikmati perjalanan dengan antusias. Eclipse Cross dilengkapi Power Panoramic Sunroof dengan double sunroof yang dapat terbuka lebar. Sehingga menjadikannya semakin stylish dan memberi kesan kabin yang luas. 

Penggunaan sunroof tersebut, dapat dioperasikan secara terpisah oleh pengemudi dan penumpang tergantung kebutuhan. Perjalanan mengeksplorasi keindahan alam pun menjadi maksimal. Perjalanan menuju Banyuwangi dari Jember yang diselingi pemandangan indah, menjadi maksimal berkat visibilitas yang leluasa. Tidak hanya itu, begitu masuk kabinnya, nuansa interior Eclipse Cross terasa sangat eksklusif dan nyaman berkat sentuhan lapisan kulit asli berkelir hitam elegan. 

Selama perjalanan, kami bisa menikmati teknologi kekinian yang disematkan ke Eclipse Cross.  Kehadiran Head Up Display yang memberi informasi kecepatan, putaran mesin, hingga advance feature lainnya sangat membantu si pengendara. Posisinya terletak di atas layar Multi Information Display (MID) di dashboard yang mudah dilihat pengemudi. Eclipse Cross juga dilengkapi fitur Touchpad Controller yang memudahkan pengemudi mengatur Smartphone-Link Display Audio lewat sentuhan jari pada Touchpad di samping tuas transmisi.

Beranjak ke aspek dapur pacu, Eclipse Cross mengusung mesin bensin 1.5 L Turbocharged yang  bertenaga dan akselerasi lebih cepat. Ini kami rasakan ketika melahap tanjakan dan melintasi jalan lurus. Performa responsif tersebut didukung teknologi Direct Fuel Injection, integrated exhaust manifold cylinder head, sodium-filled exhaust valve, dan MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) serta berbagai fitur lainnya.

Performa Eclipse Cross juga didukung efisiensi bahan bakar berteknologi INVECS-III CVT yang membuat akselerasi jadi terasa lebih nyaman. Selain itu, penyematan transmisi CVT membuat akselerasi makin halus saat kenaikan kecepatan terus bertambah. Karakter mesin responsif dipadu  transmisi CVT, memang berperan besar menciptakan kehalusan laju Eclipse Cross. Kendati halus sentakannya, akselerasi berlangsung cepat dan responsif saat pedal gas diinjak lebih dalam. 

Satu hal yang membuat kami lebih percaya diri dan merasa nyaman berkendara dengan Eclipse Cross, tentunya dalam hal keamanan berkendara. Eclipse Cross sudah meraih skor lima bintang ASEAN NCAP pada 2018. Prestasi ini berkat Eclipse Cross dilengkapi “Advance Safety Feature” seperti tujuh SRS airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadinya tabrakan.

Selain itu, Eclipse Cross juga dilengkapi fitur FCM (Forward Collision Mitigation System) yang mampu mencegah terjadi tabrakan di depan mobil dan mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *